27 October 2016

5 Cara Mudah Hindari Junk Food

HaloDoc, Jakarta Cepat dan praktis jadi alasan makanan cepat saji sering dipilih untuk jadi menu makanan sehari-hari. Meski kandungan kalori dan garam tinggi, rendah gizi juga sarat gula, makanan yang juga populer disebut junk food ini pun kerap kali menjadi penyebab diet Anda gagal.

Tidak sulit kok untuk mengatasi masalah ketagihan junk food. Yuk keluarga HaloDoc, ikuti 5 cara mudah menghindari junk food berikut ini :

 
 

Buatlah batasan dalam kepala Anda dengan selalu mengingat-ingat dampak negatif yang dapat ditimbulkan ketika mengonsumsi junk food. Mulailah membatasi diri untuk tidak meminum soda ketika menyantap junk food. Secara perlahan cara ini akan membuat Anda terbiasa untuk tidak meminum soda.

Pilihlah jenis makanan yang dapat mengalihkan keinginan Anda untuk menyantap junk food. Jenis makanan yang dapat memberikan kepuasan pada Anda ketika menggigitnya. Misalnya saja dark chocolate yang dipadukan dengan stroberi. Jenis makanan ini akan mampu mengalihkan pikiran Anda dari keinginan menyantap junk food yang kurang baik bagi kesehatan.

 
 

Tuliskan target Anda untuk mengenakan pakaian dengan ukuran yang lebih kecil dari yang Anda kenakan sekarang pada selembar post it. Tempelkan post it ini di tempat Anda yang mudah terlihat, misalnya pada pintu kulkas. Cara ini dipercaya ampuh untuk menekan keinginan mengonsumsi junk food.

 
 

Ubahlah camilan ketika menonton televisi dari kentang goreng menjadi buah atau yogurt rendah lemak. Perlahan tapi pasti, nantinya kebiasaan baik ini akan selalu menjadi pilihan Anda.

 
 

Perhatikan waktu istirahat Anda. Jumlah waktu yang dibutuhkan tubuh untuk beristirahat akan mempengaruhi kebutuhan energi yang Anda perlukan. Ketika lelah dan kurang tidur, tubuh akan cenderung memilih makanan yang berkalori tinggi. Untuk itu perhatikan waktu tidur Anda sehingga Anda tidak mengonsumsi kalori secara berlebihan.

Tanyakan pada dokter umum atau dokter gizi kesayangan Anda mengenai menu makanan sehat bagi keluarga pada menu Consultations di aplikasi HaloDoc. Download aplikasinya di App Store dan Google Play.