20 July 2018

4 Cara Menjaga Kesehatan Sendi hingga Usia Senja

kesehatan sendi, menjaga kesehatan sendi, sendi sehat sampai tua

Halodoc, Jakarta – Menurunnya kondisi kesehatan karena bertambahnya usia adalah hal yang normal. Termasuk pada kesehatan tulang dan sendi. Sebagai penghubungan antara dua tulang, kesehatan sendi adalah hal yang penting untuk dijaga. Sendi merupakan penghubung yang membuat seseorang bisa menekuk lutut dan siku, membungkuk, menengok, ataupun melambaikan tangan.

Karena memegang peran yang sangat penting, maka kesehatan sendi tentu menjadi hal yang penting pula. Menjaga kesehatan sendi artinya juga mencakup kesehatan ligamen, otot, dan tulang agar tetap kuat. Menjaga kesehatan sendi bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Termasuk pada pemilihan pola makan, olahraga, serta kebiasaan harian.

Nyatanya ada banyak cara yang bisa dilakukan dan diterapkan untuk melindungi sendi hingga usia senja. Apa saja?

1. Menjaga Berat Badan Ideal

 

 

Salah satu cara untuk menghindari masalah sendi adalah dengan menjaga berat badan ideal. Sebab kelebihan berat badan dapat menyebabkan sendir tertentu menanggung beban yang lebih besar. Seperti sendi lutut, pinggul, dan punggung.

Semakin besar bobot seseorang, maka akan semakin tinggi risiko gangguan sendi yang mungkin terjadi. Maka, sangat penting untuk menjaga berat badan tidak berlebih untuk mendapat sendi yang lebih sehat hingga lanjut usia.

2. Aktif Bergerak Sejak Muda

 

 

Sebaiknya hindari kebiasaan duduk terlalu lama agar sendi menjadi lebih sehat. Sebagai gantinya, biasakanlah untuk selalu aktif bergerak. Dengan demikian sendi akan menjadi semakin lentur dan memiliki risiko yang lebih kecil mengalami gangguan.

Jika kamu adalah pekerja kantoran yang harus seharian duduk di belakang komputer, cobalah mencuri waktu untuk melakukan peregangan, atau setidaknya untuk sedikit bergerak. Misalnya, saat akan mengambil minum, cobalah untuk mengambil jalan berputar sehingga tubuh jadi lebih banyak bergerak.

Baca juga: Nyeri Sendi Harusnya Lebih Akif Bergerak

3. Olahraga Teratur

 

 

Rutin berolahraga juga bisa membantu meningkatkan peluang sendi bebas dari gangguan. Jenis olahraga yang bisa memacu detak jantung, seperti senam aerobik disebut dapat membantu meredakan pembengkakan pada sendi.

Atau bisa juga memilih jenis olahraga yang berisiko lebih kecil terhadap kesehatan sendi, seperti berenang dan bersepeda. Cobalah untuk melakukan jenis olahraga yang disukai agar kamu lebih termotivasi dan tidak malas untuk bergerak.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga yang Dapat Menyehatkan Tulang & Sendi

4. Jangan Lupa Pemanasan

 

 

Pemanasan sebelum berolahraga sama pentingnya dengan olahraga itu sendiri. Mulailah dengan melakukan gerakan-gerakan ringan seperti menggerakkan leher, menekuk lutut ke samping, menggerakkan pundak dan lengan. Lakukan pemanasan ini sebanyak 3-5 kali sebelum berolahraga.

Pemanasan penting untuk membantu mencegah terjadinya risiko cedera yang bisa mengganggu kesehatan sendi. Selain pemanasan, ada baiknya untuk menghindari kebiasaan berolahraga secara berlebihan. Sebab hal ini juga bisa meningkatkan risiko gangguan sendi menyerang.

Intinya adalah, ketahui sampai mana batasan tubuh dan berikan waktu yang cukup untuk tubuh beristirahat. Selain berolahraga, menjaga kesehatan sendi juga harus dibarengi dengan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Hal itu penting untuk mendeteksi segera jika ada gangguan atau kelainan yang mungkin terjadi pada sendi atau bagian tubuh lain.

Baca juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Sendi Agar Bebas Bergerak

Selain itu, jaga pula kesehatan sendi, tulang, dan bagian lain dengan mengonsumsi suplemen tambahan. Lebih mudah beli suplemen dan produk kesehatan lain dengan aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download segera di App Store dan Google Play!