27 August 2018

4 Tanda Lemah Jantung yang Sering Diabaikan

tanda lemah jantung, penyakit jantung, tanda penyakit jantung yang sering diabaikan, kesehatan jantung

Halodoc, Jakarta – Memiliki jantung yang sehat tentu harapan semua orang. Beberapa cara pun dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, seperti berolahraga secara teratur dan menerapkan pola makan sehat. Namun, penyakit jantung sendiri bisa terjadi bukan hanya karena kondisi pola hidup saja, melainkan kondisi genetik atau masalah keturunan.

Baca juga: Gaya Hidup Enggak Sehat, Waspada Penyakit Jantung Turunan

Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja. Tidak pandang usia masih sangat muda atau sudah berumur, semua bisa terkena penyakit jantung. Penyakit lemah jantung memang tidak memiliki tanda-tanda atau gejala yang cukup jelas di awal. Meskipun begitu, penyakit lemah jantung tetap memiliki tanda-tanda yang bisa dikenali. Sayangnya, banyak tanda awal lemah jantung yang kerap kali diabaikan oleh penderita, karena dianggap bukan suatu tanda penyakit serius.

Berikut adalah beberapa tanda lemah jantung yang sering diabaikan oleh penderita:

1. Sering Merasakan Sakit Kepala

Sakit kepala bukan hanya disebabkan oleh faktor kelelahan atau kurang istirahat. Sering merasakan sakit kepala rupanya bisa menjadi tanda awal bahwa jantung kamu bermasalah. Sakit kepala bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu memiliki lemah jantung.

Sakit kepala merupakan tanda bahwa kamu kekurangan oksigen yang dipompa oleh jantung. Namun, tidak semua sakit kepala mengindikasikan lemah jantung. Sebaiknya saat kamu merasakan sakit kepala, istirahat sejenak dari segala aktivitas dan tenangkan pikiran. Bernapaslah dengan teratur agar sakit kepala berangsur membaik.

Sebaiknya jika sakit kepala berlangsung, jangan menganggap sakit kepala adalah sakit yang sepele. Karena sakit kepala juga bisa menjadi tanda penyakit serius.

2. Cepat Merasa Lelah dan Mengeluarkan Keringat

Jika kamu tidak terlalu banyak melakukan aktivitas tapi merasa lelah terus menerus, bisa jadi ini salah satu tanda bahwa kamu mengalami lemah jantung. Meskipun begitu, tidak semua masalah lelah dan berkeringat adalah masalah penyakit jantung.

Ketika jantung kamu lemah, tentu jantung kamu tidak dapat memompa oksigen dengan baik. Tentu hal ini akan mengganggu fungsi organ tubuh kamu. Maka tidak heran, kamu akan merasa cepat lelah dan bahkan mengeluarkan keringat secara berlebihan.

3. Konsentrasi Menurun

Saat kamu mengalami lemah jantung, kemungkinan gejala yang akan timbul pada diri kamu adalah menurunnya tingkat konsentrasi. Ketika asupan aliran darah menuju otak terganggu, maka suplai oksigen menuju otak pun menjadi terhambat. Hal ini yang membuat kamu akan kesulitan untuk berkonsentrasi.

Parahnya, pikiran kamu bisa terganggu karena kurangnya aliran darah menuju otak dalam jangka waktu yang panjang. Jika gejala ini dibiarkan terus menerus, otak bisa mengalami penurunan fungsi dari hari ke hari. Sebaiknya gejala ini tidak kamu abaikan.

4. Mengalami Sesak Napas

Gejala lemah jantung yang paling umum dijumpai adalah sesak napas. Sesak napas pada penderita lemah jantung memang hampir mirip dengan penderita asma. Bedanya, orang yang mengalami sesak napas karena asma biasanya dipengaruhi oleh masalah alergi, sedangkan lemah jantung tidak. Biasanya, orang yang lemah jantung akan mengalami sesak napas karena kelelahan atau setelah melakukan aktivitas yang sangat berat.

Baca juga: Cegah Serangan Penyakit Jantung dengan Kebiasaan Ini

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat agar kesehatan jantung tetap terjaga. Jika kamu memiliki keluhan mengenai kesehatan jantung kamu, tidak ada salahnya untuk menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!