27 June 2018

5 Manfaat Ikan Sarden Bagi Kesehatan

manfaat ikan sarden, omega 3, diet sehat

Halodoc, Jakarta – Saat sedang malas memasak, biasanya kita tergoda untuk membuat makanan instan atau pergi ke restoran cepat saji. Hal ini sebetulnya tidak dilarang, tapi ada baiknya agar tidak terlalu sering dilakukan. Sebab, makanan yang tidak kita olah sendiri akan sulit dikontrol kandungan gizinya. Nah, ada salah satu bahan makanan yang biasa dijual kalengan dan dapat langsung diolah dengan cepat, tapi tetap memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Makanan tersebut adalah ikan sarden.

Harganya yang tergolong murah menjadikan ikan ini sebagai salah satu kesukaan banyak orang. Bahkan, sering kali ibu-ibu rumah tangga membelinya untuk stok di rumah dan dibawa saat berpergian. Selain rasanya yang cocok untuk semua kalangan, ternyata ikan sarden juga memiliki manfaat untuk kesehatan, mulai dari sifat pencegahan sampai pengobatan. Nah, berikut ini manfaat ikan sarden bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui:

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Ikan sarden adalah sumber omega 3 yang sangat baik. Oleh karenanya, mengonsumsi ikan sarden secara rutin akan membuat jantungmu menjadi lebih sehat. Menurut sebuah penelitian, asam lemak Omega 3 seperti EPA (Eicosapentaenoic Acid) dan DHA (Docosahexaenoic Acid) akan memecah kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga ampuh mencegah penyakit jantung. Omega 3 juga dikenal mampu memecah plak pada arteri yang membuat arteri terhambat dan meningkatkan tekanan darah. Dengan plak yang bersih tersebut, maka tekanan darah akan senantiasa dalam kondisi normal.

Baca juga: 8 Makanan Ini Sehatkan Jantung Kamu

  1. Memperkuat Tulang

Manfaat ikan sarden bagi kesehatan selanjutnya adalah mampu menjadikan tulangmu semakin kuat. Ini karena, ikan sarden juga merupakan sumber kalsium. Dengan mengonsumsi makanan dengan kalsium yang tinggi dan dibarengi dengan olahraga teratur, maka tulangmu akan semakin kuat dan penyakit seperti osteoporosis akan menjauh.

  1. Resistansi Insulin

Resistansi insulin merupakan salah satu hal yang harus dicari saat terserang diabetes. Dalam kasus yang ditemukan resistansi insulin, insulin yang dihasilkan dalam tubuh menjadi kurang efisien untuk digunakan. Hal ini menunjukkan bahwa glukosa dalam darah lebih tinggi dari biasanya, sehingga harus dikurangi. Nah, dengan mengonsumsi ikan sarden, maka resistansi insulin tersebut akan berkurang karena asupan protein di dalamnya.

  1. Mencegah Kanker

Ikan sarden ialah salah satu sumber vitamin D yang sangat baik. Vitamin D sendiri berguna untuk mencegah kanker pada usus besar. Selain itu, zat antioksidan yang yaitu selenium, akan berguna untuk mencegah radikal bebas, serta memelihara kesehatan organ dan melindunginya dari kerusakan.

  1. Membantu Diet Sehat

Buat kamu yang sedang menjalankan program diet sehat untuk menurunkan berat badan, ikan sarden ialah salah satu lauk yang tepat untuk dikonsumsi. Kandungan kalorinya yang cukup minim akan membuat dietmu semakin sukses.

Baca juga: Kunci Menjalani Diet Sehat yang Perlu Diketahui

Nah, tadi adalah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika sering mengonsumsi sarden. Akan tetapi, ada baiknya untuk memilih ikan sarden mentah ketimbang yang sudah dikemas dalam bentuk kalengan. Walaupun ikan sarden kalengan masih aman untuk dikonsumsi, memilih ikan sarden mentah untuk diolah sendiri bertujuan untuk meminimalisir bahan pengawet, sehingga manfaat ikan sarden akan lebih maksimal.

Kalau kamu alergi dengan makanan laut, kamu bisa mengakalinya dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan. Kamu bisa membeli suplemen minyak ikan dengan memanfaatkan fitur Pharmacy Delivery atau Apotik Antar di aplikasi Halodoc. Kamu hanya perlu memesan suplemen minyak ikan yang kamu inginkan, lalu tunggu maksimal 1 jam sampai pesanan kamu sampai. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!