16 April 2018

5 Hobi Yang Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan

5 Hobi Yang Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Bagi sebagian orang, hobi adalah komponen penting yang erat kaitannya dengan kehidupan pribadi. Hobi memberikan kita alternatif kegiatan selain bekerja, tidur, atau menghabiskan waktu dengan pasangan. Hobi sering kali menjadi pelarian kita untuk dapat menghabiskan waktu dengan hal-hal yang positif, dan kebanyakan dari kita melakukannya karena merasa inilah hal yang dapat membuat kita merasa senang. Namun, bagaimana jika ternyata hobi yang biasa kita lakukan ternyata memberi dampak positif bagi kesehatan? Kita akan lebih terdorong untuk melakukannya agar mendapat manfaat yang maksimal. Ingin tahu hobi apa saja yang baik untuk kesehatan, simak ulasannya berikut!

Berkebun

Untuk kamu yang memiliki lahan terbuka di rumah, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan lahan tersebut untuk ditanami dengan beragam tanaman yang bermanfaat agar kualitas hidupmu ikut meningkat. Bayangkan saja betapa banyak kalori yang akan kamu bakar ketika mulai mengubah lahan kosong tersebut menjadi kebun kecil, itu semua akan bermanfaat untuk melatih stamina, fleksibilitas, koordinasi dan memperkuat tubuh kamu. Berkebun juga akan membuatmu terpapar cahaya matahari yang baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Menurut laporan yang termuat dalam PLOS One pada 2014, dengan berkebun setiap hari maka kamu telah mengurangi risiko terserang demensia sebanyak 36 persen serta mengurangi risiko terserang stroke dan serangan jantung sebesar 30 persen.

 

Memelihara Hewan

Selain menjadi teman yang menyenangkan, memelihara hewan ternyata terbukti dapat membuat kamu bertambah sehat. Sebuah studi mengungkapkan bahwa dengan memelihara hewan berati kamu akan melakukan aktivitas dan bersosialisasi di luar ruangan. Ini terbukti bermanfaat untuk menjaga tekanan darah, tingkat kolesterol, dan menghindarkan kamu dari perasaan kesepian. Ini semua berkaitan erat dengan penurunan risiko serangan jantung. (Baca juga: 4 Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak)

 

Menari

Sudah tidak diragukan lagi bahwa menari adalah salah satu aktivitas fisik yang bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Kamu tidak memerlukan banyak alat bantu, cukup kedua tangan dan kakimu serta iringan musik. Menari bersama teman-temanmu juga bisa menambah keseruan. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa menari akan membantumu meningkatkan kesehatan jantung, menambah stamina, dan menguatkan tulang serta otot. Jika kamu merasa rumahmu bukan tempat yang sesuai untuk melakukan hobi ini, kamu dapat bergabung dengan klub salsa, zumba, tango, atau jenis tarian lain yang kamu suka. Di sana pun kamu akan bertemu dengan banyak orang, sehingga banyak melakukan sosialisasi yang baik untuk mencegah depresi.

Bermusik

Mendengarkan atau memainkan instrumen musik dinilai sama-sama memberikan efek positif bagi kesehatan mental dan psikis kamu. Dalam laporan riset yang dilakukan Medical News Today pada tahun 2013, musik ternyata dapat membantu memperkuat sistem imun, menghindarkan kamu dari rasa cemas dan depresi. Musik juga bisa mengurangi risiko Alzheimer (kepikunan) sebab musik memberikan rangsangan internal yang mampu membuat otak kita bekerja secara optimal.

Menulis

Kamu mungkin mengira bahwa duduk dengan laptop atau pensil dan pulpen di meja tidak memberikan dampak yang berarti bagi kesehatan kamu. Eitss, jangan salah dulu! Menulis ternyata mampu meningkatkan kesehatan mental dan psikis kamu, diantaranya meningkatkan memori otak dan mengurangi stres. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa menulis tentang pengalaman pribadi telah membantu para pengidap kanker untuk menerima diri dan penyakit mereka. Hal ini dapat membantu pengidap untuk mengurangi rasa stres dan berpotensi membantu peningkatan hasil terapi fisik.

Kalau kamu ingin tahu hobi lain yang ternyata bermanfaat untuk kesehatan, yuk tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.