08 May 2018

11 Fakta Tentang Down Syndrome

11 Fakta Tentang Down Syndrome

Halodoc, Jakarta — Down syndrome merupakan kelainan kromosom paling sering terjadi pada anak. Gangguan genetika ini menyebabkan perbedaan kemampuan belajar pada anak dan memiliki ciri-ciri fisik tertentu. Gejala Down syndrome ditandai dengan ciri-ciri fisik anak dan lambatnya perkembangan intelektual anak. 11 fakta ini akan membantu kamu lebih memahami Down syndrome.

  1. Sindrom Down terjadi ketika terdapat salinan ekstra atau parsial tambahan kromosom 21. Bahan genetik tambahan ini mengubah jalannya perkembangan dan menyebabkan karakteristik terkait sindrom Down
  2. Ada tiga jenis sindrom Down, yaitu trisomi 21 (95 persen kasus), translokasi (4 persen kasus), dan mosaik (1 persen kasus).
  3. Down syndrome adalah kelainan kromosom paling sering terjadi. Sekitar satu dari setiap 700 bayi di Amerika Serikat lahir dengan sindrom Down atau sekitar 6.000 kelahiran setiap tahun.
  4. Sindrom down terjadi pada orang-orang dari semua ras dan tingkat ekonomi.
  5. Risiko kelahiran anak-anak dengan sindrom down meningkat seiring dengan usia ibu.
  6. Orang dengan sindrom Down memiliki peningkatan risiko gangguan kesehatan seperti cacat jantung kongenital, masalah pernapasan dan pendengaran, penyakit Alzheimer, leukemia pada masa kanak-kanak, dan kondisi tiroid.
  7. Beberapa ciri fisik umum sindrom Down adalah perawakan kecil, mata miring ke atas, dan lipatan tunggal di tengah telapak tangan. Setiap orang dengan sindrom Down adalah individu yang unik dan memiliki karakteristik yang berbeda.
  8. Harapan hidup untuk orang-orang dengan sindrom Down semakin meningkat saat ini.
  9. Orang dengan sindrom Down bisa ikut terlibat dalam kegiatan bermasyarakat dan bersosialisasi dengan orang lain.
  10. Semua orang dengan sindrom Down mengalami keterlambatan kognitif.
  11. Program pendidikan yang berkualitas, lingkungan rumah yang menstimulasi, perawatan kesehatan yang baik, dan dukungan positif dari keluarga, teman, dan masyarakat memungkinkan orang dengan sindrom Down bisa menjalani kehidupan mandiri dan berkualitas.

Nah, sudah tahu kan fakta tentang Down syndrome. Jika kamu masih ingin tahu tentang gejala Down syndrome, kamu bisa bertanya kepada dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui layanan voice/video call atau chat ya. Selain itu, di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli vitamin dan obat-obatan serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.