04 April 2018

4 Tips Merawat Kawat Gigi

4 Tips Merawat Kawat Gigi

Halodoc, Jakarta – Buat kamu pengguna kawat gigi, kamu perlu memberi perhatian ekstra untuk kebersihan kawat gigi kalau mau gigi kamu tetap sehat. Apalagi setelah kamu menggunakannya untuk makan. Sisa-sisa makanan mudah sekali nyangkut di kawat gigi dan menyebabkan kuman berkembang biak dengan subur.

Bila kawat gigi enggak dibersihkan dengan jeli, maka berpotensi menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan mulut, mulai dari karang gigi, sariawan, bau mulut, sampai menyusutnya gusi. Merawat kawat gigi enggak sulit kok, yuk cari tahu berikut ini!

Cara merawat gigi berkawat sedikit berbeda dengan merawat gigi tanpa kawat. Kamu perlu menyiapkan peralatan khusus untuk membersihkan kawat gigi kamu:

 

  • Sikat Gigi Khusus Behel

 

Untuk membersihkan gigi berkawat, sebaiknya jangan gunakan sikat gigi biasa, tapi pilih sikat gigi yang khusus untuk kawat gigi. Sikat gigi khusus behel ini biasanya memiliki kepala yang lebih kecil, berbulu halus, dan bagian tengahnya menjorok ke dalam.

  • Pasta Gigi Khusus

Para pengguna kawat gigi dianjurkan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung bisabolol, yang berfungsi untuk mencegah radang gusi yang mungkin muncul akibat pemasangan kawat gigi.

  • Dental Floss

Karena makanan mudah sekali nyangkut di kawat gigi, jadi para pengguna kawat gigi sebaiknya selalu menyiapkan dental floss di dalam tas. Gunakan dental floss setiap habis makan untuk mengangkat sisa-sisa makanan yang terselip di kawat.

  • Obat Kumur

Untuk menjaga napas mulut tetap segar, gunakanlah obat kumur anti bakteri yang tidak mengandung alkohol setelah menyikat gigi.

Nah, selain menyiapkan peralatan gigi khusus, kamu juga perlu tahu tips-tips merawat kawat gigi berikut:

1. Bersihkan Gigi dengan Benar

Upayakan untuk selalu menyikat gigi selama dua menit, minimal dua kali sehari atau setelah makan. Cara yang benar adalah, pertama-tama sikat permukaan gigi di depan, samping kiri dan kanan dengan gerakan memutar. Kemudian, sikat bagian atas gigi dengan gerakan maju mundur. Sedangkan bagian gigi yang menghadap langit-langit dan lidah disikat dengan gerakan menarik keluar. Jangan lupa membersihkan lidah dengan spatula khusus pembersih lidah. Bersihkanlah gigi dengan jeli dan jangan sampai ada sudut-sudut di antara gigi yang terlewat.

2. Jaga Konsumsi Makanan

Para pengguna kawat gigi disarankan untuk menghindari makanan yang keras-keras, karena bisa membuat gigi yang sedang dipakaikan kawat menjadi nyeri dan goyah. Kamu juga sebaiknya memotong kecil-kecil makanan yang akan kamu konsumsi untuk memudahkan gigi mengunyah.

Selain itu, para pengguna kawat gigi juga sebaiknya menghindari makanan lengket, seperti popcorn karamel, permen kenyal, dan permen karet. Selain mudah nyangkut di sela-sela gigi dan behel, makanan lengket juga bisa menarik kawat atau karet behel sehingga bergeser atau terlepas dari tempatnya.

Hindari juga makanan manis dan asupan yang mengandung asam tinggi, karena dua kandungan itu memudahkan terjadinya karies gigi.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Minum banyak air putih saat dan setelah makan bisa membantu menyingkirkan sisa makanan, sekaligus mencegah mulut jadi kering yang bisa memicu bau mulut.

4. Rutin Periksa ke Dokter Gigi

Kontrol rutin sangat penting bagi pengguna behel, karena karet behel harus selalu diganti minimal 3 minggu sekali. Selain itu, kontrol gigi juga bertujuan untuk memeriksa apakah ada masalah pada gigi.

Itulah 4 tips untuk menjaga kebersihan kawat gigimu (Baca juga: Pemakai Behel Perlu Perhatikan Ini). Kalau kamu punya masalah dengan kesehatan mulut, bicarakan saja pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Ibu juga bisa membeli berbagai macam produk kesehatan dan suplemen yang dibutuhkan lewat aplikasi Halodoc. Tinggal order dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.