27 July 2017

2 Cara Mudah Latih Otot Perut

2 Cara Mudah Latih Otot Perut

Halodoc, Jakarta - Memiliki perut yang rata tentu menjadi idaman karena dapat membuat penampilan jadi lebih percaya diri. Sedangkan perut buncit, selain tidak indah dipandang mata juga bisa menjadi indikasi adanya penyakit, lho. Jadi, sangat penting untuk menjaga bentuk perut agar tidak buncit.

Perut yang membuncit umumnya dikarenakan adanya lemak yang menumpuk. Untuk meluruhkannya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, seperti:

1. Pilih makanan yang kaya akan serat serta bergizi tinggi. Makanan seperti sayuran, biji-bijian utuh, buah, dan protein tanpa lemak akan membuat perut kenyang lebih lama. Selain itu pilihan makanan tersebut mengandung banyak vitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh. Ingat untuk membatasi konsumsi makanan cepat saji karena akan menganggu metabolisme tubuh menjadi tidak lancar.

2. Bagi kamu yang sering olahraga, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup agar tidak dehidrasi, ya. Apabila tinggal di iklim lembab, situasi ini pun akan menimbulkan rasa haus sehingga kamu harus rajin mengonsumsi cairan. Hindari minuman berkalori seperti soda, minuman energi, maupun jus buah dalam kemasan. Minuman tersebut mengandung kalori serta bahan pengawet yang tidak baik untuk tubuh.

3. Paling penting adalah dengan mengurangi asupan total kalori sekitar 500-1000/hari. Jika ini bisa dilakukan, dalam satu minggu kamu akan berhasil membuang lemak hingga 1 kg setiap minggu.

4. Sempatkan diri untuk berolahraga selama 30-60 menit sedikitnya lima kali dalam seminggu. Kamu bisa mulai dengan berjalan kaki, bersepeda, hingga berenang. Bahkan kamu bisa mengikuti kelas senam di gym atau bergabung bersama komunitas yang seringkali mengadakan acara senam bersama misalnya Zumba dance.

5. Secara rutin melatih seluruh tubuh untuk bergerak, sehingga setiap hari tak ada waktu untuk tidak membakar lemak tubuh. Lakukan latihan otot sebanyak dua atau tiga kali seminggu, dengan meningkatkan massa otot juga bisa meningkatkan pembakaran lemak dan kalori.

Nah untuk latihan fisik melatih otot perut bagi kamu yang sibuk dan banyak kegiatan, ada beberapa latihan ringan yang bisa dilakukan di rumah. Tidak butuh banyak waktu, cukup satu kali dalam seminggu. Namun apabila sudah cukup berlatih kamu bisa melakukannya selama 3 kali dalam seminggu. Sebelum melakukan latihan ini, lakukan pemanasan selama 5 menit dan peregangan setelahnya. Kamu juga bisa mengkombinasikan latihan ini dengan latihan kardio, seperti aerobik, dan diet rendah lemak yang sehat.
Catatan: gunakan yoga mat sebagai alat bantu. Gerakan ini akan fokus melatih otot perut agar kencang.

Gerakan 1:
Pertama, berbaring dengan lutut ditekuk sementara betis sejajar dengan lantai. Pastikan punggung menempel rata pada matras dan lutut berada di atas pinggul.
Kedua, turunkan kaki kiri perlahan-lahan hingga tumit menyentuh lantai. Posisi tulang ekor harus tetap netral untuk menghindari cedera. Jadi perhatikan bagian bawah tubuh Anda dengan hati-hati.
Ketiga, angkat kaki kiri hingga melewati dada dan kemudian kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan yang sama menggunakan kaki kanan. Ulangi sekitar 10 kali pada setiap kaki dengan jeda 30 detik.

Gerakan 2:
Pertama, baringkan tubuh di atas matras dan pastikan posisi tulang ekor berada dalam posisi netral. Kemudian letakkan tangan di belakang telinga.
Kedua, angkat kaki kiri Anda ke atas kemudian letakkan mata kaki kiri di dekat lutut kanan.
Ketiga, angkat bahu kanan ke  arah  lutut kiri (posisi duduk) namun pastikan tulang punggung dalam posisi netral dan rileks. Tarik nafas selagi mengangkat dagu dan usahakan agar dagu tidak menempel pada dada (kira-kira berjarak satu kepalan tangan). Ulangi sekitar 10 kali kemudian lakukan dengan kaki sebelahnya ke arah yang berbeda. Beri jeda selama 30 menit sebelum mengulangi gerakan ini.


Penting untuk selalu menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar. Terutama bagi kamu yang ingin selalu menjaga bentuk tubuh. Jika kamu butuh saran dari dokter mengenai asupan gizi seimbang, gunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter. Kamu juga bisa menghubungi dokter spesialis lainnya sesuai kebutuhanmu melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.