04 June 2018

4 Kebiasaan Penyebab Tifoid Alias Tipes

4 Kebiasaan Penyebab Tifoid Alias Tipes

Halodoc, Jakarta - Penyakit tifoid atau tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi. Penyakit ini umumnya ditularkan melalui makanan dan air yang sudah terkontaminasi. Bakteri yang masuk ke saluran cerna akan bertambah banyak dan menyebabkan gejala seperti demam tinggi, nyeri perut, mual, muntah, serta diare atau sembelit.

Kebiasaan Penyebab Tipes

Selain karena Indonesia adalah negara endemis, tipes juga dapat disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari. Lantas, apa saja sih kebiasaan yang dapat menyebabkan tipes?

 

  • Mengonsumsi Makanan dan Minuman Tidak Higienis

 

Makanan dan minuman yang tidak higienis rentan terkontaminasi oleh kuman Salmonella typhi. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu tidak jajan sembarangan dan perlu memperhatikan kebersihan makanan dan minuman sebelum mengonsumsinya.

 

  • Menggunakan Peralatan Makan dan Memasak yang Kotor

 

Selain dari makanan dan minuman, kontaminasi kuman Salmonella typhi juga dapat melalui peralatan makan dan memasak yang kotor. Jadi, cucilah peralatan makan dan memasak dengan air yang bersih serta sabun sebelum menggunakannya.

 

  • Lingkungan yang Kotor

 

Kotoran yang tidak segera dibuang dapat menjadi sumber kuman tipes. Terlebih saat musim hujan, lingkungan semakin kotor dan penyebaran kuman akan semakin cepat. Oleh sebab itu, jagalah kebersihan lingkungan rumah kamu, termasuk area toilet.

 

  • Daya Tahan Tubuh Menurun

 

Saat daya tahan tubuh menurun, segala jenis penyakit akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Apalagi saat musim pancaroba, daya tahan tubuh cenderung menurun. Oleh sebab itu, kamu perlu menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi, istirahat cukup, rutin berolahraga, dan mengonsumsi suplemen atau vitamin khusus.

Tips Mencegah Tipes

Setelah kamu mengetahui kebiasaan penyebab tipes, kamu bisa melakukan upaya pencegahan tipes seperti berikut ini:

    • Cuci tangan pakai sabun. Ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran kuman penyakit melalui tangan. Cucilah tangan sebelum makan, sebelum memasak atau menyiapkan makanan, setelah menggunakan toilet, dan setelah memegang sampah.
    • Jangan jajan sembarangan serta pastikan kebersihan makanan dan minuman yang akan kamu konsumsi.
    • Jangan gunakan peralatan makan dan memasak yang kotor. Pakailah peralatan makan dan memasak yang telah dicuci bersih.
    • Jaga kebersihan lingkungan. Tidak hanya di dalam rumah, kebersihan di luar rumah juga harus kamu jaga. Jangan biarkan tumpukan sampah menggunung, sehingga dapat mengundang hewan atau serangga kotor masuk ke dalam rumah.

 

  • Menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi, istirahat cukup, tidak merokok, rutin berolahraga, dan menghindari stres.

 

Kalau kamu masih punya pertanyaan seputar penyakit tipes, gunakan Halodoc saja. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.