15 May 2018

5 Langkah Mengelola Perawatan Emfisema

5 Langkah Mengelola Perawatan Emfisema

Halodoc, Jakarta – Hidup dengan penyakit paru-paru kronis menghadirkan banyak tantangan. Gejala seperti sesak napas, batuk, dan kelelahan yang mudah terjadi  membuat tugas sehari-hari menjadi sulit. Rasanya seperti tidak ada cara untuk mengatasi emfisema.

Memang emfisema termasuk ke dalam kategori Penyakit Paru Obstruktif Kronik yang lebih berat (PPOK), yang merusak kantung kantung udara di paru-paru sehingga membuat sulit bernapas. Namun, untuk membantu mengatasi emfisema ada 5 langkah yang bisa kamu lakukan.

  1. Selalu Siap untuk Keadaan Darurat

Dari cuaca buruk hingga tiba-tiba gejala emfisema kambuh, harus selalu ada persiapan untuk keadaan darurat ini. Simpanlah daftar obat, dosis, petunjuk penggunaan dan daftar makanan, pengobatan, dan alergi lingkungan di dalam dompet. Ingat juga untuk menyertakan nama dokter, nomor telepon mereka, serta nama dan nomor telepon teman dan keluarga yang dapat dihubungi di daftar obat tersebut. Selalu bawa inhaler dan obat lain yang disarankan dokter untuk keadaan darurat.

  1. Menerima Dukungan Emosional

Mengidap penyakit kronis membuat setiap hari menjadi penuh tantangan. Wajar saja bila rasanya terkadang merasa frustrasi, marah, takut, khawatir dan depresi. Perubahaan perasaan ini sangat normal, tetapi jangan biarkan kamu merasa menjadi semakin buruk akibat emosi tersebut. Untuk merasa lebih baik, ceritakanlah dengan teman atau keluarga terdekat.

Keluarga dan teman dekat pasti akan selalu ada untuk memberikan dukungan. Selain keluarga dan teman, kamu juga bisa menghubungi dokter favorit di aplikasi Halodoc melalui voice/video call dan chat untuk menceritakan kesulitanmu.

  1. Hindari Penyebab Iritasi pada Paru-paru

Untuk mengatasi emfisema, penting menghindari iritasi paru-paru. Polusi udara dalam jumlah tinggi, alergen udara, asap, dan asap kimia bisa membuat pernapasan terganggu. Tinggal di dalam rumah selama berhari-hari dengan kualitas udara yang buruk juga bisa menjadi pemicu. Belum lagi pembersih rumah tangga, parfum dan alergen dalam ruangan, seperti debu dan jamur. Carilah pembersih yang tidak mengganggu emfisema.

  1. Temui Dokter secara Teratur

Untuk mengatasi emfisema, penting menemui dokter secara teratur. Dokter akan memantau paru-paru, gejala, dan rencana perawatan. Saat bertemu dengan dokter, buatlah daftar pertanyaan atau masalah yang kamu hadapi, sehingga bisa mendiskusikannya dengan dokter.

  1. Ikuti Rencana Pengobatan untuk Mengatasi Emfisema

Meskipun tidak ada obat untuk emfisema, ada pilihan pengobatan yang tersedia untuk membantu kamu mengelolanya dan memiliki kualitas hidup terbaik. Bekerja samalah dengan dokter untuk mengembangkan rencana perawatan terbaik.


Nah, ini dia 5 langkah mengelola perawatan emfisema yang bisa kamu lakukan. Pertanyaan lainnya tentang penyebab emfisema bisa kamu tanyakan kepada dokter di aplikasi Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa beli obat/vitamin dan cek lab tanpa perlu keluar rumah. Mudah dan praktis. Ayo, unduh aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!