13 June 2018

5 Hal yang Enggak Boleh Dilupakan saat Mudik

persiapan mudik, hal yang enggak boleh dilupakan saat mudik, kebutuhan saat mudik, stamina saat mudik, mudik nggak loyo

Halodoc, Jakarta – Bagaimana persiapan mudikmu? Yakin semuanya sudah dipersiapkan dengan maksimal? Buat sebagian orang, bisa jadi hari ini adalah hari terakhir masuk kerja dan saatnya mempersiapkan barang-barang yang perlu dibawa untuk persiapan mudik nanti.

Sudah bukan rahasia lagi kalau mudik adalah momen yang terkadang ribet karena serba macet dan bisa bikin stres bila kamu kurang persiapan. Bahkan, kalau persiapan sudah oke sekali pun, terkadang kamu bisa mengalami beberapa kejadian yang tidak terduga. Untuk itu, ada baiknya kamu mempersiapkan hal-hal penting di bawah ini sebelum mudik. (Baca juga: 4 Cara Atasi Pegal Saat Mudik)

  1. Stamina

Stamina wajib menjadi hal yang dipersiapkan secara maksimal. Kalau stamina down, bisa-bisa mudikmu tidak lancar. Apalagi kalau kamu termasuk pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi dan membawa sendiri mobilmu. Pastikan sebelum hari-H mudik, kamu istirahat yang cukup serta mengonsumsi makanan yang sehat dan air putih yang cukup supaya tidak dehidrasi.

  1. Siapkan Makanan dan Camilan Sehat

Biasanya dalam situasi mudik, terjebak macet bukan jadi suatu hal yang aneh. Makanya, supaya rasa lapar tidak mengganggu jalannya mudik, mempersiapkan camilan sehat untuk dimakan di jalan atau pun bekal berbuka di jalan kalau misalnya situasi membuatmu harus berbuka di mobil sangat penting. Sandwich dengan isian daging ayam dan sayur-sayuran bisa jadi pilihan. Kamu juga bisa membawa nasi lengkap dengan lauk-pauk yang disimpan di dalam tempat bekal tahan panas. (Baca juga: Lakukan Ini untuk Hindari Ngantuk saat Mudik)

  1. Bawa Barang Secukupnya

Tidak ada yang salah dengan tampil keren dan gaya di momen Lebaran. Namun, ada baiknya kamu membawa kelengkapan barang secukupnya saja. Jangan membawa barang-barang yang pada akhirnya tidak dipakai dan malah menambah kerepotan. Perhitungkan masa mudikmu dengan cermat, sehingga kamu bisa memperkirakan kebutuhan yang akan kamu gunakan di kampung halaman nanti. Mempersiapkan dan mempertimbangkan jenis kebutuhan seperti pakaian dan lain-lainnya akan membuatmu terhindar dari membawa barang yang tidak perlu. (Baca juga: 5 Cara Agar Enggak Stres Saat Mudik)

  1. Siapkan Kotak Pertolongan Pertama

Kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di jalan. Ada baiknya kamu mempersiapkan kebutuhan obat-obatan untuk pertolongan pertama. Supaya #MudikGakLoyo, wajib dong membawa HANSAPLAST KOYO. Teknologi heat lock-nya dapat menjaga kualitas kehangatan koyo tetap prima dan lebih cepat terasa hangatnya dengan kehangatan dua kali lebih tahan lama. Ada dua jenis pilihan untukmu, HANSAPLAST KOYO Hangat dan HANSAPLAST KOYO panas untuk sensasi #MudikGakLoyo yang lebih “nendang”.

Ketika di situasi mudik kamu butuh rekomendasi mengenai tips sehat selama menjalani mudik atau pun pertanyaan seputar kesehatan lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat. Supaya #MudikGakLoyo, kamu juga bisa membeli HANSAPLAST KOYO di aplikasi Halodoc. Cukup pilih fitur Apotik Antar, pesananmu akan tiba dalam kurun waktu satu jam. Yuk, download di App Store dan Google Play sekarang!

  1. Mempersiapkan Hati dan Berdoa

Supaya perjalanan mudikmu lancar, jangan lupa mempersiapkan hati dan berdoa. Kesiapan ini adalah salah satu hal yang paling penting. Situasi mudik yang ramai dan macet akan memudahkan seseorang untuk cepat marah. Ada baiknya kamu menjaga hati, berusaha tenang, dan merilekskan pikiran supaya tetap santai dan emosi terkontrol dengan baik saat mudik.

Salah satu tips untuk meredakan stres saat mudik adalah dengan memijat bahu dan kedua lengan selama 2-3 menit, menarik napas panjang dan tahan sebentar, lalu hembuskan dengan keras. Selamat mudik ya!