29 March 2017

4 Manfaat Pare Cegah Kanker

manfaat pare cegah kanker

Halodoc, Jakarta – Rasanya yang pahit memang tidak akrab di lidah. Tidak heran kalau tidak sedikit orang yang enggan memilih pare jadi makanan favorit. Namun jangan salah, pare ini punya manfaat besar bagi kesehatan.

Jika dikonsumsi secara rutin, pare bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, terutama bagi yang mengidap diabetes. Pare dapat diolah menjadi makanan lezat yang bisa disantap sebagai menu sarapan, makan siang, atau makan malam. Yuk, cari tahu 4 manfaat pare cegah kanker, bagi kesehatan berikut ini:

  1. Belum banyak yang tahu bahwa pare memiliki kemampuan untuk menurunkan gula darah. Zat dalam pare memiliki kemiripan dengan fungsi insulin sehingga baik dikonsumsi juga bagi orang dengan diabetes.Dalam buah pare mengandung setidaknya tiga zat aktif dengan sifat anti-diabetes, dan senyawa seperti insulin yang dikenal sebagai poli. Pare juga diketahui mengandung lektin yang mengurangi konsentrasi glukosa darah dan menekan nafsu makan.
     
  2. Pare juga mengandung protein yang punya kemampuan untuk memecah glukosa lalu mengubahnya jadi energi. Ini akan membantu menurunkan kadar gula dalam darah.
     
  3. Pare juga manfaat besar untuk melawan sel kanker. Penelitian di Jepang menunjukkan dan membuktikan kalau pare memiliki zat aktif antikanker bernama lesichin. Jadi konsumsi pare juga bermanfaat bagi Anda untuk mencegah kanker.
     
  4. Meski memiliki tekstur yang berbeda dengan ubi, namun pare memiliki kandungan yang mirip seperti kaya serat, vitamin C, karoten, dan kalium. Kandungan serat pada pare baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan karotennya dapat meningkatkan aktivitas dan kesehatan mata, seperti karoten pada wortel.

Nah, kini Anda tak punya alasan menolak pare. Tak usah takut dengan rasa pahitnya, sebelum diolah Anda dapat menghilangkan rasa pahitnya terlebih dahulu. Caranya Anda bisa merendam pare dengan air berkali-kali, atau mencucinya dengan air garam, dengan begini rasapahit dalam pare dapat diminimalisir bahkan hilang seketika.

Jika Anda ingin membicarakan masalah kesehatan Anda pada dokter, tak usah ragu untuk menggunakan aplikasi Halodoc. Anda bisa menggunakan fitur Chat, Video Call, dan Voice Call untuk berbicara langsung dengan dokter. Download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.