08 May 2018

5 Benda Wajib Dibawa saat Liburan bareng Anak

5 Benda Wajib Dibawa saat Liburan bareng Anak

Haldoc, Jakarta – Memasuki musim liburan kelak, kamu dan keluarga pasti sudah merencanakan untuk pergi berlibur bersama. Bagi beberapa orangtua, ini bisa jadi kali pertama mereka membawa serta anak untuk pergi liburan bersama. Hal ini merupakan tantangan baru bagi mereka. Maka dari itu, orang tua harus dapat mempersiapkan segalanya dengan baik karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan. Oleh sebab itu, ini lah beberapa benda wajib dibawa saat liburan bareng anak, agar liburanmu semakin mengasyikan dan berkesan:

  1. Obat-obatan

Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga butuh obat sebagai antisipasi apabila terjadi sesuatu saat dalam perjalanan. Anak bisa saja demam atau cedera. Maka dari itu, orang tua harus mempersiapkan obat-obatan tersebut. Misalnya: obat penurun panas (paracetamol), diare, plester, cairan antiseptik, krim gatal, dan semacamnya. Apabila anak memiliki penyakit tertentu seperti asma atau alergi, jangan lupa membawa obat khusus tersebut.

(Baca juga: Obat-Obatan Yang Perlu Dibawa Saat Liburan)

  1. Vitamin

Liburan menuntut kita untuk melakukan aktivitas fisik yang lebih banyak. Hal ini tidaklah mengganggu orang dewasa, tetapi untuk anak-anak ini akan cukup berpengaruh dan menyebabkan mereka kelelahan. Sebagai orang tua, alangkah lebih baik membawa suplemen makanan atau vitamin untuk mengembalikan tenaga mereka dan menjaga kesehatan selama liburan.

  1. Baju dan Kaus Kaki

Seperti halnya orangtua, pakaian yang harus dibawa anak sebetulnya sama saja dan harus disesuaikan dengan destinasi wisata. Kamu dapat mempersiapkan pakaian yang nyaman secukupnya dan sebaiknya melebihkan jumlah pakaian yang dibawa, karena biasanya anak-anak tanpa sengaja menumpahkan kotoran entah itu makanan, minuman, atau noda lainnya akibat terjatuh. Yang paling harus dibawa adalah celana panjang dan kaus kaki, meskipun kalian berwisata ke daerah tropis dan berpantai. Sebab, kedua pakaian tersebut akan berguna untuk menghangatkan tubuh anak saat malam hari atau saat cuaca tiba-tiba berangin.

  1. Perlengkapan Anak

Saat berpergian jauh, perlengkapan anak terdiri dari peralatan mandi, popok, tisu basah dan kering, sunblock, gunting kuku, sisir, cotton buds, gendongan, stroller, selimut, dan perlengkapan lain yang kamu rasa perlu. Bawa juga perlengkapan mandi ukuran kecil, sehingga mudah dibawa. Apabila kamu ingin membawa stroller, hal ini harus kamu pikirkan kembali, sebab bisa saja hal ini malah membuat kamu semakin repot. Kamu bisa memilih stroller ukuran kecil apabila benar-benar membutuhkannya, agar tidak mengganggu suasana liburan.

  1. Pakaian Hangat, Topi, dan Alas Kaki

Jaket dan topi adalah benda wajib yang harus anak bawa saat berpergian ke mana pun. Kamu bisa memakaikan jaket ini kepada anak saat berada di pesawat atau kereta untuk membuat anak tetap hangat. Pilihlah jaket yang tidak terlalu tebal agar mudah dilipat dan dibawa. Selain itu, kamu harus membawa 2 jenis alas kaki anak saat bepergian bersama. Pilihlah yang nyaman dengan sol yang empuk, agar Si Kecil dapat berjalan-jalan dengan nyaman.

(Baca juga: Ini Cara Siapkan Makanan Bayi Untuk Berpergian)

Apabila semua perlengkapan tersebut sudah terpenuhi, jangan lupa juga untuk tetap mengonsumsi makan-makanan sehat, ya. Jika kamu atau Si Kecil punya keluhan dengan kesehatan, kamu bisa konsultasi ke dokter melalui aplikasi Halodoc, lho. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasinya di App Store atau Google Play sekarang juga!