14 March 2018

5 Jenis Olahraga untuk yang Mager

5 Jenis Olahraga untuk yang Mager

Halodoc, Jakarta – Meskipun olahraga bikin tubuh bugar dan sehat, beberapa orang lebih memilih untuk tidur karena “males gerak” alias mager. Ini karena olahraga dianggap sebagai aktivitas berat yang melelahkan. Padahal, olahraga enggak seberat yang dibayangkan, lho. Karena ternyata, ada beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat malas. Enggak percaya? Cari tahu di sini, yuk!

1. Jalan Kaki

Untuk kamu yang mager lari, kamu bisa menggantinya dengan jalan kaki. Selain lebih praktis, jalan kaki juga akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Diantaranya mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes, dan mencegah osteoporosis. Kabar baiknya, kamu bisa melakukan secara khusus di waktu olahraga, atau melakukannya saat berangkat ke sekolah, tempat kerja, rumah, dan lainnya. Agar mendapatkan manfaat jalan kaki, lakukan setidaknya 30 menit per hari.

2. Naik Turun Tangga

Meskipun disediakan lift di tempat kerja, kamu perlu mencoba naik turun dengan menggunakan tangga. Kalau lantai kerja kamu ada di angka puluhan, kamu bisa mengakalinya dengan keluar dari lift satu lantai sebelum ruangan kamu berada. Karena menurut studi yang dilakukan di Universitas Oregon menyebutkan bahwa naik turun tangga baik untuk menjaga kestabilan tekanan darah, kolestrol, dan kadar gula darah. Selain itu, naik turun tangga juga dapat membentuk otot bagian bawah, meningkatkan stamina, menurunkan risiko diabetes, darah tinggi, osteoporosis, dan sakit jantung.

3. Peregangan

Peregangan (stretching) adalah serangkaian gerakan yang dilakukan untuk melatih fleksibilitas anggota badan, seperti punggung, kaki, dan tangan. Ini dilakukan untuk mengembalikan fleksibilitas otot setelah tubuh melakukan kegiatan berulang atau tidak melakukan gerakan sama sekali dalam beberapa waktu. Itu mengapa beberapa orang akan melakukan peregangan saat sudah terlalu lama duduk di depan laptop. Untuk melakukan ini, kamu enggak perlu pindah dari posisi kamu berada. Cukup berada di tempat kamu berada dan lakukan beberapa gerakan peregangan badan, seperti memutarkan dada, menyentuh ibu jari, dan gerakan lainnya. (Baca juga: Lakukan Gerakan Peregangan Ini Sehabis Bangun Tidur)

4. Planking

Kalau kamu sangat mager untuk bergerak, kamu bisa melakukan planking. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu meletakkan kedua sikut kamu di lantai dan melakukan postur tubuh seperti push up. Tahan posisi planking selama 10-20 detik, istirahat sejenak, lalu lanjut tahan posisi planking lagi, dan lakukan secara berulang hingga beberapa kali. Meskipun gerakannya sederhana, jika dilakukan secara rutin, planking bermanfaat untuk menguatkan otot perut, meningkatkan fleksibilitas tubuh, meningkatkan keseimbangan dan performa tubuh.

5. Bersih-Bersih Rumah

Meskipun sepele, bersih-bersih rumah termasuk jenis aktivitas fisik yang bisa membakar kalori, lho. Jadi, kalau kamu mager olahraga, kamu bisa mencoba alternatif lain seperti bersih-bersih rumah. Karena tanpa disadari, bersih-bersih rumah seperti mengepel, menyapu, merapihkan tempat tidur, mencuci baju, menjemur baju, dan membersihkan jendela juga bisa membentuk lengan, meningkatkan fleksibilitas, dan mengencangkan otot-otot tubuh.

Jadi, kalau kamu mager olahraga, kamu bisa mencoba lima jenis olahraga yang cocok dilakukan saat malas di atas. Nah, agar kamu enggak panik saat tiba-tiba cedera, kamu bisa menanyakan ke dokter Halodoc tentang pertolongan pertama saat cedera. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play, lalu masuk ke fitur Contact Doctor untuk bertanya pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice Call, atau Video Call.