• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Mudah Menghindari Junk Food
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Mudah Menghindari Junk Food

6 Cara Mudah Menghindari Junk Food

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 04 Februari 2022
6 Cara Mudah Menghindari Junk Food

“Rasa gurih dari junk food kerap menjadi alasan yang membuat orang-orang ketagihan akan junk food. Ingin terbebas dari rasa kecanduan junk food? Kamu harus membuat batasan dalam kepala dengan selalu mengingat-ingat dampak negatif yang dapat ditimbulkan ketika mengonsumsi junk food.”  


Halodoc, Jakarta – Makan junk food secara teratur dapat menyebabkan peningkatan risiko obesitas dan penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, penyakit hati berlemak non-alkohol, dan risiko mengidap beberapa jenis kanker.

Walaupun memiliki dampak yang demikian, junk food sering dijadikan pilihan karena cepat dan praktis. Buat kamu yang merasa kesulitan untuk mengatasi masalah ketagihan junk food, simak tips mudah hindari junk food berikut!

Cara Mudah Menghindari Junk Food

Rasa gurih dari junk food kerap menjadi alasan yang membuat orang-orang ketagihan akan junk food. Ingin terbebas dari rasa kecanduan junk food? Kamu harus membuat batasan dalam kepala dengan selalu mengingat-ingat dampak negatif yang dapat ditimbulkan ketika mengonsumsi junk food. Ini bisa dimulai dengan memilih jenis makanan yang dapat mengalihkan keinginan untuk menyantap junk food. Berikut beberapa cara lainnya:

1. Makan Lebih Banyak Protein

Makan lebih banyak protein dapat mengurangi nafsu makan dan mencegah kamu makan berlebihan, terutama junk food. Makan protein juga dapat mengurangi keinginan ngemil serta membantu merasa kenyang dan puas lebih lama.

2. Menuliskan Target 

Menuliskan target, salah satunya mengenakan pakaian dengan ukuran yang lebih kecil dari yang kamu kenakan sekarang pada selembar post it dapat membantu lebih bersemangat menghindari junk food. Tempelkan post it ini di tempat yang mudah terlihat, misalnya pada pintu kulkas atau di laptop. 

3. Hindari Merasa Sangat Lapar

Kelaparan adalah salah satu alasan terbesar mengapa kamu makan lebih banyak dari seharusnya. Untuk menghindari rasa lapar yang luar biasa, mungkin ada baiknya untuk makan secara teratur dan memiliki stok camilan sehat.

4. Lawan Stres

Stres dapat menyebabkan kamu kurang bisa mengontrol perilaku makan. Wanita yang sedang stres telah terbukti makan lebih banyak kalori secara signifikan dan mengalami lebih banyak mengemil ketimbang laki-laki. Stres juga meningkatkan kadar kortisol dalam darah, hormon yang meningkatkan risiko penambahan berat badan dan lemak terutama pada area perut. 

5. Perhatikan waktu istirahat 

Jumlah waktu yang dibutuhkan tubuh untuk beristirahat akan berpengaruh pada kebutuhan energi yang dibutuhkan. Ketika lelah dan kurang tidur, tubuh akan cenderung memilih makanan yang berkalori tinggi. Untuk itu perhatikan waktu tidur sehingga tidak mengonsumsi kalori secara berlebihan, terutama junk food.

6. Melatih Mindful Eating

Makan dengan penuh kesadaran mengajarkan kamu untuk mengembangkan kesadaran akan kebiasaan makan, emosi, rasa lapar, keinginan mengidam, dan sensasi fisik ketika prosesi makan. Ketika kamu makan dengan penuh kesadaran, kamu bisa membedakan antara keinginan atau kebutuhan akan makan yang sebenarnya. Secara tidak langsung ini akan membantu kamu memilih respons, alih-alih bertindak tanpa berpikir atau impulsif.

Makan dengan penuh kesadaran melibatkan kehadiran fisik dan psikis saat makan. Itu berarti kamu akan memperlambat dan mengunyah secara menyeluruh makanan yang masuk ke mulut, dan makan tanpa melakukan aktivitas lain. 

Itulah informasi mengenai cara mudah menghindari junk food. Kalau kamu mengalami masalah dengan perilaku atau pola makan, segera buat janji pemeriksaan ke rumah sakit lewat aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya? Segera download sekarang juga!


Referensi:
Health Information for Western Australians. Diakses pada 2022. Junk Food.
Healthline. Diakses pada 2022. 11 Ways to Stop Cravings for Unhealthy Foods and Sugar.