08 February 2018

4 Trik Ini untuk Mengenali & Atasi Fobia

4 Trik Ini untuk Mengenali & Atasi Fobia

Halodoc, Jakarta – Hidup dengan fobia tentu memiliki tantangan tersendiri. Berbeda dengan orang kebanyakan, orang yang memiliki fobia tertentu akan merasa ketakutan saat harus berhadapan dengan objek yang ditakuti, meskipun menurut orang lain itu tidak wajar. Jangankan melihat atau menyentuhnya, membayangkan atau hanya mendengar orang lain menyebut nama objek yang ditakuti saja bisa membuatnya cemas. Akhirnya, orang yang memiliki fobia cenderung menghindari objek yang ditakuti dibandingkan melawan rasa takutnya.

Lantas, apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi fobia? Simak trik mengatasi fobia berikut ini, yuk!

Mengenal Fobia

Fobia dan rasa takut berbeda. Karena itu, kamu perlu membedakan apakah rasa takutmu pada objek tertentu adalah ketakutan biasa atau termasuk fobia. Misalkan, rasa takut yang muncul saat melihat anjing yang menggonggong adalah wajar. Namun, jika hanya melihat gambar anjing saja membuat kamu ketakutan, maka hal itu bisa disebut dengan fobia. Dengan mengenali fobia, maka kamu bisa mencari cara untuk membantu mengurangi rasa takut yang muncul saat menghadapi fobia tersebut. Jika kamu ingin bertanya tentang fobia yang kamu hadapi, kamu bisa lho bertanya dengan dokter melalui Chat dan Video/Voice Call di Halodoc.

Hadapi Fobia dengan Perlahan

Meskipun sulit, menghadapi fobia adalah salah satu cara untuk mengatasinya. Semakin lama kamu mengekspos diri pada hal yang membuat kamu takut, maka semakin kamu akan terbiasa menghadapinya. Hal ini juga akan menurunkan rasa cemas yang muncul saat kamu menghadap fobia tersebut di kemudian hari. Mulailah dengan paparan sederhana yang bisa kamu hadapi, lalu perlahan ke paparan yang semakin sulit. Misalkan, jika kamu fobia rambutan, kamu bisa memulainya dengan melihat foto rambutan. Setelah terbiasa, kamu bisa melatih diri untuk memegang benda yang memiliki tekstur, bentuk, atau ukuran yang sama dengan rambutan. Atau, kamu bisa melakukan latihan sederhana lain yang kamu pilih untuk menurunkan rasa cemas kamu saat menghadapi fobia.

Belajar Relaksasi

Rasa takut yang muncul tidak jarang membuat jantung berdebar, serta napas menjadi cepat dan pendek. Karena itu, kamu bisa belajar teknik relaksasi untuk menenangkan diri dari rasa takut. Dengan belajar teknik relaksasi, kamu akan bisa menenangkan diri dengan cepat sehingga bisa menoleransi sensasi tidak nyaman saat menghadapi fobia. Kamu bisa berlatih teknik relaksasi ini dua kali sehari, setidaknya selama 5 menit. Jika sudah terbiasa, maka kamu bisa menerapkannya saat menghadapi fobia.  Teknik relaksasi yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Duduk atau berdiri dengan punggung lurus. Letakkan satu tangan di dada dan yang lainnya di perut.
  • Ambil napas perlahan melalui hidung dan hitung sampai hitungan ke empat.
  • Tahan napas sampai hitungan ke tujuh, lalu buang napas melalui mulut saat hitungan ke delapan. Hembuskan napas semaksimal yang kamu bisa.
  • Tarik napas lagi, lalu ulangi teknik ini sampai kamu merasa rileks.

4. Menantang Rrasa Takut

Orang yang memiliki fobia cenderung melebih-lebihkan rasa takut, seolah apa yang ia hadapi akan membahayakan dirinya. Karena itu, kamu perlu menantang rasa takutmu dengan mengubah pikiran negatif menjadi pikiran positif. Misalnya, ubah pikiran negatif “anjing itu akan mengigitku”, dengan pikiran positif “anjing itu tidak akan menggigitku, dia terikat di pagar dan aku akan baik-baik saja”. Hal ini akan membantu mengurangi rasa cemas saat menghadapi fobia.

Selain bicara dengan dokter, kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa cek kadar kolesterol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain di Halodoc. Kamu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemui kamu pada waktu yang sudah ditentukan.Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.