4 Buah yang Bisa Dikonsumsi Sebelum Tidur

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
buah yang bagus dimakan sebelum tidur

Halodoc, Jakarta – Buah-buahan memiliki kandungan vitamin dan serat yang diperlukan tubuh. Maka, tak heran jika buah-buahan sering direkomendasikan oleh dokter atau pakar kesehatan untuk dikonsumsi setiap hari. Hanya saja, tidak semua buah-buahan cocok untuk dimakan pada malam hari. Beberapa jenis buah bahkan bisa menimbulkan masalah pada perut jika dikonsumsi pada malam hari.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Buah?

Manfaat Konsumsi Buah Sebelum Tidur

Buah-buahan bisa menjadi kudapan sebelum tidur yang sehat jika tidak dikonsumsi secara berlebihan. Ini karena buah-buahan mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, konsumsi buah secara teratur juga bisa mengurangi risiko terhadap penyakit tertentu, seperti batu ginjal, strok, penyakit jantung, pengeroposan tulang, diabetes, hingga kanker.

Buah yang Bisa Dikonsumsi Sebelum Tidur

Meskipun kamu tidak dianjurkan untuk makan tepat sebelum tidur, bukan berarti kamu boleh membiarkan tubuh kamu kelaparan saat tidur. Jika rasa lapar tiba-tiba datang di malam hari, ada beberapa jenis buah yang bisa kamu konsumsi di malam hari. Lantas, apa saja sih jenis buah yang bisa dikonsumsi sebelum tidur? Ini jawabannya.

1. Blueberry

Kamu bisa menyimpan buah blueberry di lemari es untuk dikonsumsi saat malam hari sebelum tidur. Jika dikonsumsi secukupnya, rasa manis dari buah beri ini bisa memenuhi kadar gula dalam tubuh. Buah ini juga mengandung banyak antioksidan yang  baik untuk kesehatan jantung dan otak.

2. Buah Ceri

Buah ceri menjadi salah satu sumber alami beberapa melatonin yang bisa melawan insomnia. Itu mengapa buah ceri termasuk jenis buah yang baik untuk dikonsumsi sebelum tidur, baik dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus ceri. Sebuah studi dari Universitas Northumbria, Inggris menyebutkan bahwa jus ceri bisa meningkatkan kualitas tidur, membuat tidur lebih nyenyak, serta membuat tubuh dan otak lebih tenang.

3. Pisang

Banyak orang yang lebih memilih makan pisang untuk dijadikan sebagai makanan pengganjal perut, termasuk ketika kamu tiba-tiba merasa lapar di malam hari. Di antara banyak buah lainnya, pisang termasuk jenis buah yang bisa dikonsumsi sebelum tidur. Alasannya karena:

  • Pisang mengandung serotonin dan melatonin yang bisa membantu kamu cepat tidur.
  • Pisang mengandung serat yang bisa membantu melancarkan buang air besar.
  • Pisang banyak mengandung magnesium yang berperan untuk melemaskan otot dan memberi efek menenangkan.

4. Kiwi

Kiwi adalah buah rendah kalori dan bergizi yang bisa kamu konsumsi sebelum tidur. Sebuah studi menyebutkan bahwa konsumsi kiwi sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidur, sehingga membuat tidur kamu lebih nyenyak. Ini karena kandungan gizi dalam kiwi bisa merangsang produksi serotonin, yaitu zat kimia otak yang membantu mengatur siklus tidur.

Baca juga: 5 Camilan Ini Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Itulah empat jenis buah yang bagus dimakan sebelum tidur. Kalau kamu punya pertanyaan lain tentang buah yang bagus dimakan sebelum tidur, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa berbicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call.

Selain itu, kamu juga bisa membeli obat atau vitamin yang dibutuhkan tubuh melalui fitur Pharmacy Delivery pada aplikasi Halodoc. Kamu tinggal memesan obat dan vitamin yang dibutuhkan, lalu tunggu hingga pesanan datang. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.