27 April 2018

5 Langkah Sederhana Menjalani Emfisema dengan Lebih Baik

5 Langkah Sederhana Menjalani Emfisema dengan Lebih Baik

Halodoc, Jakarta – Emfisema atau napas pendek termasuk ke dalam kategori Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). Ada pilihan untuk mengobati emfisema, seperti terapi sel induk, terapi inhaler, dan oksigen. Meski begitu, mengetahui hal-hal sederhana yang mudah kamu terapkan di keseharian bisa membantumu bernapas lebih lega.

Ada 5 langkah sederhana menjalani emfisema dengan lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup kamu meskipun mengidap penyakit paru-paru ini.

  1. Berhenti Merokok

Ini penting dilakukan. Jika kamu mengidap emfisema, saat ini juga, berhentilah merokok. Bagi para pengidap gangguan pernapasan, merokok bisa memperburuk keadaan. Asap rokok adalah salah satu penyebab iritasi dan emfisema yang cukup fatal. Penelitian menunjukkan bahwa asap bisa menurukan keseluruhan umur hingga 6 menit, lo. Satu bungkus rokok mengurangi harapan hidup hingga 3 jam 30 menit. Nah, coba kamu bayangkan jika menghisap sebungkus rokok setiap hari selama satu tahun.

(Baca juga: Faktanya Merokok Turunkan Kualitas Sperma)

  1. Hindari Udara Kotor

Bagi pengidap irtasi paru-paru, kualitas udara menjadi sangat penting. Kualitas udara di sekitar kamu bisa memiliki dampak besar sebagai penyebab emfisema. Partikel udara yang buruk dapat memperburuk perkembangan penyakit. Usahakan ruang kerja bebas dari asap rokok, serta hindari lingkungan dengan kualitas udara yang buruk.

  1. Pertahankan Imun Tubuh

Tahukah kamu bahwa dua kelompok yang paling berisiko terkena virus flu adalah anak kecil dan manula? Ini karena sistem kekebalan tubuh mereka lebih lemah. Mengalami flu bisa jadi sangat mengganggu dan berisiko bagi pendertia gangguan pernapasan. Karena itu, pastikan juga selalu mendapatkan vaksinasi flu secara teratur untuk memastikan kesehatan kamu.

  1. Bersihkan Rumah dan Lingkunganmu

Bagi pengidap emfisema, penting sekali tinggal di rumah dengan oksigen berlimpah dan udara murni. Rumah harus menjadi tempat perlindungan dari pengaruh luar yang dapat memperburuk perkembangan penyakit. Lantas, bagaimana cara membersihkannya? Saat ini ada berbagai produk alami untuk membantu membersihkan udara, seperti arang bambu. Selanjutnya, tingkatkan oksigen di sekitar kamu dengan menanam beberapa tanaman di lingkungan rumah. Selain menghasilkan oksigen, tanaman ini membersihkan karbondioksida.

(Baca juga: Agar Tetap Nyaman, Pastikan Sering Membersihkan Karpet)

  1. Diet dan Olahraga

Diet dan olahraga adalah kunci kesehatan semua orang, baik penderita penyakit paru atau tidak. Namun, bagi mereka yang hidup dengan penyakit paru-paru kronis, diet dan olahraga yang tepat dapat menjadi faktor penentu kesembuhan.

Mulailah dengan diet. Tingkatkan asupan protein melalui makanan bermanfaat seperti ayam panggang, kacang-kacangan, susu almond atau kedelai. Perbanyak makan buah, karena buah mengandung antioksidan alami yang membantu mengurangi peradangan kronis. Makanlah banyak ikan karena asam lemak omega-3 dan omega-6 bermanfaat bagi keseluruhan tubuh, termasuk paru-paru. Pastikan untuk memasukkan sayuran berdaun besar dan berwarna hijau untuk membantu memperbaiki tingkat energi dan memberi vitamin penting pada tubuh, seperti Vitamin K dan A.

Selanjutnya, atur olahraga kamu. Lakukan dari yang paling mudah seperti berjalan kaki di halaman. Untuk mengetahui jenis olahraga yang tepat untuk pengidap emfisema, kamu bisa tanyakan langsung ke berbagai dokter ahli dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa berdiskusi melalui Voice/Video Call dan Chat. Selain itu, di Halodoc kamu juga bisa menggunakan Lab Service untuk tes lab tanpa keluar rumah. Praktis kan? Unduh aplikasi Halodoc di Play Store atau App Store sekarang, ya!