27 April 2018

5 Langkah Atasi Gangguan Tidur Anak Down Syndrome

5 Langkah Atasi Gangguan Tidur Anak Down Syndrome

Halodoc, Jakarta — Orang tua yang merawat anak down syndrome mungkin akan menghadapi situasi ketika anak mengalami kesulitan tidur. Meskipun hampir semua anak berkebutuhan khusus dapat tidur seperti biasa, mengantar anak dengan down syndrome untuk tidur tidak mudah dika dibandingkan dengan anak-anak pada umumnya. Ibu bisa melakukan 5 langkah ini untuk membantu mengatasi gangguan tidur pada anak.

  1. Persiapan Mental

Orang tua harus memahami bahwa terkadang dibutuhkan waktu lebih lama untuk mengantar anak ibu untuk tidur. Bersabarlah dan belajarlah untuk memakluminya.

  1. Minta Bantuan

Karena merawat anak Down syndrome lebih sulit ketimbang merawat anak biasa, jangan sungkan meminta bantuan dari suami, anggota keluarga, atau teman bila membutuhkannya. Ingat, ibu juga  perlu beristirahat ya.

(Baca juga: Tips Menjadi Suami Siaga)

  1. Menyesuaikan Kebutuhan Anak

Perhatikan apa yang menjadi kebutuhan anak. Misalnya, jika anak ibu mengalami masalah pernapasan, bantulah ia untuk melakukan latihan penapasan.

  1. Ciptakan Rutinitas

Membuat jadwal tidur anak pada jam yang sama setiap hari akan membantu anak mengerti bahwa tidur adalah rutinitas yang harus dilakukan setiap hari. Jadi ibu juga perlu lebih disiplin ketika mengantar anak tidur.

  1. Komitmen agar Tidak Mudah Menyerah

Mengantar anak berkebutuhan khusus untuk tidur juga membutuhkan komitmen yang kuat. Jangan menyerah hanya dalam beberapa hari. Karena bisa jadi di hari, minggu, atau bulan berikutnya, gangguan tidur tersebut bisa diatasi.

(Baca juga: Ini Cara Merawat Anak dengan Sindrom Down)

Jika ibu mengalami kesulitan mengatasi masalah tidur pada anak down syndrome, mintalah saran dari dokter, salah satunya lewat aplikasi Halodoc. Ibu bisa berdiskusi langsung mengenai cara merawat anak down syndrome dengan para dokter melalui layanan Video/Voice Call atau Chat. Selain itu, dengan aplikasi Halodoc, ibu juga bisa membeli berbagai kebutuhan seperti vitamin dan obat-obatan, serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Yuk download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang!