02 July 2018

3 Tips Olahraga untuk Pengidap Hipertensi

Halodoc, Jakarta - Olahraga sebaiknya dilakukan secara rutin. Sebab, dengan rutin berolahraga, tubuh akan menjadi lebih bugar dan sehat. Namun, bagaimana dengan orang mengidap hipertensi? Apakah berolahraga dapat dilakukan oleh pengidap hipertensi?

Manfaat olahraga pun akan dirasakan oleh pengidap hipertensi. Dengan berolahraga, jantung akan bekerja lebih efisien untuk memompa darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, olahraga juga dapat menghilangkan stres. Namun, perlu diingat bahwa olahraga bagi pengidap hipertensi juga harus dilakukan dengan tepat. Berikut ini adalah beberapa tips olahraga untuk pengidap hipertensi yang bisa dilakukan:

Baca juga: Jalan Kaki, Olahraga Ringan yang Punya Banyak Manfaat

  1. Pilih Olahraga yang Cocok

Sebenarnya tidak ada larangan spesifik bagi pengidap hipertensi untuk berolahraga. Setiap jenis olahraga baik untuk pengidap hipertensi, baik itu olahraga ringan maupun olahraga berat. Pengidap hipertensi bisa melakukan berbagai jenis olahraga seperti kardio, aerobik, kelenturan, bahkan latihan kekuatan. Maka dari itu, pengidap hipertensi hanya perlu memilih kegiatan berolahraga yang disukai.

Selain memilih olahraga yang disukai, pengidap hipertensi juga sebaiknya memilih olahraga yang tidak memberatkan fisiknya. Dengan kata lain, pengidap hipertensi sebaiknya tidak memaksakan diri untuk melakukan olahraga berat. Lakukanlah olahraga yang sesuai dengan kemampuan fisik dan lakukanlah secara teratur.

Bagi yang belum terbiasa berolahraga, olahraga bisa dilakukan secara bertahap. Pilihlah olahraga dengan intensitas ringan terlebih dahulu, seperti joging, berenang, atau bersepeda. Setelah terbiasa, intensitas bisa ditingkatkan. Namun, jangan lupa untuk tidak memaksakan diri dan lakukan olahraga dengan hati gembira.

  1. Sesuaikan Waktunya

Selain memilih jenis olahraga yang cocok, tips olahraga bagi pengidap hipertensi lainnya adalah pengaturan waktu berolahraga. Dengan mengatur waktu olahraga yang tepat, maka manfaat olahraga akan dirasakan lebih maksimal.

Bagi yang sudah mulai terbiasa berolahraga, lakukanlah olahraga dengan intensitas sedang 3-5 kali dalam seminggu dengan waktu sekitar 30 menit. Sebaiknya waktunya diatur sebaik mungkin dan jangan sampai kegiatan berolahraga ini menjadi memberatkan. Selain itu, cobalah untuk mengombinasikan olahraga sedang dengan olahraga berat jika sudah terbiasa. Hal tersebut dilakukan supaya manfaat olahraga bisa dirasakan lebih maksimal.

Jika belum terbiasa berolahraga, lakukanlah olahraga secara perlahan. Lakukan pemanasan selama 2-3 menit sebelum berolahraga untuk menghindari cedera. Selain itu, lakukan olahraga dengan durasi pendek terlebih dahulu. Setelah terbiasa, baru tingkatkan durasi olahraganya.

  1. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Supaya manfaat olahraga bisa dirasakan lebih maksimal, setiap kamu berolahraga jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan. Pemanasan dilakukan dengan tujuan untuk menghindarkan kamu dari cedera, melatih fleksibilitas, serta menjaga kesehatan tulang dan persendian.

Setelah berolahraga juga jangan lupa untuk melakukan pendinginan. Hal ini penting dilakukan setiap melakukan olahraga, terutama bagi pengidap hipertensi. Maka dari itu, perlambat intensitas olahraga selama beberapa menit sebelum benar-benar menghentikannya. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari rasa nyeri yang biasa dirasakan setelah berolahraga.

Baca juga: Atasi Tekanan Darah Tinggi dengan 5 Buah Ini

Ingin mengetahui lebih lanjut manfaat olahraga bagi pengidap hipertensi? Kamu bisa menghubungi dokter tepercaya melalui aplikasi Halodoc. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu juga dapat menanyakan tips olahraga untuk pengidap hipertensi pada dokter melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan suplemen di Halodoc tanpa perlu keluar rumah. Pesanan akan sampai dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!