17 April 2018

5 Cara Alami Menghilangkan Racun dari Tubuh yang Bisa Kamu Tiru

5 Cara Alami Menghilangkan Racun dari Tubuh yang Bisa Kamu Tiru

Halodoc, Jakarta – Setiap hari tubuh manusia terpapar oleh racun, baik dari luar tubuh maupun dari dalam tubuh. Bahkan dari makanan yang biasanya kamu makan sehari-hari bisa mengandung racun, yang berasal dari sisa-sisa hasil metabolisme. Maka dari itu, diperlukan detoksifikasi yang berguna untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Pada dasarnya, di dalam tubuh setiap orang ada mekanisme khusus untuk membuang racun, seperti keringat atau air kencing. Namun, kamu juga bisa membantu tubuh menghilangkan racun, agar membuat tubuh lebih sehat.

Cara Menghilangkan Racun dari Tubuh

Untuk menghilangkan racun dari tubuh, kamu bisa melakukan berbagai cara, 5 di antaranya akan dijelaskan di bawah ini.

Puasa

Pernah dengar jika puasa dipercaya bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan racun dari tubuh? Dengan berpuasa, otomatis kamu tidak minum dan tidak makan selama beberapa jam. Waktu tersebut bisa kamu manfaatkan untuk pembersihan diri dan juga untuk beristirahat sejenak. Berpuasa memberikan kesempatan tubuh untuk pemulihan, mengatur ulang fungsinya, dan penyegaran tubuh. Bukan hanya secara fisik, ketika berpuasa sebaiknya kamu menghindari stres agar bisa memberikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat secara mental dan emosionalnya. Kamu bisa mencoba cara ini satu hari dalam seminggu.

Minum Air Putih Lebih Banyak

Sebagian besar tubuh manusia mengandung air, sehingga setiap orang memerlukan air agar membantu tubuh menjalankan fungsinya. Ketika kamu minum, sebenarnya itu bukan hanya menghilangkan dahaga, tetapi juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Pada umumya, minum 8-10 gelas air putih per hari dianggap sudah cukup untuk kebutuhan tubuh, tetapi kamu perlu menambah konsumsi air saat melakukan detoksifikasi. Yang perlu diingat, kebutuhan air setiap orang berbeda-beda tergantung pada jenis kelamin, berat badan, dan aktivitas fisik.

Batasi Konsumsi Gula

Dengan membatasi gula, termasuk pemanis buatan, di makanan atau minuman yang kamu konsumsi setiap hari, bisa menjadi sebuah usaha untuk mengurangi racun dalam tubuh kamu. Mengonsumsi banyak gula juga bisa berisiko memberatkan kerja pankreas dalam menghasilkan insulin. Disarankan untuk memilih makanan sumber gula (karbohidrat) yang juga mengandung serat, seperti gandum dan beras merah.

Melakukan Aktivitas yang Bisa Mengeluarkan Keringat

Menghilangkan racun dari tubuh bisa juga melalui keringat. Caranya adalah dengan melakukan olahraga atau pergi ke sauna. Olahraga selama kurang lebih 30 menit menjadi salah satu cara sehat untuk menjaga tubuh kamu tetap sehat dan membantu tubuh menghilangkan racun.

Mengonsumsi Lebih Banyak Sayur dan Buah

Sayur dan buah memiliki kandungan zat-zat penting yang bisa membantu fungsi tubuh. Dengan lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah setiap harinya, kamu bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Cara yang bisa kamu lakukan untuk lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan adalah salah satunya dengan membuat jus dari campuran sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung serat dan vitamin C.

Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang cara menghilangkan racun dari tubuh secara alami, kamu bisa bertanya sekaligus memeriksakan kondisi kesehatanmu secara rutin melalui aplikasi Halodoc melalui chat, voice, atau video call dan untuk meminta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Kamu juga bisa membeli berbagai produk kesehatan di Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Selain itu, kamu bisa melakukan pemeriksaan darah dan juga menentukan jadwal, lokasi, dan petugas lab yang akan datang ke lokasi tujuan melalui layanan Lab Service. Hasil lab bisa dilihat langsung pada aplikasi layanan kesehatan Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

Baca juga: Langkah Awal Atasi Keracunan Makanan Saat Traveling