27 April 2018

5 Langkah Mencegah Penurunan Kemampuan Indera Penciuman

5 Langkah Mencegah Penurunan Kemampuan Indera Penciuman

Halodoc, Jakarta – Ada beberapa jenis gangguan indera penciuman yang mungkin terjadi pada seseorang. Salah satunya adalah anosmia. Apa sih sebenarnya pengertian anosmia? Anosmia adalah gangguan indera penciuman yang menyebabkan hilangnya kemampuan si pengidap dalam mencium sebagian atau bahkan seluruh aroma.

Umumnya anosmia disebabkan oleh tersumbatnya hidung oleh lendir yang melapisi bagian dalam hidung. Penyebabnya munculnya lendir ini bermacam-macam. Mulai dari pilek, sinusitis, reaksi alergi, hingga reaksi sistem pernapasan atas kualitas udara yang buruk. Lima langkah ini bisa menghindarkanmu dari anosmia.

 

  • Memeriksakannya ke Dokter

 

Jika kamu merasakan gejala-gejala anosmia, kamu perlu segera memeriksakannya kepada dokter. Dokter akan membantu memastikan apakah yang kamu rasakan adalah gejala anosmia atau bukan, sehingga dokter bisa memberikan pengobatan yang sesuai. Sebagai langkah awal, kamu juga bisa berdiskusi dengan dokter ahli melalui Voice/Video Call atau Chat di aplikasi Halodoc.

 

  • Menghindari Penyebab Infeksi pada indera penciuman

 

Menjauhi penyebab infeksi pada indera penciuman adalah langkah pencegahan terhadap muculnya gejala anosmia. Bukankah mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati?

 

  • Menghindari Debu yang Berlebih

 

Debu yang berlebihan bisa menyebabkan alergi, pilek, atau gangguan pernapasan lain. Kondisi ini akan memicu masalah penciuman hingga terjadinya anosmia. Karena itu salah satu cara mencegah anosmia adalah menghindari debu secara berlebih masuk ke dalam hidung.

(Baca juga: Agar Tetap Nyaman, Pastikan Sering Membersihkan Karpet)

 

  • Mencegah Terjadinya Sinus

 

Infeksi sinus pada saluran pernapasan menjadi salah satu pemicu anosmia. Mencegah penyakit yang menyebabkan sinus berarti mencegah terjadinya anosmia pula.

 

  • Menjaga Kekebalan Tubuh

 

Memiliki daya tahan tubuh yang kuat menyebabkan seseorang bisa terhindar dari beragam penyakit. Dengan menjaga kesehatan serta kekebalan tubuh, kamu bisa terhindar dari risiko terserang berbagai macam penyakit termasuk  anosmia. Konsumsi makanan kaya nutrisi dan berolahraga secara rutin bisa meningkatkan dan menjaga kekebalan tubuh.

(Baca juga: Serba-serbi Bersin, Ini yang Perlu Diketahui)

Masih ingin tahu lebih banyak tentang pengertian anosmia dan perawatannya? Ayo download aplikasi Halodoc di gadget kamu. Di aplikasi Halodoc, selain bisa berkomunikasi dengan dokter favorit, kamu juga bisa beli obat atau vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Tak hanya itu, setelah unduh aplikasi Halodoc di App Store atau Play Store, kamu dapat melakukan cek lab juga tanpa perlu keluar rumah, lo. Mudah bukan?