05 July 2017

5 Asupan Ini Baik untuk Pengidap Darah Rendah

5 Asupan Ini Baik untuk Pengidap Darah Rendah

Halodoc, Jakarta - Darah rendah adalah sebuah ukuran dari jantung saat memompakan darah dan darah bersirkulasi ke seluruh tubuh dan menyebabkan tekanan ke dinding-dinding pembuluh darah. Tekanan darah akan memompa darah seluruh arteri tubuh dan dikembalikan lagi ke jantung melalui pembuluh vena.  Perbedaan tekanan inilah yang akan menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi (hipertensi), tekanan darah normal, atau tekanan darah rendah (hipotensi).

Daftar Makanan untuk Pengidap Darah Rendah
Kamu sering merasa pusing dan ingin pingsan ketika merubah posisi dari duduk ke berdiri? Mungkin saja kamu mengidap penyakit darah rendah. Darah rendah merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah kamu kurang dari 90/60. Menurut penelitian, orang dengan tekanan darah rendah memiliki keuntungan yang lebih daripada mereka yang mempunyai tekanan darah tinggi. Tapi tetap saja gejala darah rendah yang sering muncul dapat mengganggu aktivitas dan produktivitas sehari-hari. Untuk penyakit darah rendah ada makanan khusus untuk mengatasi gejala tersebut.

Untuk mendapatkan kondisi yang stabil dan balik ke keadaan normal, kamu perlu menaikkan tekanan darah yang dapat dilakukan dengan cara mengubah pola makan dan cermat dalam memilih jenis makanan. Di bawah ini membahas mengenai beberapa macam makanan atau minuman untuk darah rendah yang dapat dicoba untuk menaikkan tekanan darah kamu.

1.  Air Mineral atau Air Putih
Minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap mempunyai peranan penting dalam menaikkan tekanan darah. Jumlah cairan dalam tubuh berhubungan langsung dan memengaruhi kinerja jantung dan tekanan darah. Kekurangan cairan dapat menyebabkan penurunan tekanan darah bahkan pada orang yang mempunyai tekanan darah tinggi sekalipun. Menjaga konsumsi air sebanyak 8-10 gelas atau 1.5 -2 liter sehari sangatlah penting untuk pengidap tekanan darah rendah.

2.  Garam
Kamu pasti sudah tahu bahwa konsumsi garam yang berlebihan dapat menyebabkan dan memperparah penyakit darah tinggi. Oleh karena itu garam dapat menjadi makanan untuk darah rendah yang diharapkan akan meningkatkan tekanan darah. Dan pastikan kamu tidak mengonsumsi garam secara berlebihan yang malah akan membuat tekanan darah kamu menjadi tinggi.

3.  Makanan Berserat
Makanan yang mengandung serat dapat menjadi pilihan makanan yang efektif untuk darah rendah. Mengonsumsi makanan dengan tinggi karbohidrat dapat menurunkan tekanan darah. Serat merupakan salah satu komponen makanan yang mengandung karbohidrat dalam kadar rendah, sehingga tidak akan menurunkan tekanan darah secara drastis setelah makan. Kamu bisa menjadikan buah dan sayuran sebagai sumber serat dan makanan untuk pengidap darah rendah.

4.  Konsumsi Daging
Pilihlah daging putih seperti daging ayam tanpa lemak maupun daging ikan. Konsumsi daging yang sehat dapat membantu kamu mencapai angka tekanan darah yang optimal.

5.  Makanan Kaleng
Bagi pengidap tekanan darah rendah, ternyata makanan kaleng bagus dikonsumsi pengidap darah rendah. Tetapi untuk tidak terlalu sering dan berlebihan mengonsumsi makanan kaleng karena kandungan kimia lyang kurang baik. Jadikan makanan kaleng santapan sesekali untuk menjaga tekanan darah tetap optimal.


Kamu ingin berdiskusi dengan dokter umum atau spesialis mengenai penyakit darah rendah dan makanan apa saja yang baik untuk pengidap darah rendah? Kamu bisa menanyakan langsung melalui aplikasi kesehatan Halodoc. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya sekaligus berbicara bersama dokter spesialis terbaik dan kamu juga bisa melakukan chat, video call atau voice call. Download aplikasi Halodoc pada Google Play dan App Store sekarang juga untuk menggunakannya.

BACA JUGA: Ketahui 6 Penyebab Tekanan Darah Rendah & Cara Mengatasinya