20 July 2017

5 Makanan Penyebab Depresi Makin Parah

5 Makanan Penyebab Depresi Makin Parah

Halodoc, Jakarta - Tidak sedikit orang yang menjadi lebih banyak makan saat merasa tertekan. Namun tak banyak yang benar-benar memilih makanan sehat untuk mengatasi perasaannya yang tidak menentu. Bukannya semangkuk besar salad dan ikan panggang yang rendah kalori, namun justru sepiring nachos dan pizza adalah pilihan untuk mengalihkan perasaan stres.

Namun tahukah kamu jika pemilihan jenis makanan tidak tepat justru membuat perasaan tertekan jadi semakin parah? Menurut Keri Glassman, RD pendiri dari NutritousLife “Saat stres atau merasa tertekan, beberapa makanan tertentu justru dapat mengganggu suasana hati.” Ini artinya perasaan tertekan yang kamu rasakan justru bisa berubah jadi depresi dan semakin parah.

1.  Cookies
Rasa manis dari camilan yang satu ini memang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan tentu saja membuat suasana hati jadi “agak” membaik. Namun,  itu hanya untuk sementar karena saat kadar gula turun maka suasana hati juga ikut merasa lebih tertekan. Dalam penelitian ditemukan bahwa seorang wanita yang mengonsumsi makanan manis saat merasa stres, kadar gulanya meningkat. Lalu ia berisiko merasa depresi. Sebaliknya, jika memilih makanan seperti gandum utuh, buah dan sayur maka akan menurunkan risiko depresi.

2.  Minuman Berenergi
Selain teh atau kopi hangat dan jus buah, banyak juga yang memilih minuman berenergi untuk diminum pagi hari. Namun sayangnya, sedikit saja kafein justru berkontribusi dalam menimbulkan perasaan khawatir dan depresi, ungkap Rebecca Lee, pendiri dari RemediesForMe.

Bahkan kombinasi gula dan kafein juga sangat tidak disarankan untuk kamu yang sedang merasa tertekan, lho.  Ini karena dua zat ini mengacaukan kadar gula darah, menurut Glassman ini yang menyebabkan otak jadi stres dan menyebabkan kamu lebih merasa tertekan.

3.  Alkohol
Memang mengonsumsi wine memberikan kamu rasa rileks. Namun itu justru membuat mood kamu nantinya terasa lebih tertekan. Menurut Rebecca Lee, “Alkohol adalah pusat sistem perasaan tertekan. Dan inilah yang mengendalikan pikiran dan emosi.” Saat minum alkohol, memang benar perasaan tertekan ini berkurang namun sebenarnya ini hanya diperlambat dan menjadi menumpuk sehingga membuatnya semakin parah.

Selain itu, minum alkohol berlebihan juga bisa menyebabkan impulsif yang membuat kamu lebih mudah mengambil keputusan yang tidak benar. Misalnya saja bertengkar dengan seseorang atau bahkan melakukan panggilan yang tidak diinginkan melalui telepon.

4.  Asparteme
Ini biasa ditemukan di minuman soda diet, gelatin dan bahkan di beberapa sereal untuk sarapan. Menurut studi di University of Northwestern Ohio, ilmukan menemukan bahwa aspartame memburuk gejala depresi bagi orang yang memiliki riwayat depresi sebelumnya.

5.  Minyak Kedelai
Ini adalah jenis lemak jenuh yang kandungannya banyak terdapat di makanan kemasan. Berdasarkan studi oleh PLOS ONE ditemukan bahwa minyak jenus menjadi penyebab inflamasi. Makanan yang mengandung ini, 48 persen meningkatkan risiko depresi dan 30 persen menjadi penyebab inflamasi di otak.

Nah, agar perasaan tertekan dan mood kamu tidak semakin buruk sebaiknya hindari kelima jenis makanan ini saat kamu stres. Pilih makanan rendah lemak dan tinggi serat, ya. Jika butuh gula untuk menaikkan kadar gula, sebaiknya pilih makanan dari gula alami seperti buah atau salad.


Apabila kamu butuh saran dari dokter maka tak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter pilihan kamu melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, kamu juga membeli produk kebutuhan medis yang kamu butuhkan juga melalui Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play.