22 June 2018

5 Makanan yang Dapat Membantu Kesehatan Kulit

makanan untuk kesehatan kulit, tips menjaga kesehatan kulit, makanan untuk kulit

Halodoc, Jakarta – Kulit sehat merupakan impian setiap orang. Tidak heran banyak orang berlomba untuk membuat kulit mereka terlihat halus dan bercahaya dengan melakukan perawatan-perawatan yang cukup mahal untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, banyak cara membuat kulit kamu tetap terjaga sehat. Beberapa cara di antaranya adalah dengan menggunakan tabir surya saat bepergian pada siang hari atau mengonsumsi beberapa makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kamu.

Baca juga: 6 Hal yang Bikin Kulit Kusam dan Enggak Glowing

Mengonsumsi sayur dan buah tentu akan membantu kamu untuk menjaga kesehatan kulit kamu, karena kandungan nutrisi dan gizi yang ada pada sayuran dan buah. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kamu.

 

  • Stroberi

 

Menurut penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition, buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti stroberi nyatanya dapat menghindari kulit kamu dari keriput-keriput halus yang muncul karena faktor usia atau polusi udara. Vitamin C pada stroberi berfungsi untuk melembabkan kulit karena vitamin C mengandung zat yang dapat menetralkan radikal bebas akibat sinar UV.

Kulit wajah yang halus merupakan dambaan setiap wanita. Stroberi nyatanya bisa membantu kamu untuk mendapatkan wajah yang halus dan berseri. Dalam stroberi terdapat kandungan seperti provitamin 1, vitamin B1, dan vitamin B2 yang mampu menghaluskan kulit di sekitar wajah.

 

  • Brokoli

 

Kandungan vitamin C dan E pada brokoli nyatanya mampu memberikan efek yang baik untuk kulit kamu. Vitamin C dapat membantu kulit memproduksi kolagen, sehingga kulitmu akan terlihat lebih segar dan juga bisa menghindari kamu dari penuaan dini. Selain itu, brokoli nyatanya bisa kamu gunakan sebagai tabir surya alami karena brokoli mengandung sulforafane yang dapat membuat kulit kamu lebih kuat dari paparan sinar UV. Kandungan nutrisi dan gizi yang ada pada brokoli ini nyatanya bisa mengurangi risiko terkena kanker kulit.

 

  • Tomat

 

Tomat kaya akan antioksidan alami yang sering disebut dengan likopen. Likopen merupakan salah satu zat yang dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan tumbuhnya sel kanker. Selain itu, likopen juga berfungsi untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari, sehingga membuat kulit kamu cerah dan terlihat lebih muda. Vitamin C dan kolagen yang terkandung dalam tomat juga bermanfaat untuk menjaga kelembapan pada kulit kamu.

 

  • Tahu Putih

 

Tahu putih nyatanya dapat membantu produksi kolagen yang dapat membantu kamu untuk melembutkan kulit, karena pada tahu putih terdapat kandungan isoflavone. Selain itu, kandungan lain seperti selium pada tahu putih dapat menangkal radikal bebas, sehingga kesehatan kulit kamu tetap terjaga. Kandungan protein yang tinggi juga membantu kamu dalam meregenerasi kulit kamu. Jika kamu rajin mengonsumsi tahu putih, kamu akan terhindar dari garis halus pada wajah dan membantu pengelupasan sel kulit mati.

 

  • Salmon

 

Ya, mengonsumsi ikan salmon nyatanya bisa membantu menjaga kesehatan kulit kamu. Ikan salmon adalah salah satu sumber utama lemak omega 3 terbaik yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit kamu. Dengan mengonsumsi salmon, kamu bisa memiliki kulit yang lebih cerah dan terhindar dari kulit kusam.

Baca juga: 7 Manfaat Salmon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain makanan, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup agar kesehatan kulit kamu tetap terjaga. Jika kamu memiliki keluhan mengenai kesehatan kulit, jangan lupa untuk tanyakan pada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!