20 August 2018

4 Cara Mudah Memulai Hidup Vegetarian

vegetarian, tips menjadi vegetarian, cara mudah memulai hidup vegetarian, manfaat vegetarian

Halodoc, Jakarta – Saat ini tentu sudah banyak masyarakat yang memilih untuk menjalani gaya hidup sehat. Salah satu gaya hidup sehat yang bisa dijalani adalah menjaga pola makan dengan menjadi seorang vegetarian.

Vegetarian adalah pola makan yang hanya terdiri dari protein nabati saja. Biasanya, mereka mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, seperti gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, buah, dan juga jamur. Seseorang yang menjalani pola makan vegetarian akan menghindari makanan yang berasal dari hewan.

Baca juga: 6 Manfaat Menjadi Vegetarian

Menjadi vegetarian tentu memiliki banyak manfaat, khususnya bagi kesehatan tubuh kamu. Biasanya, jika kamu menjalani pola makan vegetarian, kamu akan memiliki berat badan yang lebih stabil. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menghindari beberapa penyakit seperti kanker, kolesterol, atau penyakit jantung.

Nah, jika kamu tertarik untuk menjalani gaya hidup sehat sebagai seorang vegetarian, berikut adalah cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk memulai hidup sebagai vegetarian.

1. Perkaya Diri dengan Informasi Mengenai Vegetarian

Tidak ada salahnya untuk mencari tahu terlebih dahulu apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh orang yang menjalani pola makan vegetarian. Selain itu, kamu bisa mencari tahu sumber-sumber nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kamu ketika kamu menjalani pola makan vegetarian.

Vegetarian tidak hanya sekedar mengonsumsi sayuran dan buah saja, kamu juga perlu mengetahui jenis-jenis vegetarian yang ada. Tidak hanya itu, sebelum menjalani pola makan vegetarian, kamu juga harus tahu tujuan kamu menjalani pola makan vegetarian. Fokus pada tujuan kamu. Jadi, saat menjalani pola makan vegetarian, kamu tidak akan merasa terbebani.

2. Belajarlah Mengonsumi Produk Hewani Secara Bertahap

Jika sebelumnya kamu salah satu orang yang hobi mengonsumsi daging, jangan ragu untuk mengurangi konsumsi daging secara perlahan. Saat mulai mengurangi konsumsi daging, tidak ada salahnya kamu mencari tahu sumber nutrisi yang bisa menggantikan nutrisi dari produk hewani yang mulai kamu kurangi. Hal ini memang cukup sulit untuk dilakukan, tetapi tidak ada salahnya mencoba secara bertahap.

3. Mencari Inovasi dalam Menu Makanan

Menjadi vegetarian bukan berarti kamu hanya bisa makan buah dan sayur saja. Banyak jenis makanan lain yang bisa kamu nikmati. Memang pada dasarnya makanan yang kamu makan hanya berasal dari tumbuh-tumbuhan saja. Namun, dengan inovasi pada menu makanannya, tentu makanan kamu akan lebih menarik.

Siapkan menu yang berbeda setiap harinya. Kamu bisa mencoba untuk mengkombinasikan antara buah dan sayuran. Bisa juga kamu membuat saus kacang untuk dressing salad kamu. Jangan lupa, saat ini banyak restoran atau toko makanan yang menjual berbagai jenis makanan untuk para vegetarian.

4. Tambahkan Porsi Makan

Biasanya, saat kamu beralih menjadi seorang vegetarian, porsi makan kamu akan bertambah. Hal ini disebabkan karena makanan seorang vegetarian biasanya rendah energi. Tidak ada salahnya menambah porsi makan kamu. Inilah saatnya makan banyak tanpa rasa bersalah.

Baca juga: Tips Menu Diet Vegetarian

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak mengenai vegetarian, kamu bisa menghubungi dokter di aplikasi Halodoc, lho. Kamu bisa bertanya di mana saja dan kapan saja dengan dokter melalui fitur Contact Doctor, bisa melalui Voice/Video Call dan Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!