25 November 2017

5 Cara Mudah Atasi Bibir Kering, Coba Yuk!

5 Cara Mudah Atasi Bibir Kering, Coba Yuk!

Halodoc, Jakarta - Selain wajah, salah satu bagian tubuh yang seharusnya tak luput dari perhatian adalah bibir. Bibir kering yang mengelupas bisa disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin dan perawatan yang kurang. Di samping itu, kulit bibir termasuk bagian tubuh yang paling sensitif dan memperlihatkan kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Untuk itu, tentu saja kamu perlu merawatnya secara rutin.

Pada dasarnya, mengatasi bibir kering tidak harus dilakukan pada klinik kecantikan atau menggunakan vitamin bibir yang bagus saja. Ada cara lain yang bisa dilakukan sendiri di rumah dan tentunya lebih efektif. Mungkin, sebagian dari kamu masih ada yang belum mengetahui cara mengatasi bibir kering yang tepat. Oleh karena itu, dengan ikuti beberapa langkah cara mengatasi bibir kering di bawah ini akan membantu:

1.  Minum Teh Hitam
Bagi kamu penyuka teh, cara ini sudah pasti sangat menyengangkan. Manfaat teh khususnya teh hitam memang dipercaya dapat membantu membuat bibir tetap sehat, terjaga kelembapannya serta mencegah bibir kering dan mengelupas. Cara merawat bibir dapat dilakukan salah satunya dengan teh hitam hangat. Lalu,  ambil kapas dan celupkan ke dalam teh hitam tadi dan  tekan-tekan pada bibir selama 3 menit. Ini tentu dapat meningkatkan kelembapan pada kulit bibir.

2.  Gunakan Madu
Punya masalah kulit bibir yang menghitam? Gunakan madu untuk mengembalikan ronanya hingga merah dan segar. Madu memang sudah terkenal akan khasiatnya untuk merawat kulit bibir. Kamu hanya perlu mengoleskan madu pada kulit bibir secara merata sebelum tidur, lalu bilaslah saat kamu bangun dipagi harinya. Lakukan cara ini 3 kali dalam seminggu.

3.  Lakukan Exfoliate
Exfoliate atau pengelupasan kulit bukan hanya untuk wajah dan tubuh, kamu juga bisa melakukan teknik ini  pada kulit bibir agar lebih sehat. Ada beberapa cara untuk melakukan exfoliate, yakni menggunakan produk khusus exfoliate bibir atau scrub bibir. Caranya? Campurkan gula dengan minyak zaitun hingga menjadi pasta dan oleskan ke seluruh permukaan kulit bibirmu.

4.  Hindari Menjilat Bibir
Kadang banyak yang salah kaprah saat berusaha mengatasi bibir kering dengan menjilatnya. Banyak orang berpikir dengan sering menjilat bibir sendiri akan menjadikan bibir lembap. Cara ini jelas salah, karena menjilat bibir sendiri terus menerus justru bisa menyebabkan bibir semakin kering, hitam dan pecah-pecah.

5.  Tidak Menggunakan Sembarang Lipstik
Mengatasi bibir kering juga bisa kamu lakukan dengan tidak sembarang menggunakan lipstik. Hindari penggunaan lipstik yang mengandung pewarna sintetis atau bahan yang berbahaya dan tidak cocok dengan bibirmu. Jangan memaksakan beli walau harganya murah karena bisa saja membuat bibirmu teriritasi. Pilih lipstik yang mengandung pelembap dan memang sudah terbukti kualitasnya. Satu lagi, selalu bersihkan lipstik hingga bersih sebelum tidur.

6.  Konsumsi Vitamin E
Untuk perawatan dari bibir kering, kamu juga disarankan untuk rutin mengonsumsi suplemen vitamin E. Mengapa harus dengan vitamin E? Vitamin E memiliki berbagai kandungan alami yang mampu melembapkan kulit, tak terkecuali bibir. Dengan mengonsumsi suplemennya atau makanan yang mengandung vitamin E setiap hari, kulit bibir dijamin akan terus lembap dan terhindar dari masalah pecah-pecah yang mengganggu.

Mengatasi bibir kering kini bisa kamu lakukan sendiri di rumah dengan 6 cara di atas. Dengan kulit bibir yang sehat dan tampak merah alami, penampilanmu pun otomatis semakin menawan!

Untuk tips lain seputar kesehatan kulit, tanyakan langsung pada dokter yang ahli dalam menanganinya lewat aplikasi Halodoc. Cepat, aman, dan nyaman, komunikasikan segala perihal kesehatan anak secara online yang juga gratis hanya di sini! Dengan menggunakan layanan Pharmacy Delivery, kamu juga bisa mendapatkan vitamin atau suplemen untuk bibir dan sampai ke tempat kamu dalam waktu 1 jam saja. Download langsung melalui Google Play dan App Store sekarang juga!

BACA JUGA: Ini Cara Hilangkan Warna Bibir yang Menghitam