09 May 2018

5 Alasan Ibu Hamil Enggak Boleh Kelelahan di Trimester Pertama

Alasan Ibu Hamil Enggak Boleh Kelelahan di Trimester Pertama

Halodoc, Jakarta – Kehamilan adalah suatu hal yang sangat dinanti bagi pasangan suami istri khususnya yang baru saja menikah. Kehamilan juga memberikan perubahan yang cukup besar pada wanita, baik dari kondisi hormon hingga perubahan bentuk tubuh saat masa kehamilan.

Terkadang, perubahan yang ada pada wanita hamil membuat wanita hamil lebih cepat merasakan kelelahan, apalagi pada trimester pertama. Pada trimester pertama, tubuh banyak beradaptasi dengan adanya janin di dalam tubuh selain itu, energi dan nutrisi juga banyak terserap untuk perkembangan janin menyebabkan nutrisi  bagi ibu berkurang. Ya, metabolisme tubuh yang semakin meningkat, kadang membuat tekanan darah dan gula darah semakin menurun. Belum lagi menghadapi mood yang mudah untuk berubah karena adanya perubahan hormon pada ibu hamil.

(Baca juga: 8 Mitos Kehamilan yang Perlu Diketahui Ibu)

Pada trimester pertama, sebaiknya ibu hamil mengurangi aktivitas yang berat. Selain itu, jaga asupan makanan agar janin dan ibu mendapatkan nutrisi dan asupan gizi yang cukup. Selain itu, ibu hamil pada trimester pertama juga dianjurkan agar tidak terlalu sering merasa kelelahan karena akan berdampak buruk pada perkembangan janin.

  1. Memicu Kontraksi

Sangat tidak disarankan bagi ibu hamil trimester pertama untuk mengangkat beban berat atau melakukan pekerjaan yang berat, ditakutkan akan menimbulkan kontraksi pada rahim. Saat beraktivitas dan merasa lelah, ibu hamil sebaiknya beristirahat sejenak. Apalagi jika merasa perut sudah kencang dan sedikit merasa kram pada bagian perut bawah. Hal ini sebaiknya dihindari sedini mungkin.

  1. Berisiko Keguguran

Kontraksi dan keguguran adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Kondisi ini cukup berbahaya dan mengerikan bagi ibu hamil. Terkadang ibu hamil merasa kuat untuk melakukan semuanya seperti biasa. Tapi ingat, di dalam rahim ibu ada sebuah janin yang masih rentan sekali sehingga harus dijaga dengan baik. Sebaiknya saat kelelahan beristirahat sejenak dan jangan terlalu memaksa tubuh untuk melakukan kegiatan yang terlalu berat.

  1. Menyebabkan Varises

Tidak hanya pada ibu hamil trimester pertama, sebaiknya semua ibu hamil tidak berdiri terlalu lama sehingga menyebabkan kelelahan. Ini karena kelelahan pada ibu hamil juga dapat menyebabkan varises, yaitu  pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah vena akibat terjadinya penumpukan darah. Kondisi ini biasanya terjadi pada bagian kaki atau tangan.

  1. Mudah Lemas

Tidak hanya kelelahan pada fisik saja, kelelahan karena faktor psikologi juga bisa memicu rasa lelah pada ibu hamil dan mengakibatkan kondisi fisik yang mudah lemas. Belum lagi nafsu makan yang sedikit terganggu pada kehamilan trimester pertama menyebabkan ibu hamil merasakan lemas karena kurangnya asupan nutrisi dan gizi. Sebaiknya, saat hamil trimester pertama hindari pikiran-pikiran yang membuat stress, karena jika ibu lelah maka akan berdampak pada janin.

  1. Berisiko Pingsan

Perubahan hormon pada ibu hamil trimester pertama nyatanya bisa membuat tekanan darah menjadi menurun atau anemia. Jadi jika ibu hamil ditambah kelelahan, maka ibu hamil bisa saja mengalami pingsan. Nah, pingsan sebaiknya dihindari saat masa kehamilan karena bisa mengganggu perkembangan janin. Dimana pun ibu hamil berada usahakan agar bisa duduk atau beristirahat dengan nyaman agar tidak merasa kelelahan bisa berdampak negatif bagi ibu maupun janin dalam kandungan.

Jika ibu memiliki pertanyaan mengenai hal yang boleh dilakukan dan tidak pada kehamilan trimester pertama, ibu bisa langsung bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.