Perlu Tahu, Ini 4 Keistimewaan Astaxanthin sebagai Antioksidan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Perlu Tahu, Ini 4 Keistimewaan Astaxanthin sebagai Antioksidan

Halodoc, Jakarta – Asupan antioksidan dibutuhkan tubuh untuk menangkal efek buruk radikal bebas penyebab berbagai penyakit kronis. Sebenarnya, tubuh manusia bisa menghasilkan antioksidan secara alami, namun jumlahnya sangat sedikit. Hal itu membuat tubuh membutuhkan asupan antioksidan tambahan yang bisa didapat dari konsumsi makan sehat serta suplemen astaxanthin.

Radikal bebas adalah sumber bahaya yang jarang disadari keberadaannya. Padahal, ada banyak sumber radikal bebas yang dekat dengan aktivitas harian, mulai dari paparan sinar UV matahari, asap kendaraan, asap rokok, polusi udara, bahan kimia industri, hingga makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Radikal bebas adalah molekul yang mengandung elektron tunggal, bersifat tidak stabil, dan sangat reaktif. Molekul ini mampu menyerang molekul lain (seperti lipid, asam nukleat, dan protein) dan menyebabkan kerusakan sel, protein, DNA, hingga gangguan keseimbangan dalam tubuh. Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk melawan serangan tersebut.

Jenis makanan yang dikenal bisa membantu meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh adalah buah dan sayuran segar. Asupan antioksidan untuk tubuh juga bisa didapat dari suplemen khusus, salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah Astria Astaxanthin.  

Astaxanthin merupakan antioksidan jenis karotenoid, yaitu zat yang memberi warna oranye atau merah alami pada buah dan sayuran. Beberapa jenis makanan yang kaya akan karotenoid adalah ubi jalar, paprika, semangka, tomat, serta wortel. Zat ini juga bisa ditemukan pada makan laut, seperti salmon, lobster, dan udang.

Jenis antioksidan ini disebut memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan mata, kulit, jantung, hingga mengurangi peradangan pada tubuh. Biar lebih jelas, yuk cari tahu apa saja manfaat sehat astaxanthin bagi tubuh!

1. Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas dalam jumlah sedikit sebenarnya tidak berbahaya. Tapi, jika ada banyak, kondisi ini bisa menyebabkan radikal bebas “menumpuk” dan menjadi sulit dihilangkan. Kemudian, radikal bebas akan memicu stres oksidatif, yaitu kondisi ketika jumlah radikal bebas melebih batas kemampuan tubuh untuk menetralkannya dan hal itu bisa menimbulkan kerusakan dalam tubuh.

Maka dari itu, tubuh membutuhkan asupan antioksidan untuk menangkal serangan radikal bebas. Tak hanya itu, antioksidan juga bisa membantu melancarkan siklus darah serta mengatasi stres oksidatif pada tubuh.

2. Merawat Kulit

Tak hanya pada tubuh, mengonsumsi suplemen astaxanthin juga bisa memberi manfaat untuk kesehatan kulit. Jenis antioksidan yang satu ini disebut dapat membantu mengurangi garis-garis halus, keriput, dan bintik-bintik penuaan. Tak hanya itu, kelembapan kulit juga lebih terjaga dengan konsumsi zat ini.

3. Jantung Lebih Sehat

Rutin mengonsumsi suplemen astaxanthin ternyata bisa memberi manfaat untuk kesehatan jantung. Suplemen ini diklaim membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

4. Meningkatkan Kesuburan

Sebuah studi menunjukkan bahwa astaxanthin bisa membantu meningkatkan kesuburan pria. Tapi, ini pun masih membutuhkan bukti pendukung untuk melihat apakah hubungan antara konsumsi astaxanthin dengan tingkat kesuburan.

Sayangnya, sebagian besar antioksidan hanya bisa menangani satu radikal bebas pada satu waktu, sehingga perlindungannya tidak begitu maksimal. Bagi kamu yang membutuhkan perlindungan lebih, coba pilih Astria, suplemen astaxanthin. Astria adalah satu-satunya suplemen berbentuk oil, sehingga kandungan astaxanthinnya 10 persen lebih murni dibandingkan astaxanthin berbentuk bubuk.

Kamu juga bisa dengan mudah membeli suplemen Astria di aplikasi Halodoc. Kamu bisa membeli suplemen Astria Astaxanthin dan produk kesehatan lain dengan mudah hanya dalam satu aplikasi. Pilih fitur Pharmacy Delivery, pesanan kamu akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!