27 February 2018

5 Jenis Makanan untuk Mempertajam Memori

5 Jenis Makanan untuk Mempertajam Memori

Halodoc, Jakarta – Masih muda, tapi sering lupa? Kamu enggak perlu panik, karena lupa itu wajar. Biasanya, lupa terjadi karena informasi yang baru kamu dapat belum sampai ke ingatan, atau karena kamu sedang tidak fokus saat mendapatkan informasi dan melakukan aktivitas tertentu.

Jadi, jangan heran jika kamu tiba-tiba lupa dimana meletakan barang, lupa nama orang, lupa sudah memiliki janji, dan hal-hal lainnya. Agar kamu terhindar dari “lupa”, kamu perlu memerhatikan nutrisi otak alias makanan yang kamu konsumsi. Karena sebuah studi menyebutkan bahwa faktor makanan, diet, dan gaya hidup bisa memengaruhi memori atau daya ingat. Lalu, apa saja makanan yang bisa mempertajam daya ingat? Intip di sini, yuk!

1. Blueberry

Blueberry kaya akan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan otak. Kandungan flavonoid pada blueberry juga berperan dalam perbaikan daya ingat. Ini dibuktikan dalam studi di Universitas Exeter. Studi tersebut menemukan bahwa konsumsi jus blueberry bisa memperbaiki fungsi kognitif otak, termasuk daya ingat pada orang yang berusia lebih tua. Studi lainnya juga menemukan bahwa konsumsi blueberry, stroberi, dan buah acai bisa mencegah dan memperlambat penurunan fungsi kognitif dan daya ingat akibat faktor usia.

2. Kafein

Selain rasanya yang enak, kafein juga bisa mempertajam daya ingat. Ini karena menurut sebuah studi, konsumsi kafein dapat menurunkan risiko Alzheimer. Kafein dapat memblokir adenosin, sebuah molekul yang bisa mengganggu fungsi sel saraf dalam otak sehingga membuat otak kesulitan untuk menyimpan informasi baru ke dalam ingatan. Kafein juga telah terbukti dapat meningkatkan komunikasi antar sel saraf yang berperan dalam ingatan di otak. Karena itu, jika kamu tidak sensitif dengan kafein, kamu bisa mengonsumsi kafein seperti kopi/teh setidaknya 2 sampai 4 cangkir per hari untuk mempertajam daya ingat.

3. Ikan

Sebuah studi menemukan bahwa potensi Alzheimer bisa dikurangi dengan banyak mengonsumsi ikan berminyak, seperti ikan salmon, mackerel, tuna, dan ikan lainnya. Alasannya adalah karena ikan mengandung asam lemak omega 3 yang dapat memperbaiki fungsi kognitif dan mempertajam daya ingat. Kandungan omega 3 pada ikan juga bisa memperlambat penurunan mental karena diduga membantu sel-sel saraf berkomunikasi satu sama lain. Ini juga dibuktikan dalam studi yang dilakukan oleh Universitas di Selandia Baru. Studi tersebut menemukan bahwa kandungan asam lemak omeg 3 yang ada di dalam ikan dan makanan laut dapat meningkatkan 15 persen memori otak.

4. Kacang-kacangan

Jika kamu tidak alergi dengan kacang-kacangan, kamu bisa mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang tanah untuk mempertajam daya ingat. Ini karena sebuah studi dari Universitas Loma Linda di California menemukan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan setiap hari dapat meningkatkan fungsi kognitif otak, termasuk daya ingat.

5. Cokelat

Banyak orang gemar makan cokelat. Selain karena rasanya yang enak, cokelat juga dianggap bisa memperbaiki suasana hati. Tapi, tahu enggak kalau ternyata, cokelat bisa membantu meningkatkan memori di otak? Ini didukung oleh sebuah studi yang menyebutkan bahwa konsumsi cokelat bisa memperlancar sirkulasi darah ke bagian otak yang berperan dalam daya ingat. Studi tersebut juga menyebutkan bahwa kandungan anti-oksidan dan flavanol dalam cokelat dapat membalikkan penurunan daya ingat karena faktor usia, sehingga konsumsi cokelat juga bisa mencegah Alzheimer.

Selain beberapa makanan di atas, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin, seperti vitamin B,C,D, dan E untuk mempertajam daya ingat. Kamu bisa mendapatkan vitamin atau produk kesehatan lain untuk daya ingat otak di aplikasi Halodoc. Kamu hanya tinggal download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play. Pesanan yang kamu beli pun akan diantar dalam satu jam.