10 July 2018

5 Macam Penyakit Perut yang Sering Terjadi

penyakit perut, maag, diare,usus buntu,sakit perut

Halodoc, Jakarta – Di antara kita semua pasti pernah mengalami sakit perut, mulai dari yang ringan hingga berat. Akan tetapi, sebagian besar penyakit tersebut bukanlah ancaman yang serius. Meski begitu, kamu tidak bisa mengabaikannya begitu saja, karena bisa jadi ini merupakan gejala dari sebuah penyakit yang lebih serius lagi. Apa saja sih penyakit perut yang biasa terjadi? Berikut ulasannya!

  1. Maag

Penyakit maag ialah jenis penyakit perut yang paling banyak dialami orang. Gejalanya antara lain rasa nyeri di area ulu hati disertai keluhan lain seperti mual, muntah, perut kembung, cepat kenyang, dan bersendawa – terutama ketika kamu merasa lapar. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari makanan yang mengandung gas seperti kol, ubi, dan sawi atau juga karena minuman seperti kopi, alkohol, dan soda.

Tidak hanya itu, maag juga bisa muncul akibat stres, kebiasaan merokok, dan efek obat-obatan semisal obat rematik. Penyembuhannya cukup mudah, kamu hanya perlu meminum obat antimaag yang mengandung antasida untuk menghilangkan gejalanya. Kamu yang sering terserang maag pun harus makan dengan teratur ke depannya.

Baca juga: Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Maag

  1. Diare

Penyakit ini menyebabkan tinja yang kamu keluarkan wujudnya menjadi sangat encer. Saat terserang diare pun intensitas buang air besar akan semakin sering dan membuat cairan tubuh berkurang dan membuat tubuh si pengidap menjadi lemas. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja dan biasanya disebabkan karena kontaminasi bakteri dan virus pada makanan yang kamu makan. Untuk menyembuhkannya, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengganti cairan tubuh dengan meminum oralit. Antibiotik juga diperlukan untuk membunuh kuman.

  1. Sembelit

Berkebalikan dengan diare, penyakit ini akan membuat penderitanya mengalami kesulitan buang air besar. Para penderita sembelit biasanya hanya akan buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu. Padahal normalnya, manusia buang air besar dalam seminggu 5 hingga 7 kali, bahkan lebih sesuai dengan kondisi orang tersebut. Gejala yang dialami oleh para penderita sembelit ialah sakit ketika buang air besar dan memiliki perut yang buncit. Penyebab sembelit adalah kurang konsumsi makanan berserat dan kurang minum air putih.

  1. Usus Buntu

Penyakit ini agak berbahaya dan butuh pembedahan untuk menyembuhkannya. Usus buntu sendiri ialah organ dalam tubuh yang berbentuk seperti kantong kecil dan tipis dengan ukuran 5-10 sentimeter. Penyakit usus buntu ialah peradangan atau pun pembengkakan yang terjadi pada usus buntu. Gejala untuk penyakit ini ialah nyeri yang parah pada bagian perut, kesulitan untuk membuang gas, serta mengalami mual dan muntah muntah. Penyebab penyakit usus buntu ini adalah batu empedu dan infeksi bakteri. Peradangan yang terjadi pada usus buntu pada umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella dan Shigella.

Baca juga: Dapatkah Usus Buntu Ditangani Tanpa Operasi? Berikut Ulasannya

  1. Disentri

Penyakit yang biasa terjadi di wilayah tropis ini ditandai dengan infeksi pada usus dan menyebabkan darah keluar bersamaan dengan tinja. Penyakit ini pun menyebabkan tinja yang keluar menjadi cair seperti saat sedang diare. Gejalanya antara lain adalah kram perut, mual dan muntah, dan demam tinggi. Penyebabnya bakteri Shigella basiler dan Entamoeba histolytica.

Cara mudah untuk menghindari penyakit perut yang biasa terjadi di atas adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga kebersihan makanan dari lalat dan kotoran. Nah, jika kamu mengalami salah satu penyakit di atas, segera periksakan dirimu dengan dokter handal di Halodoc. Kamu dapat memanfaatkan fitur Voice Call/Video Call dan Chat untuk menghubungi dokter kapan pun dan di mana pun. Yuk, download Halodoc sekarang juga!