5 Manfaat Curhat dengan Dokter

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Manfaat Curhat dengan Dokter

Halodoc, Jakarta - Hidup di zaman modern menuntut masyarakat untuk menjalani aktivitas yang sangat dinamis. Tak jarang, orang jadi mengabaikan kondisi kesehatannya karena terlalu disibukkan dengan rutinitas pekerjaan setiap hari. Akibatnya, tidak sedikit orang yang baru mengetahui dirinya mengidap penyakit tertentu dan terlambat memberikan penanganan medis yang sesuai.

Perlu diketahui, jika ada penyakit yang tidak memberikan gejala awal yang bisa diketahui oleh pengidap. Untuk itu, sering melakukan diskusipada dokter bisa menjadi upaya untuk mencegah segala kemungkinan terburuk bagi kesehatan Anda. Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari melakukan diskusi ke dokter, yaitu:

1.    Bisa Mencegah Terkena Penyakit
Terkadang dengan sibuknya aktivitas yang telah dilakukan sehari-hari, seseorang seringkali tidak memperhatikan urusan kesehatan dirinya. Ketika penyakit datang, umumnya mereka baru curhat pada dokter. Setelahnya, ia baru menyadari bahwa di dalam tubuhnya terdapat penyakit berbahaya. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan pengecekan kesehatan secara berkala agar penyakit berbahaya bisa dideteksi lebih cepat dan jika ada kemungkinan risiko penyakit berbahaya menyerang tubuh, Anda bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat.

2.     Adanya Informasi Tentang Gaya Hidup Sehat Terbaru
Anda bisa menceritakan gaya hidup apa yang cocok dengan diri Anda. Kebutuhan akan gaya hidup untuk tiap orang memang berbeda-beda yang disebabkan karena aktivitas tiap orang satu sama lain berbeda. Maka dari itu,  manfaat melakukan diskusi dengandokter salah satunya adalah bisa mengetahui pola hidup yang lebih baik untuk Anda aplikasikan.

3.     Keluhan Kesehatan Bisa Segera Anda Atasi
Dengan menceritakan pada dokter secara rutin, Anda bisa mendeteksi segala masalah atau keluhan yang dialami. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui penyebab dari sakit yang diidap serta mendapatkan penanganan secara cepat. Jika Anda mengabaikan dan meremehkan gejala yang timbul dalam tubuh, maka bisa muncul sebuah penyakit di luar yang Anda bayangkan selama ini. 

4.     Mengetahui Makanan yang Baik untuk Kesehatan Diri
Setiap orang memiliki kebutuhan gizi yang berbeda-beda. Melalui diskusi ke dokter, Anda bisa tahu makanan apa saja yang baik  dan buruk bagi kesehatan Anda.

5.    Mendapat Saran Diet yang Tepat
Untuk wanita yang selalu memperhatikan kecantikan dan bentuk tubuh yang ideal, dan sedang ingin melakukan diet, ada baiknya Anda menceritakan pada dokter, agar mendapat arahan yang tepat terkait kebutuhan gizi selama menjalani masa diet.

Bicarakan Masalah Kesehatan Pada Dokter Melalui Aplikasi
Berbicara dengan dokter, pada umumnya dilakukan di tempat praktik seperti rumah sakit atau klinik dokter yang menjadi pilihan. Untuk bertemu dokter, mau tidak mau Anda harus pergi ke tempat praktik dan meninggalkan segala aktivitas yang sedang dijalani. Belum lagi Anda harus membuat janji dengan dokter yang belum tentu dokter available di saat Anda sakit.

Tapi hal tersebut merupakan cara lama. Dengan kecanggihan teknologi, kini berbicara pada dokter bisa dilakukan lewat internet atau menggunakan aplikasi. Sudah banyak perusahaan start up yang mengembangkan aplikasi di bidang kesehatan dengan membuat  aplikasi untuk berbicara ke dokter. Berbeda dengan dokter di tempat praktik, dokter yang dapat diakses melalui aplikasi ini akan cepat diminati masyarakat karena layanan yang diberikan cukup responsif dan waktu yang lebih fleksibel (dapat dihubungi setiap saat).

Halodoc menjadi salah satu aplikasi kesehatan yang saat ini banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk mempermudah Anda memeriksakan kondisi kesehatan atau membeli obat yang diperlukan lewat smartphone. Halodoc menjadi platform kesehatan yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan dokter ahli pilhan lewat voice/video call dengan mengunduh aplikasi Halodoc di App Store untuk Apple atau Google Play untuk Android.