02 August 2018

3 Penyebab BAB Berdarah

 penyebab BAB berdarah, mengatasi masalah BAB berdarah, menghindari BAB berdarah,BAB berdarah

Halodoc, Jakarta – Tentu menjadi satu hal yang sangat mengkhawatirkan saat kamu mengeluarkan darah ketika buang air besar. Terlebih lagi jika kamu jarang mengalami berdarah saat buang air besar. Jika frekuensinya cukup jarang, mungkin bisa dikatakan masalah yang cukup ringan. Namun, jika kamu selalu buang air besar berdarah, masalah ini tidak bisa kamu anggap sepele.

Baca juga: 5 Pose Yoga untuk Kesehatan Pencernaan

Buang air berdarah merupakan kondisi ketika feses yang dikeluarkan bercampur dengan darah. Jumlah darah pada feses pun bisa beragam, tergantung seberapa parah masalah yang kamu hadapi.

Penyebab BAB Berdarah

Ada beberapa penyakit yang menyebabkan kamu mengeluarkan darah saat buang air besar.

1. Wasir

Wasir merupakan pembengkakan dan peradangan akibat pembuluh darah di dekat vena melebar. Buang air besar berdarah yang disebabkan oleh wasir belum dikatakan sebagai penyakit yang serius. Namun terkadang, penyakit wasir bisa menjadi sangat mengganggu.

Biasanya saat mengalami buang air besar berdarah karena wasir, pengidap dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Selain itu, mengonsumsi air putih juga sangat disarankan.

Wasir bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa di antaranya adalah faktor genetik, pola hidup seseorang yang cenderung malas, obesitas, dan orang yang mengidap penyakit darah tinggi atau hipertensi.

2. Polip Usus

Polip usus adalah salah penyakit yang dapat menyebabkan kamu berdarah saat buang air besar. Polip usus dapat muncul di bagian usus besar. Penyakit ini dapat menyerang orang dari semua usia. Namun, mereka yang berusia di atas 50 tahun, memiliki kebiasaan merokok, obesitas, serta memiliki riwayat keluarga yang memiliki polip usus berisiko besar untuk mengidap polip usus.

Saat masih memasuki fase awal, biasanya polip usus tidak berbahaya. Namun jika tidak ditangani dengan baik, polip usus bisa berkembang menjadi kanker usus. Selain berdarah saat buang air besar, ciri lain kamu mengidap polip usus adalah nyeri, mual, atau kram perut. Tidak hanya itu, warna feses kamu pun cenderung berubah karena bercampur dengan darah. Sebaiknya konsultasikan pada dokter jika kamu mengalami buang air besar berdarah disertai ciri-ciri tersebut.

3. Ulkus Lambung

Penyakit ini disebabkan karena luka pada bagian dinding lambung, sehingga menyebabkan pendarahan khususnya saat kamu sedang buang air besar. Banyak hal yang menyebabkan kamu mengalami ulkus lambung, beberapa di antaranya adalah kebiasaan merokok, stres, dan bakteri.

Sebaiknya konsumsi makanan yang sehat dan dapat melindungi pencernaan kamu dari bakteri. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari penyakit ulkus lambung.

Pencegahan BAB Berdarah

Sebelum kamu mengalami berdarah saat buang air besar, sebaiknya jalani pola hidup dan makan yang sehat. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyebabkan kamu berdarah saat BAB. Berikut adalah cara pencegahan yang bisa kamu lakukan:

  1. Minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh hariani.
  2. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran, agar kebutuhan serat dalam tubuh kamu terpenuhi.
  3. Rutin melakukan olahraga juga dapat membuat tubuh kamu menjadi sehat dan pencernaan menjadi lancar.
  4. Hindari makanan pedas dan alkohol.
  5. Hindari makanan olahan atau junk food.

Baca juga: Intip Cara Alami Melancarkan Susah Buang Air Besar

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar penyebab BAB berdarah, kamu bisa bertanya langsung ke dokter kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter melalui Voice/Video Call atau Chat dengan. Cukup download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play, lalu masuk ke fitur Contact Doctor. Jadi, yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang!