27 April 2018

5 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Kanker Prostat

5 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Kanker Prostat

Halodoc, Jakarta – Agar penyakit kanker prostat tidak menjadi semakin parah, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya harus dihindari. Apa saja jenis makanan yang sebaiknya dihindari tersebut?

  1. Daging Merah

Pantangan ini memang bisa menjadi berita buruk bagi pencinta barbeque. Penelitian membuktikan daging merah bisa meningkatkan risiko kanker prostat. Memotong asupan daging dan lebih banyak memakan buah dan sayuran adalah pilihan bijak untuk memperlambat pembesaran kelenjar prostat.

  1. Susu

Susu tidak dianjurkan bagi pengidap kanker prostat karena kandungan kalsiumnya. Asupan kalsium berlebih ternyata meningkatkan risiko kanker prostat stadium lanjut. Kalsium tetap menjadi nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Namun konsumsi kalsium yang terlalu banyak tidak baik bagi kanker yang sulit dideteksi ini.

Nah, selain susu, pengidap kanker prostat juga perlu berhati-hati, bahkan pada sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kangkung. Kacang-kacangan seperti kedelai dan almond juga perlu dihindari. Ini karena makanan-makanan tersebut mengandung kadar kalsium yang cukup tinggi.

  1. Keju

Selain perlu dihindari karena kandungan kalsiumnya, keju juga tinggi akan kandungan lemak jenuh dan ini berisiko bagi pengidap kanker prostat. Di sisi lain, sebuah studi menyatakan bahwa laki-laki yang lebih banyak mengonsumsi makanan tinggi kadar lemak tak jenuh ganda memiliki risiko kanker prostat yang lebih rendah. Lemak tak jenuh ganda biasanya ditemukan pada ikan dan kacang-kacangan.

Selain keju, makanan cepat saji, makanan yang digoreng, dan makanan olahan juga berbahaya karena mempunyai kadar lemak jenuh yang tinggi.

(Baca juga: Say Yes! Jangan Lagi Takut Gendut Karena Keju)

  1. Gula

Asupan gula tinggi meningkatkan peradangan di tubuh, termasuk prostat. Jika kamu ingin menjaga kesehatan prostat, sebaiknya mulailah mengurangi konsumsi gula harian kamu. Kamu bisa berdiskusi dengan para dokter di aplikasi Halodoc mengenai cara mengurangi asupan gula harianmu. Sangat mudah dan praktis, melalui Video/Voice Call atau Chat.

  1. Bir

Jenis makanan atau minuman lainnya yang benar-benar harus dihindari bagi pengidap kanker prostat adalah bir. Jika selama ini bir menjadi minuman favorit kamu, kamu harus berusaha untuk mengurangi atau bahkan berhenti meminumnya. Karena kandungan ragi di dalam bir memiliki efek berbahaya bagi kelenjar prostat.

Kira-kira apalagi ya makanan yang tidak disarankan bagi kanker prostat dan penyakit lainnya? Di aplikasi Halodoc kamu bisa mencari tahu jawabannya. Lewat layanan tanya dokter yang selalu dengan mudah terhubung. Kamu juga bisa membeli obat lewat layanan Apotek Antar di aplikasi ini. Juga cek lab lho. Semuanya mudah dan praktis. Yuk… download sekarang aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play.

(Baca juga: Pankreatitis Akut, Penyakit yang Memaksa Avicii Pensiun Dini)