25 July 2018

4 Bahaya Kalau Punya Hobi Ngupil

Bahaya ngupil, hobi ngupil, ngupil

Halodoc, Jakarta – Mengorek kotoran hidung (upil) adalah hal wajar. Ini banyak dilakukan untuk menghilangkan upil yang menumpuk dan melegakan jalur pernapasan. Ada yang menggunakan alat bantu berupa cotton bud dan ada juga yang langsung menggunakan jari tangan. Semua sah-sah saja dilakukan. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kamu memiliki hobi ngupil.

Baca juga: Kotoran Hidung alias Upil Punya Sejuta Manfaat?

Bahaya Ngupil yang Perlu Diwaspadai

Upil yang menumpuk memang bikin risih. Tapi, jangan sampai kamu langsung mengorek upil dengan tangan kotor dan sembarangan. Berikut adalah empat bahaya ngupil sembarangan yang perlu diwaspadai:

1. Infeksi Lubang Hidung

Ini adalah infeksi yang paling mungkin terjadi saat ngupil. Alasannya karena ketika jari yang kotor dimasukkan ke dalam hidung, bakteri penyakit bisa berpindah dari jari ke bagian dalam hidung. Dampaknya, kebiasaan ngupil bisa meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami infeksi lubang hidung, seperti infeksi vestibulus (bagian atas hidung yang cukup sensitif).

2. Bisul di Hidung Bagian Dalam

Bakteri yang paling banyak ditemukan saat seseorang ngupil adalah staphylococcus aureus. Ini adalah bakteri yang bisa menyebabkan infeksi berupa jerawat atau bisul di dalam lubang hidung. Meski banyak dianggap sepele, jerawat atau bisul pada hidung bisa menyumbang dan memengaruhi sistem pernapasan.

3. Terlukanya Lapisan Rongga Hidung

Jika ngupil dengan kuku tajam, lapisan rongga hidung bisa terluka. Pasalnya, pada rongga hidung terdapat pembuluh darah yang jika terluka bisa menyebabkan mimisan, yaitu keluarnya darah dari lubang hidung.

4. Perforasi Septum

Kebiasaan ngupil terlalu dalam bisa menyebabkan perforasi septum. Ini adalah kondisi di mana terdapat luka atau lubang pada septum (pembatas antara lubang hidung bagian kanan dan kiri). Pada kasus yang parah, kondisi ini perlu diatasi dengan tindakan operasi.

Tips Membersihkan Hidung dengan Benar

Untuk meminimalkan bahaya ngupil sembarangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kamu ingin membersihkan hidung. Apa saja?

  • Pastikan kebersihan tangan. Antara lain dengan mencuci tangan pakai sabun sebelum ngupil, atau menggunting kuku untuk meminimalkan cedera pada hidung akibat kuku yang panjang. Jangan lupa juga untuk membersihkan tangan setelah kamu ngupil. Ini untuk mencegah kotoran yang ada dalam hidung terbawa di tangan.
  • Jika upil terlalu kering, jangan menariknya keluar secara paksa. Lebih baik kamu memencet hidung dan menggerakkannya secara perlahan. Tujuannya agar kotoran dalam hidung bisa keluar dengan sendirinya.
  • Hindari ngupil terlalu dalam agar tidak melukai bagian dalam hidung.
  • Bersihkan rongga hidung sebelum ngupil. Kamu bisa melakukannya saat mandi atau mencuci muka. Tujuannya agar rongga hidung tidak terlalu kering saat kamu hendak ngupil.
  • Jika memungkinkan, kamu bisa menggunakan pelapis pada jari. Bisa berupa tisu atau kain pada jari. Ini untuk mencegah rongga hidung terluka akibat kuku yang tajam.

Itulah empat bahaya akibat punya hobi ngupil. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar bahaya ngupil, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!