21 August 2018

4 Olahraga untuk Lansia Guna Memaksimalkan Vitalitas Hubungan Intim

hubungan intim, hubungan intim lansia, olahraga untuk memaksimalkan hubungan intim, lansia

Halodoc, Jakarta – Siapa bilang para lansia tidak membutuhkan hubungan intim yang luar biasa lagi? Kenyataannya, usia tidak menjadi penghalang pasangan untuk mendapatkan hubungan intim berkualitas. Bahkan, menurut penelitian dari Harvard Health Publishing mengatakan lebih dari 50 persen pasangan lansia beranggapan hubungan intim yang berkualitas justru menjadi salah satu cara membuat pernikahan mereka menjadi lebih langgeng dan mesra.

Masalah mulai timbul ketika vitalitas membuat pria maupun wanita memiliki performa yang kurang baik ketika berhubungan intim. Biasanya, pada pria masalah yang dialami adalah ketahanan saat ereksi, sedangkan pada wanita kurangnya lubrikasi alias Miss V kering. Perubahan hormon yang terjadi seiring pertambahan usia menyebabkan kondisi seperti ini sah saja terjadi.

Baca juga: Ini Bahayanya Kalau Terlalu Sering Makan Gorengan Tempe

Namun, seharusnya usia tidak menjadi penghalang, karena semuanya bisa dilatih dengan melakukan beberapa jenis latihan atau olahraga. Hal tersebut dilakukan untuk memaksimalkan vitalitas hubungan intim. Berikut adalah beberapa contoh olahraga yang bisa dilakukan pasangan lansia untuk meningkatkan kualitas hubungan intim.

  1. Lari

Lari adalah olahraga yang dapat meningkatkan kelincahan, ketahanan fisik, percaya diri, serta memberikan dorongan energi. Ian Kerner, seorang terapis seks dari New York mengatakan bahwa melakukan olahraga lari adalah salah satu upaya meningkatkan rasa percaya diri dalam berhubungan intim. Orang yang percaya diri biasanya juga memiliki tingkat rasa percaya diri dalam hal hubungan intim, termasuk memberikan kepuasan kepada pasangannya.

  1. Berenang

Berenang tidak hanya bermanfaat terhadap kesehatan tubuh, tetapi juga dapat meningkatkan gairah dalam berhubungan intim. Berenang dapat meningkatkan libido dan kinerja seks pasangan lansia serta memaksimalkan fungsi jantung.

Melakukan olahraga di dalam air juga dapat meminimalisir terjadinya cedera, sebab air dapat menopang tubuh. Kondisi di dalam air juga dipercaya dapat memberikan sensasi rileks pada tubuh. Berenang juga merupakan latihan terbaik untuk menyetel otot-otot dasar panggul, sehingga memberikan kemudahan dalam mendapatkan orgasme.

Baca juga: 4 Cara Mudah Memulai Hidup Vegetarian

  1. Yoga

Yoga adalah jenis olahraga lain yang dapat meningkatkan kehidupan intim pasangan lansia menjadi lebih maksimal lagi. Yoga dapat meningkatkan kehidupan intim pasangan lansia, baik secara mental maupun fisik. Ini dikarenakan yoga adalah olahraga yang dapat melawan stres, kelelahan, dan rasa tidak percaya diri.

Beberapa gerakan yoga justru memang diperuntukkan untuk memaksimalkan organ intim supaya lebih kencang dan mengontrol kinerja otot-otot area genital. Bahkan, melakukan yoga bersama pasangan juga bisa menjadi salah satu upaya untuk membangun keintiman lebih lagi, tidak secara fisik melainkan emosional.

  1. Zumba

Zumba juga bisa menjadi olahraga alternatif lain bagi para lansia untuk memaksimalkan vitalitas hubungan intimnya. Menurut Marianne Brandon, Ph.D., seorang psikolog klinis dan ahli terapi seks dari Boston mengatakan bahwa zumba dapat meningkatkan gairah. Selain itu, olahraga satu ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri, sehingga dapat meningkatkan intensitas hubungan intim.

Sebenarnya yang tidak boleh luput dalam berolahraga adalah perasaan yang timbul saat melakukan olahraga tersebut. Apalagi untuk para lansia, seringkali mereka merasa kurang percaya diri karena bentuk fisik yang sudah tidak muda lagi. Maka dari itu, olahraga diperlukan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan penerimaan bahwa tubuhnya masih menarik meski sudah termakan usia.

Kalau ingin tahu lebih banyak mengenai olahraga yang tepat untuk memaksimalkan hubungan intim yang berkualitas di usia lanjut, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.