25 October 2017

10 Tips Mengusir Rasa Gerah Saat Hamil

10 Tips Mengusir Rasa Gerah Saat Hamil

Halodoc, Jakarta – Sangat wajar apabila ibu hamil sering merasa gerah atau kepanasan, terutama saat menginjak bulan-bulan akhir masa kehamilan. Bahkan pada saat udara tidak terlalu panas, ibu hamil dapat mengeluarkan keringat dalam jumlah yang banyak. Rasa gerah bisa menyiksa dan membuat ibu hamil tidak nyaman. Karena itu, ikuti tips-tips berikut untuk mengatasi rasa gerah saat hamil.

Penyebab Ibu Hamil Merasa Gerah
Adanya perubahan hormonal yang terjadi pada tubuh ibu selama hamil, yaitu meningkatnya kadar hormon progesteron yang membuat pembuluh darah melebar, serta aliran pembuluh darah yang meningkat ke kulit, menyebabkan tubuh ibu terasa panas. Janin yang semakin berkembang juga menyebabkan tubuh ibu hamil bertambah panas, sehingga kelenjar keringat aktif berproduksi untuk menurunkan suhu tubuh. Tapi jangan khawatir, walaupun banyak berkeringat, tubuh ibu hamil tidak akan begitu berbau, karena kelenjar di daerah sekitar ketiak dan payudara akan  menghasilkan bau atau aroma yang lebih sedikit selama ibu mengandung.

Berikut beberapa cara yang bisa ibu coba untuk mengatasi rasa gerah saat hamil agar tubuh terasa lebih nyaman:

  1. Kenakan pakaian yang longgar, tipis dan mudah menyerap keringat, seperti kaus berbahan katun, selama hamil.
  2. Jika ingin berpergian ke luar rumah, sediakan selalu di dalam tas: kipas/kipas angin bertenaga baterai dan semprotan air untuk menyegarkan wajah.
  3. Perbanyak minum air putih untuk membuat tubuh terhidrasi dan menjaga kulit tetap lembap. Selain itu, banyak minum air putih juga dapat mencegah ibu merasa lemas atau kurang berenergi.  
  4. Jika ingin berolahraga atau berpergian ke luar rumah, sebaiknya pada sore hari ketika matahari tidak terlalu terik. Dan jika ibu sudah merasa pusing akibat terlalu lama terpapar sinar matahari, segera istirahatkan tubuh dengan berbaring di tempat yang teduh atau ruangan ber-AC.
  5. Hindari melakukan aktivitas yang berat di luar ruangan ketika udara sedang panas. Usahakan berbaring sejenak setelah melakukan aktivitas yang melelahkan,
  6. Latihan pernapasan pada kelas yoga dapat membuat tubuh ibu hamil terasa dingin. Selain itu, ibu juga bisa sekalian latihan pernapasan untuk persiapan melahirkan.
  7. Selain yoga, olahraga yang juga ampuh untuk mengusir rasa gerah adalah berenang. Tidak hanya membuat tubuh terasa dingin, berenang dapat membantu menjaga agar berat badan ibu hamil tetap ideal.
  8. Makan makanan yang dapat menyegarkan tubuh, seperti buah-buahan yang mengandung banyak air (melon, semangka, berry), timun, jus buah, es krim, sop buah dingin, yoghurt dingin dan lain-lain.
  9. Mandi dengan air dingin pada siang hari dapat menyegarkan dan membuat tubuh terasa nyaman.  
  10. Pakai bedak tabur yang dapat menyerap keringat dan menyegarkan kulitmu yang lembap. Bedak tabur juga bisa mencegah timbulnya biang keringat saat ibu kepanasan.


Ibu bisa bertanya apa saja seputar kehamilan kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Ibu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja melalui Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga memudahkan ibu untuk mendapatkan suplemen dan vitamin yang dibutuhkan untuk kehamilan, tanpa perlu keluar dari rumah. Tinggal order dan pesanan akan diantar ke tempat tujuan dalam satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.