09 May 2018

4 Manfaat DHA dan EPA yang Perlu Diketahui

4 Manfaat DHA dan EPA yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta - Kamu tentu sering mendengar pentingnya mengonsumsi  minyak ikan karena mengandung omega-3. Namun, tahukah kamu jika omega-3 sendiri memiki beberapa jenis. Asam dokosaheksaenoat (DHA) dan asam eikosapentanoat (EPA) adalah 2 jenis omega-3 yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Lalu, seperti apa sih manfaat kedua jenis omega-4 tersebut bagi kesehatan tubuh?

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat DHA dan EPA dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Penumpukan jenis kolesterol pada pembuluh darah dapat memicu penyakit jantung dan stroke. Dengan konsumsi rutin suplemen yang mengandung DHA dan EPA dapat mengurangi risiko tersebut. American Heart Association menganjurkan untuk makan ikan salmon maupun tuna 2 kali dalam seminggu.

  1. Bermanfaat untuk Otak dan Mata

Banyak penelitian menjelaskan hubungan antara manfaat DHA dan EPA dengan ketajamam mata dan pembentukan otak. DHA merupakan struktur lemak utama pada retina mata. DHA dan EPA juga berperan dalam meningkatkan fungsi kognitif serta pembentukan otak secara menyeluruh pada otak anak. Pada otak orang dewasa DHA dan EPA dapat membantu meningkatkan daya ingat.

  1. Mengurangi Resiko Depresi

Saat merasa tertekan, kamu bisa mencoba untuk lebih banyak mengonsumsi omega-3. Ini karena pada beberapa penelitian didapatkan bahwa DHA dan EPA membantu mengurangi resiko depresi maupun stres pada orang dewasa.

  1. Membantu Penyerapan Vitamin

Jangan khawatir kalau tubuh sulit mencerna vitamin yang masuk ke dalam tubuh secara maksimal. Nyatanya, dengan konsumsi DHA dan EPA maka bisa membantu penyerapan vitamin yang hanya dapat larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K.

DHA dan EPA adalah lemak Omega-3 yang baik bagi tubuh. Sumber makanan yg mengandung zat ini antara lain rumput laut, salmon, tuna, makarel, teri, minyak ikan, dan kuning telur. Jadi, kini kamu bisa mulai memasukkan beberapa jenis makanan tersebut dalam menu harian kamu, ya.

Kalau kamu masih ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat DHA dan EPA, gunakan Halodoc saja. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk bertanya seputar masalah kesehatan yang kamu alami. Yuk, download Halodoc di App Store dan Google Play.