31 July 2018

4 Hal yang Penting Dilakukan saat Hamil Trimester Pertama

kehamilan trimester pertama,trimester pertama,

Halodoc, Jakarta – Salah satu kabar yang sangat membahagiakan bagi pasangan muda adalah kehamilan. Sebab, memiliki momongan umumnya merupakan keinginan sebagian besar pasangan yang sudah menikah. Bagi kamu yang sudah dinyatakan positif hamil, selamat!

Kehamilan adalah satu masa yang istimewa bagi wanita, baik secara fisik maupun mental. Salah satu cara menjaga kehamilan berjalan lancar dan sehat adalah dengan mengetahui hal-hal yang harus dilakukan pada trimester awal kehamilan. Sebab, masa-masa awal kehamilan adalah waktu terbaik untuk mempersiapkan kesehatan calon ibu dan janin. Lantas, apa saja sih hal yang harus dilakukan pada trimester pertama kehamilan?

 

  • Atur Pola Makan

 

Sangat penting bagi ibu hamil untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Pasalnya, pola makan menjadi salah satu penentu kesehatan ibu dan calon bayi selama masa kehamilan hingga proses persalinan tiba.

Ada anggapan yang salah soal pola makan dan banyak dianut para ibu hamil, yaitu ibu harus makan dua kali lipat lebih banyak. Alasannya adalah saat hamil, ada “orang lain” yang juga diberi makan. Namun hal tersebut ternyata tidak benar. Kebiasaan makan terlalu banyak saat hamil malah bisa menyebabkan berat badan ibu naik secara berlebihan. Saat hamil, kebutuhan makanan pada ibu tidak hanya bergantung pada jumlah, tapi kualitasnya. Yang paling penting, pastikan makanan yang dikonsumsi mengandung seluruh nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil.

Baca juga: Top 5 Gizi yang Dibutuhkan Ibu Saat Hamil

 

  • Istirahat yang Cukup

 

Saat hamil, sangat wajar jika merasa mudah lelah dan mengantuk. Apalagi pada trimester pertama. Ibu tidak perlu terlalu melawannya, sebab pada masa tersebut memang tubuh membutuhkan lebih banyak istirahat daripada biasanya.

Istirahat yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan calon bayi yang tengah dikandung. Cobalah untuk memberi tubuh waktu tidur yang cukup, bahkan tidur pada siang hari jika dibutuhkan. Setelah melahirkan dan memiliki bayi, tidur mungkin akan menjadi lebih sulit bagi para ibu. Jadi, tidak ada salahnya untuk menikmati hal tersebut.

 

  • Tetap Berolahraga

 

Selain mengantuk dan mudah lelah, trimester pertama kehamilan mungkin juga akan membuat ibu menjadi mager alias malas bergerak. Namun sebaiknya ibu tidak terlalu menuruti keinginan tubuh yang satu itu. Nyatanya, ibu hamil tetap perlu berolahraga secara rutin.

Ada banyak manfaat dari olahraga yang dilakukan selama masa kehamilan, baik bagi ibu maupun janin. Rutin berolahraga juga bisa membantu memudahkan proses persalinan kelak. Untuk itu, sempatkanlah berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Tentunya olahraga yang dipilih harus sesuai dengan kemampuan tubuh, ya!

Baca juga: Olahraga yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

 

  • Konsumsi Vitamin

 

Selain makanan sehat, wanita hamil juga membutuhkan asupan multivitamin. Terutama yang banyak mengandung asam folat dan zat besi. Melansir Mayo Clinic, asupan asam folat dapat membantu mencegah bayi mengalami kelainan serius terutama pada otak dan sumsum tulang belakang. Sementara zat besi akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi seiring dengan mencegah anemia.

Baca juga: 7 Masalah Kehamilan Trimester Pertama

Tapi ingat, ibu hamil sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi vitamin prenatal. Ada baiknya untuk membicarakan terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum memutuskan vitamin apa yang akan dikonsumsi. Agar lebih mudah, beli vitamin atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc saja. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Ayo, segera download di App Store dan Google Play!