07 June 2018

4 Manfaat Green Tea untuk Kulit Wajah

4 Manfaat Green Tea untuk Kulit Wajah

Halodoc, Jakarta – Sebagai minuman, khasiat teh hijau atau green tea untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun, tahukah kamu, green tea ternyata juga merupakan bahan alami yang baik untuk kulit wajah lho.

Berbagai kandungan baik yang terdapat di dalamnya seperti antioksidan, asam amino, vitamin B, asam folat magnesium dan potasium mampu memberi manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajahmu. Yuk, cek di sini manfaat green tea untuk kulit wajah.

1. Membuat Kulit Wajah Bersih dan Mulus

Sebal dengan banyak noda wajah dan bekas jerawat yang bandel dan susah hilang?  Coba konsumsi green tea secara rutin deh. Kandungan yang terdapat di dalamnya mampu menghilangkan bekas jerawat dan racun yang ada di dalam tubuh, serta mengurangi peradangan dan menjaga elastisitas kulitmu.

Bahkan sebuah studi yang dilakukan oleh Medical College of Georgia, Amerika Serikat pada tahun 2003 menunjukkan bahwa green tea dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit dan menghilangkan luka pada kulit.

Selain diminum, green tea dapat dijadikan masker wajah. Caranya membuatnya cukup mudah. Pertama-tama, keluarkan teh hijau dari kantungnya, lalu tambahkan satu atau dua sendok teh madu, kemudian campurkan dengan air lemon. Balurkan pada wajah, diamkan selama 10 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin minimal dua minggu sekali untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih, bebas noda, serta terlihat cerah.

2. Menghilangkan Jerawat

Enggak hanya noda bekasnya saja yang mengganggu, jerawat itu sendiri juga sering bikin pemiliknya merasa tidak percaya diri. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat membandel adalah dengan menggunakan green tea.

Kandungan zat anti bakteri pada teh hijau ampuh menangkal dan mencegah munculnya bakteri penyebab jerawat. Selain itu, teh hijau juga mengandung senyawa katekin yang berguna sebagai bahan anti inflamasi untuk mengurangi peradangan pada jerawat dan bekasnya.

(Baca juga: 5 Cara Simple Cegah Jerawat)

3. Mengatasi Mata Panda dan Mata Bengkak

Buat kamu yang punya mata panda atau ingin menghilangkan mata bengkak, kamu bisa menggunakan bantuan green tea untuk mengatasinya. Kandungan zat tanin dalam teh hijau akan membantu mengatasi mata panda secara alami. Sedangkan zat antioksidannya mampu membantu menyusutkan pembuluh darah di bawah kulit halus di sekitar mata yang menjadi penyebab timbulnya mata bengkak.

Caranya, letakkan dua kantung teh hijau yang sudah terpakai di dalam kulkas selama 30 menit, kemudian tempelkan di atas kedua matamu yang tertutup. Diamkan selama 15 menit, lalu tempelkan kembali sampai lingkaran hitam atau mata bengkak mulai menghilang.

(Baca juga: 6 Cara Mudah Hilangkan Mata Panda)

4. Membuat Wajah Awet Muda

Sering terpapar sinar matahari dan polusi udara saat beraktivitas di luar ruangan bisa menyebabkan kulitmu mengalami penuaan dini lho. Namun, enggak usah khawatir, ada cara mudah untuk membuat wajah tetap awet muda, yaitu dengan menggunakan green tea. Kandungan polifenol pada green tea mampu menetralkan tubuh dari radikal bebas yang merupakan penyebab dari kulit keriput, timbulnya noda hitam, hingga kulit kusam.

Caranya, campurkan tiga sendok makan plain yoghurt, satu sendok makan daun green tea dan sedikit bubuk kunyit, lalu balurkan campuran tersebut pada wajah dan leher, kemudian diamkan selama 20 menit.

(Baca juga: Lakukan Perawatan Wajah Ini untuk Cegah Penuaan Dini)

Mengetahui banyak sekali manfaat yang bisa diberikan untuk kecantikan, kamu disarankan untuk mengonsumsi green tea atau melakukan perawatan wajah dengan jenis teh tersebut secara rutin. Kamu juga bisa membeli suplemen vitamin yang dibutuhkan untuk kecantikan kulit di aplikasi Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order saja lewat fitur Apotik Antar dan pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.