5 Faktor Penyebab Alzheimer Pada Seseorang

5 Faktor Penyebab Alzheimer Pada Seseorang
MAKANAN SEHAT 24 June 2017

Halodoc, Jakarta -  Sering kali kita melihat orang di sekitar kita mengalami kepikunan saat usia lanjut, dan hal ini menjadi hal yang wajar dan dimaklumi. Lalu bagaimana jika kepikunan itu terjadi berulang-ulang setiap jam atau menit? Tentunya hal ini harus kita waspadai, sebab bisa jadi kepikunan yang berulang kali disebabkan oleh penyakit Alzheimer.

Penyakit alzheimer merupakan suatu penyakit lupa atau demensia, dimana pengidap akan mengalami penurunan daya ingat serta kemampuan berpikir dan berbicara. Selain itu pengidap akan mengalami perubahan perilaku akibat terjadinya gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan.

Lalu apa yang menjadi penyabab Alzheimer pada seseorang? Hingga saat ini belum ada penyebab pasti dari penyakit alzheimer, tetapi para ahli telah melakukan penelitian yang menemukan bahwa di dalam otak pengidap terjadi pengendapan protein beta-amyloid dan kekusutan neurofibril yang dapat menghalangi suplai nutrisi antar sel otak. Selain itu ada juga faktor penyebab alzheimer yang dapat meningkatkan risiko alzheimer, ini dia:

1.  Usia
Penyebab alzheimer salah satunya adalah usia, penyakit alzheimer rentan diidap oleh orang-orang yang telah berusia di atas 65 tahun (terlebih lagi bagi mereka yang berusia di atas 80 tahun). Akan tetapi, terdapat sebuah kasus yang terjadi terdapat 5% pengidappenyakit alzheimer adalah orang-orang yang berusia 40-65 tahun.

2.  Keturunan/Genetik
Selain faktor penyebab alzheimer adalah usia, faktor lainnya juga bisa berasal dari keturunan/genetik dari garis keluarga. Faktor genetik merupakan salah satu faktor penyebab alzheimer yang bisa muncul sedikit tinggi, dibandingkan dengan faktor lainnya.

3.  Jenis Kelamin
Faktor penyebab alzheimer selanjutnya adalah jenis kelamin. Biasanya wanita lebih memiliki risiko yang lebih besar dibandingkan dengan pria. Mengapa? Karena, harapan hidup wanita lebih besar dibandingkan dengan wanita.

4.  Mengidap Down Syndrom
Ternyata mengidap down syndrom dapat menjadi faktor penyebab alzheimer pada seseorang, gangguan genetik yang menyebabkan terjadinya down syndrom juga dapat menyebabkan penumpukan protein beta-amyloid di otak. Sehingga dapat memicu terjadinya penyakit alzheimer.

5.  Pengidap Gangguan Kognitif Ringan
Seseorang pengidapyang mengidap gangguan kognitif biasanya akan memiliki masalah pada daya ingat, yang dapat menurunkan daya ingat seseorang seiring bertambahnya usia. Hal inilah yang memungkinkan orang tersebut, dapat terkena penyakit alzheimer.


Dari faktor penyebab alzheimer diatas bisa memicu seseorang terkena alzheimer, selain itu penyakit jantung juga dapat memicu seseorang terkena penyakit alzheimer. Waspada apabila kamu sering terpapar asap rokok, jarang berolahraga, jarang mengonsumsi makanan berserat, mengidap kolesterol tinggi, hipertensi, obesitas dan diabetes tipe 2.

Gaya hidup sehat memang syarat utama bagi seseorang agar tidak mengidap penyakit alzheimer, untuk dapat mencegah penyakit alzheimer sebaiknya kamu lebih banyak berolahraga, dan menghindari minuman beralkohol, berhenti merokok, dan menjaga otak agar tetap aktif bekerja.

Apabila kamu ingin berdiskusi langusung dengan dokter mengenai penyakit alzheimer, atau masalah kesehatan lainnya, kini kamu bisa melakukannya secara GRATIS melalui aplikasi Halodoc, yang dapat di download sekarang juga di Google play dan App Store.

BACA JUGA: 8 Kebiasaan Penyebab Beban Pikiran Wanita 


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

17 September 2018

Superman Complex dapat berkembang dari perasaan dan kejadian kecil di sekitar kita. Seperti terlalu seringnya ...

Selengkapnya

SEKS

17 September 2018

Agar tak susah ereksi saat memakai kondom, kenali tiga hal yang bisa memicunya. ...

Selengkapnya

IBU & ANAK

17 September 2018

Agar perkembangan bicara anak lancar, sebaiknya ibu perlu mengetahui dampak gadget bagi dirinya....

Selengkapnya