30 December 2017

4 Manfaat Mandi Air Dingin Di Pagi Hari Bagi Tubuh

4 Manfaat Mandi Air Dingin Di Pagi Hari Bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta – Bagi sebagian orang, mandi dengan air dingin di pagi hari adalah suatu hal yang sulit dilakukan. Oleh karena itu, banyak orang yang lebih memilih untuk mandi air hangat di pagi hari ketimbang dengan air dingin. Mandi dengan air dingin sebenarnya bisa menjadi salah satu cara bagi kamu yang membutuhkan semangat untuk memulai aktivitas di pagi hari. Perlu diketahui jika terlalu sering mandi di pagi hari dengan air hangat ternyata memilki efek negatif bagi tubuh.

Beberapa dampaknya antara lain, pori-pori kulit membesar, menurunkan kualitas sperma pada pria, dan memicu sakit kepala dikarenakan air hangat bisa mengubah tekanan darah tubuh, salah satunya di daerah kepala, yang akhirnya memicu rasa sakit kepala. Sementara bila kamu mandi air dingin terutama pada pagi hari justru akan memberikan manfaat yang baik pada kulit dan pembuluh darah. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa manfaat mandi air dingin di pagi hari:

1.  Memberi Semangat di Pagi Hari
Pada zaman samurai kuno, terdapat sejarah jika prajurit selalu menyiram air dingin ke kepala mereka  setiap pagi dengan menggunakan metode Misogi yang merupakan ritual pemurnian pada tingkat spiritual. Para prajurit percaya jika, mandi air dingin bisa memberi semangat untuk siap memulai hari.

2.  Sirkulasi Darah Menjadi Lebih Baik

Bila sirkulasi darah dalam tubuh kamu lancar, tentunya menghindarkan kamu dari berbagai penyakit serius seperti hipertensi, pengerasan arteri dan munculnya varises. Dengan mandi air dingin di pagi hari ternyata bisa meningkatkan sistem sirkulasi darah.

3.  Membuat Kulit Menjadi Lebih Sehat
Manfaat mandi air dingin juga membantu mengecilkan dan menutup pori-pori sehingga mencegah masuknya kotoran dan minyak yang bisa berakibat menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu manfaat mandi air dingin bisa mengurangi pembengkakan pembuluh darah yang memicu timbulnya lingkaran hitam di bawah mata.

4.  Membuat Rambut Sehat
Manfaat air dingin bisa membuat rambut menjadi sehat dan bercahaya karena menutup kutikula sehingga rambut lebih kuat dan mencegah timbulnya kotoran menumpuk di kulit kepala. Hal ini akan membuat rambut lebih kuat ketika disisir, sehingga mencegah kerontokan dan bisa memperlambat uban yang muncul.

Bila kamu ingin mandi dengan menggunakan air hangat, bisa kamu lakukan sesekali saat tubuh terasa terlalu lelah di malam hari. Hal ini karena mandi air hangat bisa mengendurkan otot, meredakan stres, dan mengatasi insomsia.

Itulah beberapa manfaat mandi air dingin yang perlu kamu ketahui. Untuk mengetahui tentang manfaat mandi air dingin maupun informasi lainnya terkait kesehatan, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter ahli yang terpercaya melalui menu Contact Doctor dengan memilih metode chat, voice call, dan video call. Dan beli obat atau vitamin melalui menu Pharmacy Delivery yang sampai dalam waktu 1 jam saja. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.