12 June 2018

5 Cara Agar Enggak Stres Saat Mudik

5 Cara Agar Enggak Stres Saat Mudik

Halodoc, Jakarta – Tidak bisa disangkal situasi mudik bisa menyebabkan stres dan bakal memperparah perjalananmu yang memang sudah ribet dari awal. Padahal sebenarnya kalau ditilik lebih dalam, orang cenderung melakukan perjalanan untuk refreshing, dalam hal ini mudik yang merupakan momen berkumpul bersama keluarga besar.

Dilansir dari Ingenta Connect, berdasarkan data dari Tourism Analysis, ada beberapa faktor yang menyebabkan stres saat mudik alias stres saat traveling. (Baca juga: 5 Kue Lebaran Lezat dan Kalorinya)

 

  • Merencanakan perjalanan menjadi faktor utama yang membuat stres saat mudik. Mulai dari perencanaan keuangan, pengepakan, pengaturan perjalanan, sampai mengembangkan itinerary.
  • Mengatasi kemacetan adalah faktor lain yang menyebabkan stres saat mudik terjadi. Apalagi jika tiba-tiba dalam perjalanan terjadi hal-hal yang tidak terduga seperti ban bocor, pergantian rute arah yang membuat bingung untuk mencari rute alternatifnya, sampai penundaan penerbangan.
  • Pertemuan dengan orang-orang berbeda di perjalanan juga bisa menimbulkan stres saat mudik. Interaksi dengan teman seperjalanan yang tidak sesuai dengan harapan, penyesuaian kebiasaan dengan tempat yang didatangi, perubahan cuaca, dan lain-lainnya bisa membuat perjalanan mudik malah jadi sumber stres.

 

Menyadari bahwasanya stres saat mudik sangat mungkin terjadi, penting buat kamu untuk mengelola stresmu dan menghindari hal-hal yang bisa memicu stres saat mudik. Berikut adalah beberapa cara supaya enggak stres saat mudik. (Baca juga: Masak Makanan Sehat saat Lebaran, Bisa!)

 

  • Mempersiapkan Budget

 

Manajemen finansial memang sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan budget supaya pengeluaran tidak kebablasan. Sebaiknya saat dalam perjalanan mudik, tidak perlu mengeluarkan uang yang tidak semestinya. Batasi jajan dan simpan dompetmu di tempat yang aman, supaya jangan sampai kecopetan. Kalau kamu sampai kehilangan semua uangmu saat perjalanan, bisa bikin stres saat mudik kan?

 

  • Jangan Terlalu Berekspektasi Tinggi

 

Terkadang terlalu berekspektasi kalau perjalanan bakal aman, nyaman, dan kamu bakal benar-benar menikmati, malah bisa bikin kamu kecewa. Sebaiknya, siapkan diri untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi.

 

  • Sederhanakan Barang Bawaan

 

Supaya barang tidak keteteran dan kalau bawaan ada yang ketinggalan bisa bikin stres saat mudik, ada baiknya kamu menyederhanakan barang bawaan. Tidak perlu bawa sampai tiga tas kecil kalau semuanya bisa ditempatkan di dalam satu tas besar. Tampil gaya saat mudik memang tidak ada salahnya, tapi akan lebih bermanfaat lagi kalau kamu lebih mengedepankan kenyamanan saat membawa barang bawaan. Ini bisa dilakukan dengan memilih tas yang efisien saat digunakan serta tidak membawa barang-barang yang tidak diperlukan. (Baca juga: Begini Cara Membuat Tubuh Fit saat Mudik)

 

  • Tidak Perlu Membalas Amarah Penumpang Lain

 

Biasanya situasi mudik memang cukup kacau, tapi bukan berarti pikiran juga ikut kacau kan? Nah, supaya perjalanan lebih menyenangkan dan kamu terbebas dari stres saat mudik, ada baiknya kamu lebih menyabarkan diri dalam mengadapi situasi yang ribet tersebut. Tidak perlu membalas amarah dari penumpang lain yang bikin mood jadi tambah nggak enak. Anggap saja perjalanan panjang ini menjadi satu bagian dari ibadahmu.

 

  • Mendengarkan Musik

 

Mendengarkan musik selama perjalanan mudik bisa menjadi satu cara lain untuk mencegah stres saat mudik. Ada baiknya sebelum melakukan mudik, kamu mempersiapkan playlist andalan supaya tidak jenuh di perjalanan.

Kalau kamu punya pertanyaan seputar menghadapi stres saat mudik, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Kalau kamu butuh saran mengenai kondisi penyakit tertentu, cara mengatasinya atau pun rekomendasi obat juga bisa didiskusikan di sini. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.