15 May 2018

5 Cara Efektif Hilangkan Bintitan

5 Cara Efektif Hilangkan Bintitan

Halodoc, Jakarta — Salah satu gangguan kecil yang menimbulkan rasa malu adalah bintitan (stye). Suatu benjolan merah menyakitkan di dekat tepi kelopak mata yang terlihat seperti bisul atau jerawat. Tanpa perlu intervensi, bintitan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, membutuhkan waktu beberapa hari. Untuk mempercepat proses penyembuhannya, kamu bisa melakukan tips berikut ini untuk atasi bintitan dan menjaga kesehatan mata.

  1. Kompres Hangat

Gunakan kompres dengan air hangat untuk mempercepat penyembuhan bintitan. Kompres air hangat juga mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan bintitan. Kamu bisa lakukan ini beberapa kali sehari selama 10 sampai 15 menit setiap kalinya.

  1. Hindari Dahulu Lensa Kontak dan Makeup

Sebaiknya hindari dahulu penggunaan lensa kontak dan riasan pada mata hingga bintitan sembuh. Penggunaan lensa kontak  bisa memicu iritasi dan kontaminasi bakteri. Ada baiknya juga mengganti peralatan makeup dengan yang baru, terutama maskara untuk menghindari bakteri yang bisa saja sudah tumbuh dalam peralatan makeup kamu. Untuk menjaga kesehatan mata yang optimal, sebaiknya jangan pernah tidur dengan riasan mata yang belum dibersihkan.

  1. Perawatan Kelopak Mata dan Biji Ketumbar

Penting menjaga agar kelopak mata tetap bersih. Cucilah kelopak mata dengan sabun dan air hangat. Jangan menggosok mata terutama jika kamu belum mencuci tangan. Penggunaan biji ketumbar untuk membersihkan mata juga sangat baik untuk menyembuhkan bintitan. Rendam biji ketumbar dengan air hangat, kemudian setelah dingin bersihkan mata dengan rendaman air ketumbar tersebut. Biji ketumbar memiliki sifat anti bakteri, sehingga baik untuk menjaga kesehatan mata.

  1. Teh Hitam atau Teh Hijau

Teh hitam dan teh hijau sangat baik untuk mengurangi peradangan dan memiliki kemampuan antibakteri alami. Jadi, setelah kamu menikmati secangkir teh di pagi hari, kamu bisa meletakkan bekas teh celup yang kamu pakai di atas kelopak mata yang mengalami bintitan. Biarkan selama beberapa menit.

  1. Mentimun atau Kentang

Efek dingin dan sejuk yang ditimbulkan oleh mentimun dan kentang akan membuat kelopak mata nyaman. Irisan mentimun yang dingin juga dapat membantu melembapkan, serta mengurangi peradangan dan iritasi. Cukup iris mentimun yang telah ada di kulkas dan letakkan irisan pada mata yang bermasalah selama sekitar sepuluh menit. Jika tidak memiliki mentimun, kentang bisa memberikan manfaat yang sama.

Enggak usah cemas dengan bintitan yang kamu alami dengan melakukan tips sederhana di atas ya. Jika kamu butuh bantuan dokter, kamu bisa bertanya kepada dokter favorit di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat. Para dokter akan membantu kamu memberikan informasi yang kamu butuhkan. Aplikasi Halodoc juga bisa menjadi solusi kebutuhan obat dan vitamin kamu. Layanan Apotek Antar memungkinkan kamu membeli obat-obatan tanpa harus keluar rumah. Serta cek lab juga. Praktis kan? Ayo download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang.