12 July 2018

5 Cara Agar Anak Gemar Membaca

menumbuhkan minat baca anak,minta baca anak

Halodoc, Jakarta – Teknologi yang berkembang kini telah banyak mengubah kebiasaan orang dewasa, tidak terkecuali anak-anak. Kamu yang kini sudah memasuki usia kepala dua pasti dulu sempat merasakan betapa serunya membaca komik atau mendengarkan ibu atau ayah mendongeng sebelum tidur. Dengan hadirnya gawai yang canggih, anak-anak zaman sekarang cenderung lebih suka memainkan games yang terdapat di dalamnya ketimbang membaca buku. Meski konten-konten bermuatan pendidikan juga dapat diunduh melalui gawai, tapi kebanyakan anak-anak lebih memilih bermain games yang lebih seru dan interaktif.

Kehadiran gawai yang mulai menggeser kebiasan membaca menjadi tantangan orangtua zaman sekarang. Ibu dan ayah harus saling bahu-membahu menumbuhkan kebiasaan membaca kepada anak untuk kebaikannya di masa mendatang. Nah, berikut ini terdapat beberapa cara yang dapat dicoba untuk menumbuhkan minat baca anak:

  1. Bacalah Buku di Depan Anak

Pepatah “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya” dapat kamu gunakan untuk hal ini. Maksudnya adalah, kebiasaan yang anak lakukan biasanya merupakan cerminan dari kebiasaan yang orangtua lakukan. Jadi tidak ada salahnya untuk melakukan kegiatan membaca buku di depan anak-anak. Dengan melakukan kegiatan ini, niscaya anak akan menjadi penasaran akan apa yang orangtua baca, sehingga kelak mengikuti kebiasaan membaca buku tersebut.

Baca juga: 6 Manfaat Membaca Buku Cerita untuk Anak

  1. Hadiahkan Anak Buku

Jika orangtua merasa bingung untuk menghadiahkan anak saat ia berulang tahun, orangtua dapat mencoba memberikan anak beberapa buku yang ia sukai. Cara ini dinilai efektif untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Selain itu, orangtua juga tidak perlu menunggu ulang tahunnya untuk memberikan hadiah ini, orangtua dapat memberikannya kapan pun saat ia berhasil mencapai sesuatu.

  1. Beri Tahu pada Anak Pentingnya Membaca Buku

Saat orangtua dan anak sedang pergi ke pusat perbelaajaan, ajaklah ia untuk mengunjungi toko buku. Apabila ia tidak mau, segera katakan bahwa membaca buku adalah hal penting yang dapat membuat wawasannya semakin luas. Jika ini kali pertama, jangan memaksanya untuk membeli buku semisal ensiklopedia atau buku berat lainnya. Biarkanlah ia memilih buku yang menurutnya menarik.

  1. Ajak Anak Menghabiskan Akhir Pekan di Perpustakaan Umum

Ketimbang mengajaknya ke pusat perbelanjaan atau taman hiburan, cobalah untuk mengajak anak ke perpustakaan umum. Biarkan ia menghabiskan waktu sekitar satu hingga dua jam di rak khusus buku anak. Melihat tumpukan buku yang banyak, mungkin anak akan tertarik dan mau tidak mau ia akan membaca beberapa buku. Lakukanlah kebiasaan ini rutin untuk menumbuhkan minat baca anak.

  1. Buat Rak Buku di Kamar Anak

Cara ampuh lain yang dapat menumbuhkan minat baca anak ialah dengan membuatkannya rak buku di kamarnya. Isi rak tersebut dengan beragam buku bacaan anak semisal ensiklopedia, dongeng, komik, atau fabel. Saat anak bosan dan tidak ada hal yang harus ia lakukan, ia akan mengambil salah satu buku dari rak tersebut. Selain itu, penting juga untuk melengkapi kamar anak dengan kursi baca atau sofa dan bantal yang nyaman agar ia nyaman saat membaca.

Baca juga: Latihan ini Dapat Bantu Anak Disleksia Lancar Membaca

Dengan mengikuti cara mudah diatas, niscaya menumbuhkan minat baca anak bukanlah hal yang mustahil lagi. Akan tetapi, jika suatu hari anak sakit atau mengalami masalah kesehatan tertentu, segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Bicarakan masalah kesehatan yang dialami anak dan minta saran kesehatan kepada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!