22 February 2018

3 Cara Merawat Bayi Baru Lahir

3 Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Halodoc, Jakarta – Kelahiran buah hati menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu setiap orang tua. Walaupun membahagiakan, tapi tidak sedikit orangtua yang merasa khawatir tentang cara merawatnya, terutama para orangtua baru. Merawat bayi yang baru lahir memang perlu perhatian khusus dan tidak boleh sembarangan. Agar tidak salah, perhatikan dulu cara-cara merawat bayi baru lahir berikut.

  • Memandikan Bayi

Salah satu cara merawat bayi baru lahir adalah dengan memandikan. Bayi baru lahir perlu dimandikan setidaknya dua kali dalam seminggu. Ibu bisa menggunakan spons yang lembut, sampo, dan sabun khusus bayi untuk memandikan Si Kecil. Selain itu, ibu perlu menyiapkan beberapa perlengkapan mandi seperti kain waslap, handuk lembut, dan bak mandi bayi yang berguna untuk memandikan bayi yang baru lahir. Jika produk mandi yang ibu gunakan menyebabkan kulit bayi jadi iritasi, segera bicarakan dengan dokter. (Baca juga: Wajib Diketahui Para Orangtua, Cara Memandikan Bayi yang Benar)

  • Mengganti Popok

Bagi orangtua baru, menganti popok mungkin menjadi salah satu perawatan yang dianggap susah dan agak merepotkan. Tapi demi kebersihan bayi, orangtua perlu sering-sering mengecek popok bayi dan menggantinya jika sudah penuh dengan kotoran atau air pipis. Biasanya, bayi yang diberi susu formula akan lebih sering buang air kecil dibanding bayi yang diberi ASI. Sedangkan bayi akan buang besar untuk pertama kalinya setelah sehari atau dua hari kelahirannya. (Baca juga: Tak Perlu Bingung! Ini Dia Langkah Mudah Mengganti Popok Bayi)

  • Memberi Susu

Bayi yang baru lahir memiliki ukuran lambung yang sangat kecil. Karena itu, ibu hanya bisa memberinya susu dalam jumlah yang sedikit tapi sering. Umumnya, bayi harus diberi susu 8-15 kali dalam sehari dengan rentang waktu 1-2 jam selama beberapa hari pertama. Bayi yang lapar juga akan menunjukkan tanda-tanda seperti menangis kencang, mengisap jari, atau mulutnya bergerak-gerak seperti mencari puting. Tapi jangan tunggu sampai bayi menangis dulu baru diberi susu, karena bayi yang sedang menangis akan kesulitan menelan air susu. Ibu juga sebaiknya menyusui Si Kecil dengan posisi yang bergantian agar ibu juga merasa nyaman.

Selain ketiga hal utama di atas, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan orangtua saat merawat bayi baru lahir:

  1. Selalu Jaga Kebersihan Bayi

Sebelum memegang atau menggendong bayi yang baru lahir, cucilah tangan terlebih dahulu, agar Si Kecil tidak terkena kuman yang ada di tangan ibu. Ketika ibu atau suami sedang sakit, pakailah masker saat ingin menggendong atau berdekatan dengan bayi. Akan lebih baik lagi jika untuk sementara orangtua yang sedang sakit tidak berdekatan dulu dengan bayi.

  1. Berhati-hati Saat Menggendong Bayi

Saat menggendong bayi, topanglah bagian kepala dan leher bayi dengan benar dan mantap. Hindari mengguncang-guncang tubuh bayi karena bisa menyebabkan pendarahan di otak. Hati-hati juga saat bermain dengan Si Kecil. Jangan lakukan lempar tangkap atau menggoyang-goyang bayi di lutut karena hal itu berbahaya.  

  1. Tetap Menjaga Kesehatan Diri Sendiri

Walaupun merawat bayi yang baru lahir melelahkan, tapi usahakanlah untuk tetap menjaga kesehatan diri sendiri. Hindari mengonsumsi kafein untuk mengusir rasa kantuk karena kurang tidur. Mintalah suami atau anggota keluarga lainnya untuk menjaga Si Kecil, agar ibu bisa mendapatkan istirahat yang cukup. Ibu juga dianjurkan untuk tetap mengonsumsi makanan sehat dan minum banyak air putih, agar bayi juga ikut sehat.

Nikmatilah masa-masa ‘merepotkan’ menjaga dan merawat bayi, karena momen ini tidak akan terulang lagi untuk kedua kalinya. Jika Si Kecil sakit, ibu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Bicarakan masalah kesehatan yang dialami Si Kecil dan minta saran kesehatan kepada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Caranya sangat praktis, tinggal order lewat aplikasi dan pesanan akan diantarkan dalam satu jam. Ingin melakukan tes kesehatan? Halodoc kini mempunyai fitur Lab Test yang memudahkan ibu melakukan berbagai macam tes kesehatan. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.