17 July 2018

5 Cara Mengetahui Janin Sehat Sejak dalam Kandungan

janin sehat, mengetahui janin sehat dalam kandungan, makanan sehat untuk ibu hamil,janin sehat dalam kandungan

Halodoc, Jakarta – Memastikan setiap bayi tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat dalam kandungan adalah hal penting yang harus dilakukan oleh setiap ibu. Maka dari itu, tidak heran jika ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki asupan nutrisi dan gizi yang baik.

Baca juga: Fakta Morning Sickness yang Perlu Ibu Tahu

Mendapatkan kehamilan yang sehat memang menjadi keinginan semua wanita. Selain rajin dan rutin memeriksakan kesehatan bayi pada dokter kandungan, kehamilan yang sehat juga dapat dirasakan melalui tanda awal kehamilan, serta kondisi ibu dan janin selama trimester awal hingga trimester akhir.

Berikut adalah tanda-tanda janin kamu sehat sejak dalam kandungan.

  • Ibu Mengalami Morning Sickness

Pada usia kehamilan awal atau trimester pertama, merasakan morning sickness adalah hal yang wajar dirasakan ibu hamil. Morning sickness nyatanya dapat menjadi patokan untuk kesehatan dan perkembangan janin. Morning sickness terjadi akibat adanya peningkatan hormon HCG yang berarti adanya pertumbuhan dan perkembangan janin pada masa kehamilan tersebut.

Namun perlu diperhatikan, terkadang mual dan muntah berlebih pada morning sickness menyebabkan asupan nutrisi dan gizi untuk kebutuhan janin berkurang. Sebaiknya ibu tetap perhatikan asupan nutrisi dan gizi yang baik pada saat masa-masa morning sickness untuk menghindari kekurangan nutrisi dan gizi pada pertumbuhan janin.

  • Perut Ibu Semakin Membesar

Pertambahan usia kehamilan tentu akan membuat berat badan dan panjang janin juga akan bertambah besar. Dengan demikian, perut ibu pun akan bertambah besar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Biasanya, ibu akan mengalami perkembangan yang signifikan setelah memasuki usia kehamilan 15 minggu. Apabila dalam kehamilan ibu tidak merasakan perubahan perut atau lingkar pinggang yang signifikan, sebaiknya ibu segera periksakan kandungan pada dokter.

  • Berat Badan Ibu Bertambah

Tidak hanya perut ibu yang semakin membesar, pada masa-masa kehamilan berat badan ibu juga biasanya akan bertambah sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Berat badan ibu akan bertambah karena janin yang akan terus bertambah beratnya, kemudian air ketuban yang juga akan bertambah sesuai perkembangan janin. Dengan bertambahnya berat badan ibu, ini menunjukan pertumbuhan janin yang sehat.

  • Ibu Tidak Mengalami Pendarahan

Ciri-ciri bayi sehat dalam kandungan adalah jika ibu tidak mengalami pendarahan selama masa kehamilan. Pendarahan memang tidak selalu diidentikan dengan masalah kehamilan, tapi sebaiknya dihindari. Karena pendarahan pada usia kehamilan muda bisa saja menjadi gejala keguguran. Sedangkan pada usia kehamilan yang cukup tua, pendarahan bisa menunjukan adanya gangguan pada plasenta dan cukup membahayakan janin.

  • Bayi dalam Kandungan Bergerak

Meskipun gerakan janin biasanya akan terasa saat usia kehamilan menginjak trimester kedua, gerakan janin nyatanya merupakan salah satu ciri bahwa kandungan sehat dan tidak bermasalah. Gerakan janin akan terasa semakin kuat seiring bertambahnya usia kehamilan. Namun, ibu jangan terlalu khawatir jika pada usia kehamilan 6 bulan gerakan janin sedikit berkurang. Ini dikarenakan pada usia kehamilan 6 bulan pertumbuhan janin semakin besar dan ruang gerak semakin sempit.

Baca juga: 5 Alasan Ibu Hamil Enggak Boleh Kelelahan di Trimester Pertama

Jangan lupa menjaga asupan nutrisi dan gizi untuk kebutuhan ibu dan janin dalam kandungan. Mengunjungi dokter kandungan dengan rutin juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kandungan tetap sehat. Namun, jika ibu memiliki keluhan pada masa kehamilan, ibu bisa tanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!