• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Mandi Air Dingin Di Pagi Hari Bagi Tubuh

4 Manfaat Mandi Air Dingin Di Pagi Hari Bagi Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Bagi sebagian orang, mandi dengan air dingin di pagi hari adalah suatu hal yang sulit dilakukan. Suhu udara yang cenderung rendah di pagi hari rentan membuat tubuh menggigil alias kedinginan. Padahal, mandi dengan air dingin sebenarnya bisa menjadi cara efektif agar kamu lebih semangat untuk memulai aktivitas di pagi hari.

Jika terlalu sering mandi di pagi hari dengan air hangat ternyata memiliki efek negatif bagi tubuh, seperti pori-pori kulit membesar, menurunkan kualitas sperma pada pria, dan memicu sakit kepala. Pasalnya, air hangat bisa mengubah tekanan darah di daerah kepala yang akhirnya memicu rasa sakit kepala.

Baca juga: Pakai Spons Jaring untuk Mandi, Ketahui Hal Ini

Sementara itu, bila kamu mandi air dingin, terutama pada pagi hari justru memberikan manfaat yang baik pada kulit dan pembuluh darah. Berikut manfaat mandi pagi menggunakan air dingin, yaitu:

1.  Memperbaiki Suasana Hati dan Menambah Semangat
Pada zaman samurai kuno, ada cerita jika prajurit selalu menyiram air dingin ke kepala mereka  setiap pagi dengan menggunakan metode Misogi yang merupakan ritual pemurnian pada tingkat spiritual. Para prajurit percaya jika mandi air dingin bisa memberi semangat untuk siap memulai hari.

Studi yang dipublikasikan pada jurnal Medical Hypotheses mengungkapkan, mandi air dingin mampu mengurangi gejala depresi dan memperbaiki suasana hati. Hal ini karena mandi air dingin membantu mengaktifkan sistem saraf simpatik dan meningkatkan ketersediaan nuerotransmitter seperti norepinefrin dan endorfin. Meskipun begitu, tetap saja orang yang menjalani pengobatan depresi tidak boleh menggantinya secara langsung dengan mandi air dingin.


2.  Sirkulasi Darah Menjadi Lebih Baik
Bila sirkulasi darah dalam tubuh kamu lancar, tentunya menghindarkan kamu dari berbagai penyakit serius seperti hipertensi, pengerasan arteri dan munculnya varises.

Tubuh akan bekerja sedikit lebih keras untuk mempertahankan kondisi suhu tubuh agar tetap normal. Melansir dari Healthline, mandi air dingin di pagi hari dapat meningkatkan sistem sirkulasi darah dan membuat darah bisa mengalir lebih cepat ke seluruh tubuh.

Baca juga: Dampak Terlalu Sering Mandi Air Hangat

3.  Membuat Kulit Menjadi Lebih Sehat
Manfaat mandi air dingin juga membantu mengecilkan dan menutup pori-pori sehingga mencegah masuknya kotoran dan minyak yang bisa berakibat menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Selain itu, manfaat mandi air dingin bisa mengurangi pembengkakan pembuluh darah yang memicu timbulnya lingkaran hitam di bawah mata.

4.  Membuat Rambut Sehat
Dilansir dari laman Medical Daily, air dingin bisa membuat rambut menjadi sehat dan bercahaya karena menutup kutikula. Hal ini membuat rambut lebih kuat dan mencegah timbulnya kotoran menumpuk di kulit kepala. Selain itu, mandi air dingin pagi hari dapat mencegah kerontokan dan memperlambat munculnya uban.

Bila kamu ingin mandi dengan menggunakan air hangat, bisa kamu lakukan sesekali saat tubuh terasa terlalu lelah di malam hari. Hal ini karena mandi air hangat bisa mengendurkan otot, meredakan stres, dan mengatasi insomnia.

Baca juga: Sauna dan Manfaatnya untuk Kesehatan Jantung

Itulah manfaat mandi air dingin yang perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin mendapatkan informasi yang lebih akurat lagi, sebaiknya tanyakan langsung saja pada dokter. Sekarang lebih mudah kok, karena ada aplikasi Halodoc yang siap membantu kamu setiap saat. Kamu juga bisa berobat ke rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc

 

Referensi: 

Medical Daily. Diakses pada 2020. Benefit of Cold Showers: 7 Reasons Why Taking Cool Showers is Good for Your Health. 

Shevchuk, Nikolai A. 2008. Diakses pada 2020. Adapted Cold Shower as a Potential Treatment for Depression. Journal of Medical Hypotheses 70(5): 995-1001.

Healthline. Diakses pada 2020. Cold Shower Beneftis for Your Health.