18 July 2018

4 Cara Mengatasi Kebiasaan Bayi Memasukkan Benda Ke Mulut

kebiasaan bayi memasukkan benda ke mulut

Halodoc, Jakarta – Si Kecil suka memasukkan benda apa saja ke dalam mulut? Enggak cuma makanan, tapi mainan, alat tulis, perabotan rumah tangga, dan benda apa saja yang berada di sekitarnya juga akan dimasukkan ke mulut. Kebiasaan ini sebenarnya normal, karena bayi sedang berada dalam masa ingin menjelajahi dunia di sekelilingnya. Namun, kebiasaan ini bisa berbahaya bagi kesehatan Si Kecil, karena benda-benda yang masuk ke mulutnya mungkin saja masih mengandung kuman yang bisa menyebabkannya sakit perut. Yuk, ketahui cara-cara bijak mengatasi kebiasaan bayi yang satu ini.

Bila bayi suka memasukkan berbagai benda ke mulutnya, itu artinya ia ingin belajar dan sedang berusaha mengenali lingkungan di sekitarnya melalui mulut. Dengan memasukkan benda ke mulut, bayi akan mengetahui rasa, bentuk dan tekstur dari benda tersebut. Namun, mengapa melalui mulut? Karena sebelum berusia tujuh bulan, tangan bayi masih belum cukup kuat untuk menggenggam, sehingga ia cenderung memasukkan benda ke mulutnya untuk menganalisa. Mulut bayi sudah cukup kuat untuk menahan benda dan ia bisa merasakan tekstur benda tersebut dengan lidahnya.

Baca juga: Tak Lagi Misterius Ikuti Tahapan Perkembangan Bayi Dari Usia 0-3 bulan

Kebiasaan bayi ini akan terus berlangsung sampai ia berusia dua tahun, atau malah bisa lebih. Sebagai orangtua, ibu sebaiknya tetap waspada agar jangan sampai Si Kecil memasukkan benda berbahaya ke dalam mulutnya. Jangan biarkan Si Kecil memasukkan benda kecil ke dalam mulutnya karena bisa tertelan.

1. Singkirkan Semua Benda Berbahaya dari Jangkauannya

Saat bayi sudah bisa berpindah tempat dengan cara merangkak, ia dapat mengambil barang dengan mudah dan memasukkannya ke mulut. Karena itu, ibu perlu ekstra hati-hati saat menaruh barang. Jauhkan benda-benda tajam dan berukuran kecil dari jangkauannya, seperti kunci motor, paku, koin, gantungan kunci, dan sebagainya. Pastikan tempat bermain Si Kecil aman dari benda-benda yang bisa berbahaya bila dimasukkan ke dalam mulut.

2. Larang Ia Setiap Kali Memasukkan Benda Ke Mulut

Setiap kali bayi memasukkan benda ke mulut, segera keluarkan benda tersebut sambil mengatakan “tidak boleh” atau “no” agar ia mengerti bahwa hal tersebut tidak boleh ia lakukan. Tentu saja Si Kecil tidak akan langsung mengerti dan menuruti perkataan ibu, karena ia masih kecil. Karena itu, ibu perlu menghadapinya dengan sabar dan selalu mengatakan tidak saat ia kembali memasukkan benda ke dalam mulutnya.

Baca juga: Cara Benar Bilang "No" Pada Anak

3. Hadapi Kebiasaan Si Kecil dengan Sabar

Menghilangkan kebiasaan Si Kecil memasukkan benda ke mulut memang tidak bisa cepat dan butuh proses. Walaupun ibu sudah sering memberitahunya tidak boleh memasukkan benda ke mulut, namun mungkin Si Kecil masih akan sering mengulangi kebiasaan ini. Jangan memarahinya, bu. Bayi memasukkan benda ke mulutnya karena rasa ingin tahunya yang sangat tinggi. Jadi, hadapi lah kebiasaan Si Kecil ini dengan sabar sambil terus berusaha untuk mengajarinya.

4. Beri Si Kecil Makanan

Saat bayi mulai memasukkan benda ke mulut, menggigit, dan menjilatnya, coba ganti benda tersebut dengan makanan. Ibu bisa memberinya makanan berukuran kecil yang mudah untuk ia genggam, misalnya seperti apel, melon, wortel yang sudah dikukus, brokoli kukus, dan lain-lain. Selain baik untuk dimakan, bayi juga dapat mengenali rasa, bentuk, dan tekstur makanan tersebut.

Baca juga: Tips Memilih Mainan Aman untuk Anak di Bawah 1 Tahun

Itulah beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi kebiasaan bayi yang suka memasukkan benda ke mulut. Bila anak sakit, gunakan saja aplikasi Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.