29 January 2018

2 Manfaat Infused Water Bagi Tubuh

2 Manfaat Infused Water Bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta – Beberapa tahun belakangan ini sedang tren minuman infused water yang merupakan minuman terbuat dari potongan buah yang direndam dalam air putih di dalam sebuah botol. Infused water kini tengah menjadi bagian dari gaya hidup. Hal ini karena infused water bertujuan untuk menambah rasa pada air tersebut dan dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Cara membuatnya setelah memasukkan semua bahan ke dalam air mineral, lalu diaduk dan botol segera ditutup lalu disimpan di dalam lemari pendingin setidaknya selama dua jam agar rasa dan sari buah tercampur dengan air.

Dalam membuat infused water, bahan yang direndam umumnya berbeda-beda, karena bergantung pada selera masing-masing orang. Ada sebagian orang yang menyukai apel dan kayu manis. Sementara beberapa lainnya menyukai buah-buahan lain seperti stroberi, lemon, atau mentimun. Bagi kamu yang sudah penasaran dengan manfaat infused water, berikut ini penjelasannya.

Anti-Penuaan

Infused water yang dibuat dari buah-buahan yang kaya antioksidan, seperti delima dan stroberi, dianggap memiliki kemampuan untuk melawan efek penuaan. Hal ini dikarenakan di dalam buah delima dan stroberi terdapat kandungan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang memiliki efek buruk bagi tubuh. Minum infused water bisa memberikan manfaat untuk melawan anti-penuaan daripada hanya minum air putih saja. Bila ingin memaksimalkan jumlah antioksidan di dalam pola makan sehari-hari, ada baiknya kamu mengonsumsi beragam buah dan sayur-sayuran secara langsung juga. Karena keduanya dipercaya bisa menghambat proses penuaan bila rutin dikonsumsi.

Memenuhi Kebutuhan Cairan

Bagi kamu yang tidak suka mengonsumsi air putih atau buah-buahan, infused water bisa menjadi alternatif. Pada umumnya, orang yang tidak suka minum air putih akan memilih meminum kopi, teh, atau minuman ringan kemasan yang sebenarnya bisa membuat tubuh menjadi makin kekurangan cairan karena adanya kandungan kafein. Selain itu, minuman-minuman ini mengandung kadar gula dan kalori yang tinggi dibandingkan dengan air mineral. Dengan mengonsumsi infused water, kamu bisa mengonsumsi air mineral dengan aneka rasa berbeda karena bisa dikombinasikan dengan macam-macam buah setiap hari sesuai dengan yang kamu inginkan. Di samping itu, tubuh juga akan mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang baik bersumber dari buah yang digunakan.

Itulah dua manfaat infused water yang baik untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa menu untuk membuat infused water yang bisa kamu praktikkan.

  1. Siapkan setengah buah mentimun yang telah diiris tipis, satu buah lemon, dan 15 gram daun mint. Bahan- bahan tersebut dimasukkan ke dalam 3 liter air. Kemudian aduk, tutup rapat, dan simpan dalam lemari es. Kamu harus memastikan infused water tidak terlalu asam. Jika dirasa asam, bisa tambahkan lagi sedikit air.
  2. Bekukan sekitar 300 gram biji delima dengan air yang di masukkan ke dalam cetakan es batu. Setelah beku, es batu tersebut dimasukkan ke dalam 2 liter air mineral yang telah dimasuki irisan lemon sebelumnya dan diamkan di dalam lemari es.

 

  1. Cara lainnya yaitu, siapkan satu liter air, 225 gram nanas potong, dan enam buah stroberi potong. Masukkan stroberi dan nanas dalam air, aduk, tutup rapat, dan simpan dalam lemari es.

Yang perlu diingat dalam membuat infused water adalah menggunakan air matang dan buah yang digunakan segar serta telah dicuci bersih. Semoga informasi tentang infused water di atas bermanfaat. Untuk informasi lebih lengkap terkait infused water atau informasi kesehatan lainnya kamu bisa bertanya pada dokter yang ada di aplikasi Halodoc. Di Halodoc ada berbagai dokter ahli yang terpercaya yang bisa menjawab pertanyaan kamu mengenai kesehatan. Berbicara dengan dokter yang ada di Halodoc bisa dilakukan pada menu Contact Doctor dengan pilihan komunikasi chat, voice, dan video call. Selain itu, kamu juga bisa membeli berbagai kebutuhan medis seperti vitamin dan obat melalui menu Pharmacy Delivery yang akan mengantarkan pesanan kamu tidak lebih dari satu jam. Jadi tunggu apalagi, ayo download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga.

Baca juga : 6 Manfaat Rutin Minum Air Jahe