20 June 2018

3 Olahraga Ringan Setelah Mudik Lebaran

olahraga setelah mudik, mudik sehat, olahraga ringan setelah mudik

Halodoc, Jakarta – Setelah melakukan perjalanan mudik yang cukup panjang dan melelahkan, ada baiknya kamu kembali rutin melakukan olahraga agar tubuh kamu kembali bugar. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat dengan durasi yang cukup panjang, kamu bisa memilih untuk melakukan olahraga ringan agar otot-otot tubuh kamu tidak kaget. Selain itu, durasi berolahraga pun bisa kamu sesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh kamu.

Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dengan melakukan olahraga ringan setelah mudik lebaran. Salah satunya adalah menghilangkan rasa pegal-pegal setelah kamu melakukan perjalanan panjang. Selain itu, kamu juga akan kembali bersemangat untuk melanjutkan aktivitas di kantor setelah kamu libur panjang.

(Baca juga: Agar Enggak Kelelahan Setelah Mudik)

Berikut adalah olahraga ringan yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan semangat dan energi kamu.

  • Jalan Santai

Tidak ada salahnya untuk melakukan jalan santai di pagi atau sore hari setelah kamu mudik lebaran. Kamu bisa berkeliling komplek rumah atau pergi ke taman sekitar rumah agar mendapatkan udara yang segar dan suasana yang berbeda dari biasanya. Jalan santai juga bisa dilakukan oleh siapa saja dengan biaya yang cukup hemat.

Dengan melakukan jalan santai, kamu bisa menghilangkan lelah atau pegal pada bagian kaki kamu karena terlalu lama berada di kendaraan saat mudik lebaran. Kamu bisa melakukan olahraga ringan ini dengan durasi waktu yang kamu sesuaikan dengan kondisi tubuh kamu.

  • Renang

Renang adalah salah satu olahraga yang dapat membangun tubuh. Untuk bisa membuat tubuh kamu bergerak di dalam air, kamu membutuhkan tenaga yang cukup kuat. Sehingga, jika kamu berenang seluruh tubuh kamu juga akan bergerak.

Berenang adalah olahraga fisik yang akan melatih semua kelompok otot utama dari bahu, punggung, panggul, bokong, dan juga kaki. Dengan melakukan olahraga renang, kamu bisa kembali membangun massa otot dan juga membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks. Sehingga, saat tubuh kamu lelah dan tegang setelah melakukan perjalanan yang cukup jauh, kamu akan merasakan lebih tenang setelah melakukan olahraga renang.

Olahraga ini juga dinilai bisa membantu untuk menjernihkan pikiran, mendorong pemikiran positif serta meningkatkan rasa percaya diri pada tubuh.

  • Lari

Tidak hanya murah, olahraga ini juga bisa kamu lakukan kapan saja dan di mana saja. Dengan melakukan olahraga ini setelah kamu kembali dari perjalanan mudik, kamu akan merasakan beberapa manfaatnya. Salah satu di antaranya, lari ternyata mampu melancarkan peredaran darah pada tubuh kamu, sehingga kamu akan terhindar dari rasa pegal pada tubuh.

Olahraga lari juga bisa memperbaiki suasana hati kamu yang akan berdampak pada kualitas hidup kamu. Hal ini terjadi karena saat kamu lari, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat memicu munculnya perasaan yang positif. Nah, dengan begitu, semangat kamu untuk melanjutkan aktivitas sehari-hari akan meningkat.

(Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Selama Mudik Lebaran)

Tentu jangan lupa untuk beristirahat yang cukup setelah kamu melakukan perjalanan mudik yang cukup panjang. Sebab, istirahat adalah kunci utama dalam mengatasi masalah kelelahan setelah mudik. Jika kamu masih merasakan lelah dan ada beberapa keluhan yang kamu rasakan, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Dengan fitur Contact Doctor kamu bisa melakukan Voice/Video Call atau Chat dengan dokter untuk mendapatkan jawaban secara langsung. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!