05 March 2018

3 Tips Tetap Sehat untuk Si Kurus

3 Tips Tetap Sehat untuk Si Kurus

Halodoc, Jakarta – Tubuh kurus memang sering diidentikkan dengan kondisi kesehatan tertentu. Namun, tidaklah demikian karena faktanya berat badan seseorang pun bisa dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan, tanpa adanya penyakit atau kondisi medis tertentu yang mendasari.

Pada dasarnya, tidak ada pengaruh yang terlalu besar antara berat badan atau bentuk tubuh dengan kesehatan seseorang. Asalkan, komposisi otot dan lemak tubuh seimbang, tidak lebih ataupun kurang. Kalau kamu termasuk orang yang memiliki bentuk tubuh demikian, jangan khawatir. Kurus enggak melulu tanda penyakit. Yuk, ikuti tips berikut untuk tetap sehat meski kurus berikut ini:

  1. Menjaga Asupan Makan

Agar tetap sehat meski kurus kamu harus menjaga asupan gizi. Terlebih jika kamu memiliki kesibukan super tinggi, dan hampir tak memiliki waktu untuk melakukan hal lain untuk kebugaran tubuh.

Memiliki tubuh yang kurus tidak melulu menggambarkan bahwa seseorang tengah mengalami kesulitan. Meski memiliki tubuh kurus, kamu harus selalu memiliki stok makanan sehat di sekitar. Cobalah untuk menyetok buah-buahan atau makanan jenis lain yang lebih kaya nutrisi. Hal ini akan mengurangi peluang memilih makanan cepat saji saat lapar.

Meski memakan makanan cepat saji mungkin tak membuat tubuh menjadi gemuk, namun makanan seperti itu bisa memicu berbagai macam penyakit menyerang tubuh. Nah, ingatlah untuk selalu memulai hari dengan perut yang sudah terisi makanan bergizi, ya.

  1. Berolahraga

Meskipun berbadan kurus, tak berarti terbebas dari olahraga, ini adalah cara tetap sehat meski kurus. Karena kurang aktivitas fisik pun terbukti dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah diserang berbagai macam penyakit. Meski memiliki segudang kesibukan, selalu sempatkan untuk melakukan olahraga, meskipun hanya olahraga kecil.

Kamu bisa mencuri-curi waktu untuk melakukan aktivitas kecil seperti berjalan kaki mengelilingi lapangan kantor, atau naik turun tangga untuk melemaskan otot-otot tubuh. Olahraga juga akan membantu menghindari stres dan baik untuk pernapasan. Sehingga, tubuh sehat meski kurus tidak hanya bualan belaka.

  1. Manajemen Waktu

Memiliki tubuh yang tidak mudah menggemuk bukan berarti bisa semena-mena menghabiskan waktu. Apalagi sampai kurang bahkan melewatkan waktu tidur. Di tengah kesibukan sekalipun, penting untuk selalu memeberi waktu tubuh beristirahat.

Memiliki tidur yang teratur dan berkualitas dapat membuat tubuh menjadi bugar dan lebih sehat. Selain itu, tidur juga dapat mengisi ulang energi dan mencegah penuaan dini karena terlalu banyak begadang.

Selain pola tidur, penting juga untuk mengatur waktu dan pola makan. Jangan sembarangan makan di waktu tertentu hanya karena memiliki anggapan bahwa tubuh hanya membutuhkan sedikit makan. Atau pemikiran bahwa makan di tengah malam pun, kamu tidak akan menggemuk. Nyatanya, tubuh tetap membutuhkan asupan di jam-jam tertentu untuk mengatur metabolisme tubuh.

Jadi sesibuk apapun, pastikan untuk selalu makan tepat waktu dan mengisi tubuh dengan makanan yang berkualitas, ya. Tak perlu lagi mendengarkan ucapan orang lain yang sering menghubung-hubungkan badan kurus dengan penyakit. Biar tetap fit, jangan lewatkan konsumsi vitamin. Lebih mudah beli vitamin dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan sampai ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!